Sate Bulayak, Sate Dengan Bumbu Rempah Khas Suku Sasak

sate bulayak

hennysusanti | Sightseeing
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | halal
05 Nov 2018


Sate Bulayak, Sate Dengan Bumbu Rempah Khas Suku Sasak
Sate bulatak ini memang memiliki cita rasa yang lezat, dan pastinya bikin ketagihan. karena bumbu rempah kgas suku sasak ini!

Selain tentang wisatanya yang sangat luar biasa menawan, Lombok juga menyajikan kuliner yang ngga kalah istimewa. Ngga cuma ada Ayam Taliwang saja, tapi Lombok juga punya kuliner sate yang ngga kalah lezat dari sate-sate lain dari berbagai daerah di Indonesia. Kuliner ini bernama Sate Bulayak yang akan banyak sekali kalian temui di pusat kota Mataram. Biasanya, para penjual Sate Bulayak ini banyak ditemukan di dekat daerah wisata seperti dekat Pantai Kuta atau Senggigi. 

Sebenernya tampilan Sate Bulayak ini ngga jauh beda dengan sate lainnya. Sate ini juga terdiri dari potongan daging kecil yang kemudian ditusuk lalu kemudian dibakar dan disajikan bersamaan dengan bumbu kacang dan potongan lontong. Nah, yang unik disini adalah lontongnya guys. Pasalnya, lontong dari Sate Bulayak ini berbeda dengan lontong pada umumnya yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun pisang. Melainkan terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan sehingga bercita rasa lembut dan gurih, lontong ini disebut dengan Bulayak.

sate bulayak

sate bulayak

Bulayak ini bentuknya juga berbeda dengan lontong pada umumnya yang besar-besar. Bentuk Bulayak ini cenderung lebih kecil dan memanjang karena dibungkus dengan mneggunakan daun aren. Daun aren ini bisa memberikan cita rasa yang khas tersendiri lho guys. Cara melilitnya pun unik, yaitu daun dililit secara spiral agar saat dibuka Bulayak akan terbuka secara memutar dan lebih memudahkan penikmat untuk menyantapnya. 

sate bulayak

Bumbu kacang dari sate ini juga berbeda dengan bumbu kacang pada sate pada umumnya. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai lalu ditumbuk kemudian direbus bersamaan dengan santan dan bumbu rempah lainnya seperti bawang, cabe, ketumbar dan jintan. Ngga lupa, biasanya bumbu dari sate ini juga menggunakan rempah-rempah Suku Sasak, yaitu buah Asam Sumbawa. Jadi bumbu ini bercita rasa pedas yang khas banget. Bumbu ini berwarna orange yang sekilas hampir mirip dengan bumbu kari.

sate bulayak

Untuk menikmati sate ini, kalian tinggal membuka lilitan Bulayak lalu dicelupkan dengan bumbu kacang yang udah disediakan. Rasanya tuh kayak gurih dari Bulayak dan bumbu kacang yang pedas berkombinasi menjadi sangat sempurna di mulut. Ohya, untuk daging dari sate ini biasanya menggunakan beberapa pilihan daging, seperti daging sapi, ayam hingga jeroan. Kalian juga bisa memilih dagingnya sesuai selera kalian lho guys.

sate bulayak

Untuk menikmati seporsi Sate Bulayak dengan suasana yang berbeda, kalian bisa dateng ke RM Suranadi yang beralamatkan di Jalan Taman Wisata nomor 7, Lombok Barat. Rumah makan ini memang lumayan jauh dari pusat kota, tapi pemandangan selama perjalanan untuk menuju kesini keren banget karena banyak persawahan. Disini, seporsi Sate Bulayak dihargai sekitar Rp 25.000 dimana satu porsi sate berisi 12 tusuk sate dan 6 buah bulayak yang disajikan terpisah. Saran aku nih, kalo kalian makan sate ini ngga perlu sendok. Tinggal cocol bulayak dengan satu tangan lalu tangan yang lain menggigit sate. Jangan lupa dicocol bumbu ya.

sate bulayak

Selain di rumah makan ini, kalian juga bisa pergi ke daerah Tirtanadi, tepatnya di depan Taman Suranadi. Disini terdapat banyak sekali pedagang Sate Bulayak dengan harga sekitar Rp 20.000 per porsinya. Kalo kalian mau dateng kesini, bisanya para pedagang sate ini mulai berjualan mulai pukul 09.00 WITA sampai dengan jam 19.00 WITA. Jadi, pastikan jangan sampai kehabisan ya guys.

sate bulayak

Video by Youtechnoid

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY