Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, Gulai Kuah Serundeng?

gulai kambing bustaman pak sabar

stella | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
12 Nov 2018


Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, Gulai Kuah Serundeng?
Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar memiliki Kuah Serundeng yang lezat dan gurih!!

 

Apa sih yang kalian cari kalau ke Semarang? Tempat wisata? Atau jajanan dan kulinernya? Kali ini gue mau nyobain makanan yang belum pernah gue coba. Yah padahal gue orang Semarang tapi malah belum pernah samasekali nyobain makanan hits yang satu ini.

Mumpung libur weekend, guepun jalan jalan bareng keluarga ke Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Ada yang sudah nggak asing sama namanya? Iya sih, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini memang cukup terkenal di Semarang. Bahkan temen temen atau sodara dari luar kota juga banyak yang tau, nah gue malah baru mau nyobain sekarang, kudet banget sebagai anak Semarang wkwk.

gulai kambing bustaman pak sabar

gulai kambing bustaman pak sabar

Nggak jauh dari rumah, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini berlokasi di darah Tanjung Mas, Semarang. Buka dari pukul 9 pagi hingga 3 sore, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini selalu rame pengunjung lho. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar juga terkenal sebagai makanan langganan para pejabat, katanya banyak pejabat yang sering kesini gitu. Lagi lagi ngerasa kudet gue wkw.

Kok bisa dikenal banget? Kalau menurut gue, itu karena Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini udah cukup lama dan legendaris, udah 5 generasi lho, berapa tahun coba usaha makanan ini dirintis. Dari tahun 1971, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar sudah ada lho. Cara jualannya waktu itu juga masih unik yakni dengan cara dipikul keliling kawsan Kota Lama, beda dengan sekarang yang sudah punya tempat tetap yakni di tenda gitu deh.

gulai kambing bustaman pak sabar

gulai kambing bustaman pak sabar

Kalau dilihat sekilas memang Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini memiliki tempat yang cukup sederhana, dengan tenda yang berada di kawasan belakang Gereja Blenduk. Tapi jangan salah, meskipun tempatnya sederhana, pembelinya nggak pernah berhenti silih berganti!

Ternyata, banyak sekali ya peminat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini. Konon, mereka masih mempertahankan resep gulai kambing bustaman sejak tahun 1971 lho. Lalu darimana ya nama Bustaman itu mucul? Ternyata, Bustaman adalah nama kawasan yang ada di Semarang. Gue kira apaan dah artinya.

gulai kambing bustaman pak sabar

gulai kambing bustaman pak sabar

Yang paling membuat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini beda dengan yang lain adalah kuahnya. Kalau gule pada umumnya disajikan dengan menggunakan kuah santan yang cukup kental, tidak dengan Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini. Kuah yang disajikan di Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini memiliki tekstur yang sedikit encer dan tidak menggunakan santan. Selain itu, kuahnya dicampur dengan serundeng lho. Itu yang menjadikan kuah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini nampol banget di lidah.

Yang paling gue suka lagi adalah tetelannya. Daging dan jeroan yang terkenal dengan ukurannya yang besar juga menjadikan pembeli Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar makin ketagihan. Harga satu porsi Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini hanya sekitar 28.000,- an saja per porsinya. Sudah termasuk nasi dan kuah gulai yang nikmat tentunya. I think, harga yang ditawarkan oleh Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini ggak bisa dibilang mahal, karena sebanding dengan porsi dan rasa yang nikmat. Jadi makin penasaran kan sama rasa Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar?

Youtube : Official NET News.

Jangan dilihat dari tempatnya yang bertenda dan terkesan kecil guys, kalo udah nyobain dijamin pengen balik lagi deh! Yang dari luar kota, kalau ke Semarang, jangan lupa cobain juga ya! Biar ngga kudet kaya gue wkwk.

 

Opening Hours
9 pagi - 3 sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY