Nikmati Sajian Khas Sunda Dalam Nuansa Tempo Doeloe Di Warung Nasi Bancakan

warung nasi bancakan

tiffany | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
06 Nov 2018


Nikmati Sajian Khas Sunda Dalam Nuansa Tempo Doeloe Di Warung Nasi Bancakan
Kamu suka makana khas sunda? disini kamu bisa menikmati menu-menu lezat khas sunda, yuk mampir ke Warung Nasi Bancakan!

Minggu lalu aku pergi bersama keluarga untuk merayakan ulang tahun kakak ku yang biasa aku panggil Unnie. Kebetulan kemarin dia minta aku buat cari restoran keluarga yang menyajikan makanan nusantara dengan harga terjangkau dan tempatnya juga enak. Setelah selama seminggu aku Googling, ketemulah dengan rumah makan Nasi Bancakan ini. 

Warung Nasi Bancakan ini berada di Jalan Trunojoyo no 62, Bandung. Lokasinya cukup strategis karena di tengah kota dan parkirannya lumayan luas, meskipun di pinggir jalan raya. Konsep dari warung makan ini adalah jadul, mulai dari suasananya hingga makanan khas Sundanya. Disini ngga ada AC, interiornya pun hiasan anyaman dari bambu, lampu prtromak dan ada beberapa kata mutiara dalam bahasa Sunda. Pelayannya pun akan menyambut dengan menggunakan bahasa Sunda dan pakaian khas Sunda. Meskipun konsepnya Jadul, tapi pengunjung yang datang kesini banyak banget. Mulai dari rombongan keluarga hingga anak muda. Katanya sih, ngga cuma warga Bandung yang doyan makan disini, tapi juga banyak pengunjung yang datang dari luar kota Bandung.

warung nasi bancakan
warung nasi bancakan

Konsep makan yang ditawarkan disini pun prasmanan. Jadi pengunjung diperbolehkan mengambil sesuka hati dan diakhirnya akan ditulis untuk membayar menu yang diambil. Menunya pun beragam, seperti nasi liwet, nasi timbel, abon, paru, bandeng dan masih banyak lainnya lagi. Minumannya juga ngga kalah khas lho guys, seperti es kopi nyereng, jus terong, es cincau dan masih banyak lainnya. Ohya, uniknya lagi nih, piring dan gelas yang kalian gunakan untuk makan dan minum terbuat dari seng. Persis dengan piring dan gelas jaman dulu yang sering digunakan kakek dan nenekku saat belum pakai piring kaca.

warung nasi bancakan

Proses memasak menu di warung ini juga cukup tradisional lho guys, yaitu menggunakan tungku besar yang menggunakan kayu bakar. Pantes aja kalo aroma dan rasa dari makanannya lebih lezat. Ohya, warung ini juga menyajikan du pilihan tempat makan, ada lesehan dan duduk di kursi. Karena kebetulan kemarin kita datengnya rame-rame, akhirnya kita pun memutuskan untuk duduk lesehan aja biar lebih santai. 

Aku kemarin cobain nasi liwetnya, pastinya dengan sambelan dan sayuran mentah, seperti selada air dan seledri. Untuk tambahannya, aku juga cobain tutut atau keong sawah, peda bakar dan ayam goreng. Rasa makanannya sih menurutku otentik banget ya guys, bener-bener berasa Sundanya. Kalo kuliner khas Sunda kan biasanya selalu indentik dengan sambal dan lalapan, nah disini mereka seperti bener-bener memperhatikan detail sambal dan lalapannya, sehingga kesan Sunda masih sangat terasa di makanan ini. Fyi, sambel terasinya pedes banget guys!

warung nasi bancakan


warung nasi bancakan warung nasi bancakan

Menurut aku sih, menu-menu yang mereka sajikan cukup variatif. Pasalnya, ngga semua restoran Sunda menyajikan menu seperti yang ada di Nasi Bancakan ini, misalnya seperti Tutut atau Ulukutek Leunca. Kemudian, untuk urusan harga bisa dibilang harga disini cukup terjangkau guys. Soalnya kalian bisa pilih menu lauk pauk kalian sendiri, jadi kalo ngga pengen abis banyak ya ngga usah banyak-banyak ambil lauknya. Hehehe..

warung nasi bancakan

Overall, keluargaku kemarin sih suka makan disini. Selain karena menu khas Sundanya otentik, juga karena pelayanan disini yang cukup ramah. Apalagi suasananya yang khas Sunda banget ini, dijamin bikin betah berlama-lama ada disini. So, guys kalo kalian kebetulan lagi jalan-jalan ke Bandung dan pengen cobain makan makanan Sunda, aku saranin buat kalian dateng langsung ke Warung Nasi Bancakan ini. Warung ini buka setiap hari Senin - Sabtu mulai jam 10.00 - 22.00 dan buka di hari Minggu mulai pukul 08.00 - 22.00.

Video by OK Food NET.

Pengen Cobain kuliner khas Sunda lainnya? Kalian bisa cobain Rujak Banci dan Nasi Kalong :) 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY