Acaraki - Cafe Jamu, Nikmati Jamu Dengan Cara Kekinian

acaraki jamu cafe

Liszt1213 | Sightseeing
Jakarta Barat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
28 Nov 2018


Acaraki - Cafe Jamu, Nikmati Jamu Dengan Cara Kekinian
Tempat yang satu ini memang memiliki konsep yang keren, kapa lagi minum jamu, dengan suasana cafe yang Instagrammable!

Kalo denger nama jamu, yang ada dipikiran pasti obat, bau dan rasanya yang pahit. Apalagi buat kalian yang ngga terbiasa minum jamu dari kecil. Jamu adalah minuman tradisional yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Tapi sayangnya, belakangan ini minuman ini semakin sedikit peminatnya. Nah, kebetulan beberapa waktu yang lalu saya pas jalan-jalan ke Kota Tua dan nyobain Rujak Bebeg disana, ngga sengaja saya nemu sebuah cafe unik bernuansa modern vintage bernama Acaraki. Acaraki berada di Gedung Kerta Niaga 3, Jalan Pintu Besar Utara no 11, ngga jauh dari Museum Fatahillah.

acaraki cafe jamu

Dari depan cafe ini kalian bisa melihat banyak sekali peralatan untuk membuat kopi dan saya sampe kepikiran kalo cafe ini adalah cafe yang menjual kopi tapi ternyata saya salah, cafe ini menyajikan menu utamanya yaitu Jamu. Meskipun menyajikan minuman tradisional, tapi penyajian jamu di cafe ini ternyata cukup kekinian lho guys. Mirip-mirip gitu sama penyajiannya kopi dengan menggunakan alat-alat penyeduh kopi. Emang bisa?

acaraki cafe jamu

Anyway, pertama-tama saya mau bahas soal tempatnya dulu nih. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Acaraki ini mengusung konsep Modern Vintage, untuk itu desain interior dan eksteriornya bernuansa kayu dan batu bata. Keren banget sih, apalagi pas lokasinya yang ada di kota tua Jakarta. Tempat ini cukup instagramable sih menurut saya.

acaraki cafe jamu

Sesuai dengan namanya, Acaraki yang berarti sebutan atau gelar yang diberikan untuk orang yang ahli meracik jamu. Konon, profesi ini sudah ada sejak jaman Majapahit dan kemudian nama ini kembali dipopulerkan mengingat banyak anak muda sekarang yang menganggap jamu sebagai minuman kuno. Padahal minuman ini harus tetap kita lestarikan. Untuk itu, menu yang disajikan di Acaraki ini adalah jamu dan beberapa makanan ringan. Jangan harap ada makanan berat ya guys disini.

acaraki cafe jamu
Metode membuat jamunya pun manual, seperti french press, V60, Eva Solo, Flair Espresso Maker hingga Rok Presso. Awalnya saya juga bingung bagaimana bisa alat-alat tersebut digunakan untuk membuat jamu, ternyata pembuatannya pun hampir sama dengan menyeduh kopi. Bedanya, yang diseduh bukanlah kopi tapi aneka rempah. Sebelum diseduh, beberapa rempah yang digunakan seperti kunyit, kencur dan lainnya disangrai dengan mesin kemudian rempah yang sudah disangrai tersebut digiling dengan electric grinder baru setelahnya diseduh dengan alat seduh manual. Dan ternyata, hampir sama dengan kopi, rempah yang dihasilkan oleh suatu daerah maka rasanya juga beda dengan rempah yang dihasilkan di daerah lain. Tapi rempahnya masih sekitaran Indonesia kok guys. Wow, pengetahuan baru nih. 

acaraki cafe jamu

Kalian disini juga bisa melihat langsung ataupun menyeduh jamu kalian sendiri dengan duduk di bar. Kalian nantinya juga bisa lho tanya-tanya langsung sama pembuat jamunya. Keren banget sih ini konsepnya.

acaraki cafe jamu

Kebetulan kemarin saya pesen Saranti dengan harga Rp 25.000. Minuman ini terbuat dari campuran beras kencur yang sudah diseduh dengan alat rok espresso lalu dicampur dengan susu, gula dan krimer. Minuman ini bisa disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin. Nah, karena kebetulan kemarennya pas saya kesana cuaca Jakarta lagi panas, saya pun memesan yang versi dingin lengkap dengan es batu. 

acaraki cafe jamu

Aroma dan rasa khas beras kencur sangat terasa creamy karena campuran susu dan krimer. Tekstur minuman ini agak kental dan manisnya pas. Minuman ini bisa menjadi pilihan buat kalian yang ngga terlalu suka beras kencur.

Untuk pendamping minum jamu, Acaraki juga menyediakan aneka makanan ringan seperti Sus isi Vla dan fried bread yang harganya juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000 per porsinya. 


acaraki cafe jamu

Menurut saya, hadirnya Acaraki di Jakarta ini akan semakin mengenalkan jamu sebagai minuman khas Indonesia yang juga bisa dinikmati segala kalangan. Minum jamu tidak hanya sebagai obat lho guys, tapi juga bisa untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Apalagi kalo disajikan dengan cara kekinian seperti ini. Siapa yang ngga pengen sih? Yuk cobain!

Video by detikcom

 

Opening Hours
Buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY