Menikmati Belut Elek di Spesial Belut Surabaya, Ternyata Rasanya...

spesial belut surabaya

rory | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
28 Nov 2018


Menikmati Belut Elek di Spesial Belut Surabaya, Ternyata Rasanya...
Belut elek menu unik di Spesial Belut Surabaya, mau tau bagaimana rasa nya belut elek?

Musim hujan begini paling enak memang makan makanan yang pedes. Kali ini aku mau bikin review kuliner salah satu makanan yang banyak peminatnya di Surabaya. Namanya adalah Spesial Belut Surabaya H. Poer atau biasa disingkat SBS. Mungkin kalau orang Surabaya asli pada udah nggak asing lagi sama tempat makan satu ini. Karena disana ada berbagai macam belut yang diolah dengan bumbu berbeda dan pastinya rasanya enak.

spesial belut surabaya
Belut SBS ini sudah buka beberapa cabang di Surabaya, tapi kali ini aku makan yang di daerah banyu urip. Buat kalian yang nggak suka sama belut disini juga menyediakan menu lain seperti pecel lele, burung dara, ayam penyet, dan bebek penyet. Tapi kalau pengen mencoba sensasi yang berbeda pesan aja belut deh. Kalian nggak perlu khawatir sama belut ini, karena sudah pasti diolah dengan benar dan sama sekali tidak tercium bau amis. Tekstur daging belut kalau aku bilang mirip banget sama ikan lele, lebih gurih malah. Memang kalau masih hidup menggelikan tapi begitu diolah rasanya beuhhh.... sedaap!

spesial belut surabaya
Dalam sehari satu cabang SBS mampu menghabiskan kurang lebih 1 kwintal belut. Belut ini didapat dari luar pulau. Dan saat akan dimasak si belut yang masih hidup baru di bunuh dan dibersihkan. Jadi SBS ini menyediakn belut yang benar-benar masih fresh agar tidak merusak citarasa.

Karena saat itu aku rame-rame sama keluarga jadi kami nggak hanya pesen satu menu saja. Aku pesan belut elek, ini yang sangat di rekomendasikan untuk dicoba karena ini enak banget katanya. Selain belut elek aku juga pesan belut kering, belut lada hitam, dan belut saus inggris wahh kebayang gak tuh rasanya pasti mantabb. Selain pesan aneka belut kami juga pesen satu pecel lele dan bebek.

spesial belut surabaya
Setelah menunggu beberapa menit semua menu yang kami pesan sudah siap. Yang pertama pengen aku cobain adalah belut eleknya. Ternyata belut elek ini belut yang digoreng setengah matang jadi tidak terlalu kering dan menghasilkan daging yang lembut tapi tidak amis. Setiap satu porsi menu disini entah belut, ayam, atau lele disajikan diatas cobek tanah liat yang berisi sambal terasi, bawang putih goreng, dan lalapan. Buat kalian yang nggak suka pedas bisa request sesuai permintaan. Karena di SBS ini satu menu satu cobek, dan pelayannya juga mengulek sambal satu per satu di setiap cobek. Hal ini dilakukan agar rasa sambal tidak berubah dan masih asli dari cobek.

Pertama cobain dagingnya ternyata beneran enak dan lembut, tapi kalian harus hati-hati di tengah daging ada tulang yang cukup panjang. Sambelnya segerr dan pedes banget, apalagi trasinya rasanya enakk. Saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi karena ini memang enak! Selain belut elek aku juga coba belut kering. Dari rasanya masih sama seperti belut elek Cuma bedanya belut digoreng kering hingga berwarna kecoklatan, tapi rasanya tetap saja enak menurut aku mau basah atau kering.

spesial belut surabaya

Selain belut elek dan belut kering aku juga mencoba belut saos inggris. Belut saos inggris ini warnanya coklat hitam seperti kecap dan rasanya manis. Tapi ditepinya diberi sambal dan lebih enak kalau sambal tadi dicampur jadi satu. Ternyata setelah habis beberapa suapan pedas dari belut saus inggris ini baru terasa. Wahhh mantab sekali rasanya!

Aku lihat lele dan bebeknya juga menggoda jadi aku icip sedikit punya adik haha. Disini lele dan bebeknya rasanya gurih dan garing. Sambelnya itu lo yang bikin mantab. Oh iya kami juga pesen 2 belut elek untuk dibawa pulang dan terbyata kalau kita pesan take away, diberikan cobeknya secara langsung lo dan nggak bayar. Waktu aku tanya ke pelayannya tujuannya agar tidak merubah citarasa sambelnya. Wahh salut banget deh sama SBS ini, sudah rasanya enak, mementingkan kualitas, dan pelayanannya baik. Pengunjung puass!

Udah ngiler belum? Biar tambah ngiler coba deh klik video dibawah, selamat mencoba rekk!

Opening Hours
11:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY