Nasi Gandul Pak Bo, Sebuah Kelezatan Di Balik Kesederhanaan

nasi gandul pak bo

nur | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
27 Nov 2018


Nasi Gandul Pak Bo, Sebuah Kelezatan Di Balik Kesederhanaan
Nasi Gandul Pak Bo sederhana namun memiliki rasa yang luar biasa!!!

Berawal dari kelaparan di malam hari karena lagi ngga bisa tidur akibat ngerjain skripsi, akhirnya aku mutusin buat cari makan buat makan tengah malam biar semangat ngerjain skripsinya. Anyway, kebetulan kemarin aku stay di kosan temenku yang ada di kawasan Condongcatur karena ngerjain tugas bareng-bareng dan daripada aku harus pulang lagi buat makan, akhirnya aku mutusin buat cari tempat makan yang ada di deket sini dan buka sampe malam. Temen aku pun nyaranin buat makan Nasi Gandul yang merupakan kuliner favorit banyak anak kost di sekitar sini.

nasi gandul pak bo

Sebenernya, aku udah sering denger tentang kuliner ini tapi belum pernah nyobain karena terlalu banyak kuliner Jogja yang enak-enak dan jadi favoritku. Temenku pun bilang, sebenernya ada banyak penjual kuliner Nasi Gandul ini di Jogja, tapi yang paling enak adalah Nasi Gandul Pak Bo. Nasi Gandul Pak Bo punya tiga cabang di Jogja, antara lain di Jalan Monjali no 8, Jalan Anggajaya 1 no 300 dan yang aku cobain kemaren di daerah Condongcatur tepatnya di Jalan Kaliurang Km 8, Prujakan Sinduharjo. 

Video by Evan Media

Tempat makannya sederhana banget guys, ngga terlalu luas juga. Ada meja dan kursi yang diatur mengelilingi kuali kuah dan tempat lauknya. Warung Pak Bo Condongcatur ini buka setiap hari Senin sampe Sabtu mulai pukul 14.00 - 24.00. Menu yang disajikan pun hanya satu yaitu Nasi Gandul aja dengan berbagai pilihan lauk yang bisa kalian pilih sesuai selera. Untuk harganya menyesuaikan dengan lauk yang kalian pilih ya guys, tapi tenang aja meskipun begitu harganya ngga terlalu menguras kantong kok, kisaran Rp 5000 - Rp 15.000 per porsinya. Murah banget kan buat kantong mahasiswa kayak aku?

nasi gandul pak bo

Nasi Gandul sendiri sebenernya bukan kuliner khas Jogja, namun kuliner ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Karena penggemarnya yang banyak banget, akhirnya mulai banyak penjual yang menjual nasi ini di Jogja. Penamaan Nasi Gandul sendiri juga ada sejarahnya lho guys. Konon, jaman dulu di daerah Pati, penjual nasi gandul menjajakan dagangan nasinya dengan menggunakan pikulan yang berisi kuali di satu sisi dan bakul nasi juga peralatan makan nasi gandul di sisi satunya. Pikulan tersebut digotong dan dijajakan lalu membuat pikulan tersebut naik turun seirama dengan langkah penjualnya, nah karena kedua sisi bambunya bergantungan akhirnya masyarakat setempat menamainya nasi gandul (menggantung).

Nasi Gandul terdiri dari nasi biasa yang kemudian diberi kuah dan berbagai lauk pauk olahan khas Pati. Pilihan lauknya beragam, ada perkedel, daging, telur dan aneka jeroan seperti paru, babat, ati, kulit, limpa dan iso. Lauk tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dengan gunting, jadi biar gampang makannya. Oiya, yang bikin makin sedap itu penggunaan daun pisang yang dijadikan alas makannya jadi makin menambah aroma wangi dari nasi dan kuahnya. 

nasi gandul pak bo

Porsi nasinya memang sedikit karena sesuai dengan tempat asalnya yang menyajikan nasi ini dengan porsi kecil agar ngga terbuang karena kekenyangan. Tapi kalian ngga usah khawatir, kuahnya banyak banget guys. Pas pertama kali cicipin kuahnya, agak sedikit panas sih tapi justru memberikan kehangatan ditengah dinginnya cuaca Jogja yang lagi mendung. Rasa kuahnya perpaduan antara manis dan gurih, lalu potongan daging sapinya juga pas. Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Rasanya sederhana banget, tapi luar biasa. Ngga heran kalo diantara banyaknya nasi gandul di Jogja, buatan Pak Bo lah yang paling menjadi pembicaraan karena emang rasanya enak. Ngga cuma itu, harganya juga terjangkau guys.

nasi gandul pak bo

So, buat kalian yang lagi ada di Jogja, ngga perlu jauh-jauh ke Pati buat nyobain Nasi Gandul, dateng aja langsung ke Warung Nasi Gandul Pak Bo. Dijamin ketagihan sama lezatnya Nasi Gandul.

nasi gandul pak bo


SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.