Restaurant Tip Top Medan

restaurant tip top medan

sisil | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | halal
22 Sep 2016


Restaurant Tip Top Medan
Restaurant Tip top yang legendaris di kota mendan ini harus anda kunjungi karena banyak menu yang menarik dan siap memanjakan lidah anda saat berada di Kota medan.

Tip Top Restaurant, Lunch room, Bakery and Cake Shop pertama kali berdiri pada tahun 1929 di Jalan Pandu dengan nama Restoran Jangkie, sesuai dengan nama pemiliknya. Kemudian pada tahun 1934 pindah ke Jalan Kesawan dan berganti nama menjadi Tip Top Restaurant.

Awalnya resto ini menjadi tempat berkumpulnya orang Belanda, untuk menikmati breakfast atau sekedar bersantai dan menikmati secangkir kopi Robusta lokal dari Sidikalang. Resto ini juga menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, Tip Top perlahan mulai dikunjungi penduduk lokal terutama di kalangan menengah dan atas. Menu-menu baru pun bermunculan seperti menu Indonesian dan Chinese Food.

Tip Top sampai sekarang masih tetap konsisten, walaupun dikelilingi oleh bangunan-bangunan modern. Resto yang hanya terletak beberapa meter dari Tjong A Fie Mansion ini masih mewarisi gaya café Eropa, dimana terdapat beberapa meja di bagian outdoor lounge. Tempat ini banyak digemari turis, karena selain santai, mereka juga dapat menikmati sebotol bir sambil menghabisi beberapa batang rokok dan bersantai, Selain lounge outdoor, masih terdapat lagi 2 ruangan di dalam, yang satu non-AC (smoking area) dan satunya lagi di bagian paling belakang (non-smoking area) dengan ruangan tertutup dan ber-AC.

Apa yang membuat Restaurant Tip Top ini terkenal? Karena Restaurant ini terkenal dengan kue-kue olahannya sendiri yang masih menggunakan oven batu sebagai pemanggangnya sejak tahun 1934, tak heran kue disini masih banyak peminatnya, walau boleh dibilang jenis jenis cake dan kue tradisional ini sudah tidak gampang dicari di kota Medan.

Berikut beberapa Menu yang ada di Restaurant Tip Top :

Kue sampan meses mini dan cake coklat. variasi menu disini, dari hidangan Indonesian food, chinese food, sampai steak dan kue, belum lagi cake. Tak heran jika resto ini tidak pernah sepi oleh kedatangan pengunjung.

Bitterballen ini sekilas mirip dengan kroket yang bentuknya lebih panjang dan oval dan berisi daging.

Disini ada makanan khas Indonesia, seperti rendang, kari, ikan goreng, beberapa jenis sayur dan kuah. Selayaknya seperti nasi Minang/Padang, hanya saja disini disebut nasi campur. Beberapa pengunjung menggemari cita rasa masakan Tip Top.

Nah, kalau nasi goreng spesial ini memang menu yang tidak boleh untuk anda lewatkan. Tidak seperti nasi goreng yang biasanya keliatan pucat, Nasi goreng spesial ini kelihatan lebih coklat/gelap dikarenakan pemakaian kecap manis hitam. Beberapa potong ayam goreng kecap, emping, dan telur mata sapi sebagai pelengkap. Inilah nasi goreng Indonesia, classic.

Berbeda dengan steak, Bistik adalah sepotong daging (biasanya fully cooked) yang dihidangkan di atas Hot Plate gambar sapi dan memilki Saus siramnya (biasanya brown sauce atau black pepper).

Es Johor, dessert yang dibuat dari ice dengan campuran sirup dan lengkong/cincau dengan beberapa tambahan lainnya seperti kolang kaling, nangka, dan taburan sirup coklat ini siap memanjakan lidah anda. Resep tradisional ini masih terasa vintage tanpa pemakaian sirup artifisial seperti yang banyak digunakan cafe modern.

Apabila anda berencana datang ke Medan, jangan lewatkan tempat ini, terlebih lagi karena lokasinya yang dekat dengan Tjong A Fie mansion yang juga merupakan salah satu cultural heritage kota Medan. Nilai sejarah dan menu yang masih konservatif dari Tip Top serasa membawa anda kembali ke suasana kolonial. Dan jika ada satu restoran yang bisa mewakili kota Medan, tentu Tip Top masuk dalam nominasi itu.

Tip Top Restaurant

Jalan Jendral Ahmad Yani no 92 (Jalan Kesawan) 

061-4532042 / 061-4514442

 

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY