Lezatnya Sate Blengong Pak Kasturi Rajak, Kuliner Hasil Persilangan Unggas

sate blengong pak kasturi rajak

mummyz | Sightseeing
Brebes, Jawa Tengah, Indonesia | halal
14 Nov 2018


Lezatnya Sate Blengong Pak Kasturi Rajak, Kuliner Hasil Persilangan Unggas
Sate Blengong Pak Kasturi Rajak memiliki bumbu yang mantap, dan khas... Mau tau keunikan Kuliner Hasi Persilangan Unggas ini?

Apa yang ada dipikiran kalian kalo denger tentang kuliner di Kota Brebes? Pasti kalian akan mengira kalo kuliner di kota ini yang paling terkenal cuma Telur asin atau salted eggs. Setelah beberapa waktu lalu saya pergi ke Pekalongan buat nyobain Nasi Megono dan jalan-jalan ke Solo buat nyobain Ayam Ingkung, kali ini saya melipir ke Brebes buat nyobain Sate Blengong. 

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa sebenernya Blengong itu, so saya mau jelasin dikit. Blengong merupakan hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (itik). Saya pribadi sih belum pernah melihat langsung bagaimana bentuk dari hewan ini, tapi katanya sih hewan ini banyak banget bisa ditemui di daerah Brebes.

Video by Ricky Febian

Seperti kuliner Sate pada umumnya, Sate Blengong ini juga ditusuk dengan lidi. Tapi yang bikin beda adalah lidinya lebih panjang dibandingkan dengan lidi sate pada umumnya dan untuk menambah cita rasa, proses mengolah sate ini juga beda karena sebelum dibakar, daging Blengong yang sudah di potong-potong ini direndam terlebih dahulu dalam santan. Ngga cuma itu, ada juga pengolahan sate lainnya yang rasanya pasti ngga kalah lezat.

sate blengong pak kasturi rajak

Sebenernya di Brebes kalian bisa menemui penjual Sate Blengong ini dengan mudah, apalagi di kawasan alun-alun kota Brebes, kalian bisa melihat banyak sekali penjual sate blengong ini. Tapi yang paling rekomended menurut saya adalah Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak yang terletak di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang. Pondok sate milik Pak Kasturi ini memang cukup legendaris karena sudah berjualan lebih dari 40 tahun lamanya dan sekarang yang mengelola adalah generasi ketiganya, yaitu Ahmad Kurniawan. 

sate blengong pak kasturi rajak

Pondok Kupat Sate Blengong milik Bapak Kasturi Rajak ini menyediakan tiga menu andalan, yaitu sate bakar, sate masak dan kupat sebagai menu pendamping sate blengong. Lalu, apa sih bedanya dari kedua menu tersebut? Yang jelas proses pengolahannya ya guys dan rasanya juga karena beda pengolahan otomatis beda juga rasanya. Kalo sate bakar, pastinya sama dengan sate pada umumnya yang daging satenya dimasak dengan cara dibakar diatas arang. Lalu untuk sate masak, daging blengong yang sudah dipotong kecil-kecil direbus dengan bumbu santan lalu kemudian ditusuk dengan lidi. Jangan lupa untuk menikmati sate ini, kalian harus menambahkannya dengan kupat biar makin kenyang.

sate blengong pak kasturi rajak

Karena penasaran, akhirnya saya pun memutuskan untuk mencoba kedua menu tersebut. Daging blengong biasanya teksturnya hampir sama dengan saudaranya, yaitu daging bebek yang agak alot dan berbau jika mengolahnya tidak tepat, namun disini mereka menyajikan daging blengong dengan lezat dan teksturnya lembut. Hal tersebut dikarenakan daging blengong dimasak dua kali dan sekali memasak menghabiskan waktu selama 2,5 jam. Pantes aja lembut dan ngga bikin sakit gigi. Hahaha..

sate blengong pak kasturi rajak

Lalu untuk menu kedua, kupat ini ternyata disajikan dengan semacam kuah santan yang diberi aneka bumbu rempah juga namun tidak terlalu kental. Lalu ditaburi dengan kerupuk yang sudah diremas dan taburan bawang goreng. Setelah semuanya diracik, kupat ini kemudian disajikan bersamaan dengan sate blengong. Rasanya? Ngga usah ditanya lagi guys, Mantap!

sate blengong pak kasturi rajak
sate blengong pak kasturi rajak

Untuk harganya sendiri lumayan ngga menguras kantong guys, yaitu sekitar Rp 60.000 untuk 20 tusuk sate bakar. Kalo untuk sate masaknya harganya sekitar Rp 6000 per tusuknya dan harga seporsi kupatnya dihargai Rp 12.000 aja. Jadi kalian tinggal nambah mau berapa tusuk sate masaknya. 

sate blengong pak kasturi rajak

Nah, buat kalian yang udah penasaran banget sama rasa dari Sate Blengong ini, langsung aja yuk jadwalkan perjalanan ke Kota Brebes dan mampir ke Pondok Kupat Sate Bapak Kasturi Rajak yang ada di Jalan KH Hasyim Ashari, Pasar Batang, Brebes. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 3 sore sampe pukul 7 malam. Tapi, saran saya sih kalo kalian ngga pengen kehabisan, kalian dateng aja lebih awal karena warung ini hanya mneyediakan 200 tusuk sate saja per harinya! So, tunggu apa lagi? Kapan main ke Brebes?

sate blengong pak kasturi rajak





SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY