Penasaran sama Legamnya Bakso Hitam? Cobain di Bakso Osing Banyuwangi!

bakso osing banyuwangi

meliana | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | halal
19 Nov 2018


Penasaran sama Legamnya Bakso Hitam? Cobain di Bakso Osing Banyuwangi!
Bakso Hitam? bagaimanakah rasanya? apa enak? Nah saat itu saya kepo gimana si rasa bakso hitam. jadi mampir deh ke Bakso Osing Banyuwangi dari pada kepo!!!

Siapa disini yang suka makan bakso?! Kali ini gue mau review kedai bakso yang cukup terkenal di Banyuwangi, kebetulan lokasinya nggak jauh-jauh amat dari rumah dan gue cukup sering makan disini tapi baru kali ini gue bikin reviewnya. Nama kedai bakonya adalah Bakso Osing. Kenapa bakso Osing? Karena di Banyuwangi sendiri masyarakatnya masih banyak yang keturunan suku Osing. Kalau untuk lokasi persisnya kalian tinggal datang aja ke daerah jajag, tinggal google maps “Kedai Osing” udah sampai kok.

bakso osing banyuwangi
Untuk kedainya sebenernya nggak terlalu besar tapi yang makan disini cukup rame karena disini ada jenis bakso yang unik, warnanya item, tenang aja ntar gue cobain dan kasih gambar biar kalian ngiler hahahaha. Nama bakso disini diambil dari budaya khas Banyuwangi, seperti Kebo-keboan, Jenggirat Tangi, Curah Krakal, dan masih ada tempat wisata di Banyuwangi yang dijadikan judul baksonya. Nggak sampai sini, di dinding kedainya banyak dipajang gambar tempat-tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Tujuannya agar penikmat bakso ini juga mengenal budaya dan keindahan Banyuwangi. Keren ya idenya!

bakso osing banyuwangi
Disini aku pesen 2 porsi bakso, yang pertama tentu saja bakso hitam kebo-keboan dan bakso jenggirat. Temen gue yang lain pesen menu yang lainnya juga. Yang seru di Bakso Osing ini kalian bisa ambil sendiri isian baksonya mulai dari mie hingga sayur-sayuran, nah mie dan sayur ini gratis jadi kalau habis bisa nambah lagi. Selain itu disini juga ada aneka bakwan loh jadi mirip bakso Malang gitu. Setelah ambil mie dan sayur barulah pelayannya memberi bakso dan kuahnya. Ada yang seru lagi, disini ada dua jenis kuah yaitu kuah original yang mana kuah bakso pada umumnya dan satunya kuah lombok lithik yang merupakan kuah pedas berwarna merah yang dicampur irisan cabe rawit. Huhh kebayang gak tuh.

bakso osing banyuwangi
Mungkin disini ada yang penasaran bakso hitam kebo-keboan ini kok bisa berwarna hitam karena dagingnya dicampur dengan arang bambu Jepang. Tapi kalian nggak perlu takut keracunan, arang bambu Jepang ini aman kok untuk dikonsumsi. Menurut yang punya nih mereka bisa menghabiskan 25kg daging dan 16kg cabe rawit, dan kalau hari libur gitu bisa lebih lho, gila ya mantab banget!

bakso osing banyuwangi
Pertama aku makan dulu yang bakso hitam kebo-keboan, rasanya enak dan empuk. Di dalam bakso hitam ini diisi sambal pedas, wahh semacam bakso mercon ya. Jenis bakso disini bukan bakso yang banyak tepungnya, disini baksonya kenyal dan pas. Kuah lombok lithiknya bener-bener pedesss tapi enak, apalagi ditambah kecap jadi makin nikmat. Kalau bakso jenggirat ini bentuknya kotak-kotak. Untuk rasa kuah yang originalnya juga pas di lidah aku. Rasanya gurih dan kaldunya berasa banget. Kalau makan kuah bakso yang kayak gini enaknya ditambah sedikit cabe dan kecap biar rasanya tambah mantab, kadang juga aku tambah sama perasan jeruk nipis biar ada kesan segernya.
Gue lihat temen yang lain ada yang makan bakso keju, jadi di dalem baksonya ada keju gitu, pecinta keju pasti suka sama bakso yang ini. Ada juga yang bakso telur puyuh. Aku juga biasa makan yang ini rasanya enak.

bakso osing banyuwangi
Overall gue suka sama bakso kesini, bahkan gue juga cukup sering ke kedai Bakso Osing ini karena konsepnya bagus, rasnya enak, varian baksonya unik, dan tentu saja harganya masih terjangkau. Jadi buat kalian yang lagi main ke Banyuwangi boleh tuh makan di Bakso Osing ini, biar makin tau juga ada apa saja sih di Banyuwangi ini. Oke guys sekian review gue semoga membantu.

Opening Hours
10:00 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY