Di Jakarta Bisa Lho Makan di Saung Pinggir Telaga. Pengen Cobain?

telaga sampreun

xiaoying | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
07 Nov 2018


Di Jakarta Bisa Lho Makan di Saung Pinggir Telaga. Pengen Cobain?
Ternyata di Jakarta kita juga bisa cobain makan di saung sambil menikmati view telaga loh!

Hai guys, udah lama banget nih ngga share info jalan-jalan lagi, karena lagi sibuk kuliah. Well, Minggu lalu salah satu temen kampus aku ada yang kebetulan ulang tahun dan dia ngajakin beberapa orang buat makan bareng, termasuk aku donk pastinya. Dan berangkatlah aku pada Minggu siang menuju kawasan Bintaro dimana restoran unik ini berada, nama restoran ini adalah Telaga Sampireun.

Video by Teddy Irawan

Sekilas kalo denger dari namanya mungkin kalian akan berpikir kalo rumah makan ini ada di Garut atau Bandung atau daerah Jawa Barat lainnya, tapi ternyata ngga guys. Rumah makan ini berada di Jakarta, tepatnya di pinggir jalan ke arah pintu masuk tol gerbang Pondok Ranji. Alamat lengkapnya ada di Jalan Blok B7/N1 Boulevard Bintaro Jaya Taman Menteng atau Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7. 

telaga sampreun

Sesampainya disana, ternyata parkirannya rame banget guys. Apalagi pas aku bawa mobil kemarin, jadi harus extra sabar dulu buat nemu parkiran yang enak. Ngga ngebayangin gimana ramenya suasana didalam rumah makan ini. Tapi untungnya temen aku ini udah reservasi sebelumnya, jadi kita bisa dapet tempat dan ngga perlu nunggu lama buat cari tempat. 

Saat memasuki rumah makan ini, aku langsung paham kalo rumah makan ini menawarkan konsep restoran dan wahana rekreasi keluarga, terlihat ada area bermain anak-anak disini. Setelah tiba di meja receptionist, aku langsung menanyakan meja yang udah direservasi atas nama temenku lalu mbak receptionistnya dengan ramah mengantar aku kesana. Ternyata disini ada dua area makan lho guys, yaitu indoor dan outdoor. Kebetulan banget temenku kemaren reservasi di area outdoornya dimana kalian akan dimanjakan dengan pemandangan danau penuh ikan dan deretan saung-saung.

telaga sampreun
telaga sampreun

Karena semua orang udah kumpul, kami pun langsung memesan menu. Ohya, istimewanya dari restoran ini tuh kita para pengunjung akan diberi jaminan untuk tidak menunggu terlalu lama dan maksimal nunggunya adalah 30 menit guys. Yaa lumayan lahh kalo pas kalian dateng kesini pas lagi laper-lapernya, jadi ngga perlu nunggu waktu yang lama untuk makan. Untuk menunya pun makanan khas Sunda. Jadi kalo kalian emang suka sama makanan Nusantara, khususnya masakan Sunda, you might try one of this restaurant.

telaga sampreun


telaga sampreun

Beberapa menu yang kita pesen kemaren adalah nasi liwet, udang bakar madu, ikan dori saos leci, kangkung terasi, terong balado, karedok dan aneka sambal. Aneka sambal yang aku pesen kemaren adalah sambel hejo, sambel dadak dan sambel geledek. Kalo pergi ke rumah makan Sunda pastinya harus nyobain sambel ya guys. Menurut aku sih, ketiga sambel yang aku cobain kemaren ini enak semua. Pedesnya pas, asinnya juga ngga terlalu dan gurih. Meskipun porsinya kecil, tapi cukup lah buat aku. Ohya, buat kalian yang ngga doyan pedes, kalian bisa pesen sambel hejonya. Sambel hejo ini warnanya ijo guys, jadi dibuat pake cabe dan tomat hijau. 

telaga sampreun

Nasi liwetnya juga ngga kalah lezat guys, rasa gurihnya santan dan asinnya ikan teri bener-bener bikin ketagihan. Ohya, sebakul nasi liwet ini bisa dimakan 4 orang lho guys. Lalu, ada sayur kangkung terasi. Sayuran ini menurutku sih beda sama tumis kangkung pada umumnya. Porsinya lumayan banyak dan terasinya juga ngga terlalu strong. Jadi cocok banget buat kalian yang ngga suka bau dari terasi. Meskipun gitu, rasa dari kangkungnya ini masih seger. 

telaga sampreun

Menu lain yang aku rekomendasiin lagi adalah Ikan Dori saus leci. Sebenernya aku agak kepo, gimana sih rasanya saus leci ini, karena emang sebelumnya aku belum pernah cobain. Ikan dorinya digoreng tepung dan di kasih saus leci yang masih ada ektrak buah lecinya. Rasa sausnya manis dan daging ikan dorinya empuk banget guys. Seporsi ikan dori ini bisa dimakan 3 orang.Untuk terong baladonya juga lumayan enak guys. Ada sekitar 8 potong terong yang dimasak dan disambelin balado. Bisa buat bertiga-berempat seporsinya.

telaga sampreun

telaga sampreun

Menu terakhir sebagai penutup, aku cobain karedok yang porsinya pas. Ngga terlalu banyak atau terlalu sedikit. Rasanya sih biasa aja dan ngga terlalu khas. Cuma dikasih emping yang lumayan banyak jadi rasanya lumayan lah.

telaga sampreun

Overall, aku suka banget makan disini. Selain karena makanannya yang enak, suasana yang berbeda juga ditawarkan oleh Restoran Telaga Sampireun ini. Jadi ngga berasa lagi ada di Jakarta soalnya berasa ada di pinggir danau gitu, apalagi kita makannya di saung. Pelayanannya juga ramah plus kita ngga perlu nunggu terlalu lama untuk makanannya. Kalo untuk harga sih relatif ya guys, sekitar 50 ribu - 100 ribu per orangnya. But it’s worth to try, karena juga seporsi bisa dimakan oleh 3-4 orang. 

So, buat kalian yang pengen makan dengan suasana yang berbeda, kalian bisa langsung dateng ke Telaga Sampireun.

telaga sampreun


SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY