Cicipi Kuliner Lokal Afrika di Jakarta! Makan Daging Pake Pisang Goreng?

kuliner di jakarta barat

Oliver | Sightseeing
Jakarta Barat, Dki Jakarta, Indonesia | halal
02 Nov 2018


Cicipi Kuliner Lokal Afrika di Jakarta! Makan Daging Pake Pisang Goreng?
Sudah pernah cobain makanan Afrika? Kalian gak perlu jauh-jauh cukup di Jakrta aja kalian bisa menikmati hidangan khaas Afrika, salah satunya adalah Daging Pisang Goreng!

Siapa nih yang suka banget sama sate? Siapapun pasti suka sama daging yang ditusuk-tusuk ini. Di Indonesia sendiri sih ada banyak sebenernya macam-macam sate dari berbagai daerah, mulai dari Madura, Blora, Ponorogo hingga Padang punya beragam sate yang tentunya sangat lezat. Nah, kali ini di Jakarta ada salah satu sate yang lagi hype banget dan unik sih menurut aku namanya Sate Afrika. Dari namanya aja sih unik dan aku ngga kebayang juga ternyata di Afrika ada sate. 

Video by Netmediatama

Anyway, Sate Afrika ini ada di daerah Petamburan tepatnya di Jalan KS Tubun I No 6, Tanah Abang, tepatnya ada di Sebelah Gedung Indonesia Power. Warung ini bernama Sate Afrika Pak Haji Ismail dan katanya sih, rumah makan ini merupakan rumah makan yang menjual sate Afrika pertama di Indonesia. Pemilik dari rumah makan ini adalah Pak Haji Ismail yang berasal dari Mali, salah satu negara di Afrika yang terkenal indah.

kuliner di jakarta barat

Bedanya sate Afrika dengan sate pada umumnya di Indonesia adalah daging yang digunakan. Biasanya sih, rata-rata sate di Indonesia itu menggunakan daging ayam, kambing dan sapi untuk bahannya, tapi kalo untuk Sate Afrika daging yang digunakan adalah daging Domba. Proses pembuatan sate ini pun bisa dibilang cukup panjang. Daging Domba yang sudah dipotong-potong ini diungkep terlebih dahulu, kemudian dibakar. Uniknya, saat dibakar daging domba ngga boleh bersentuhan langsung dengan api. Jadi saat mereka membakar daging ini, air disemprotkan ke api agar ngga langsung menyentuh daging. Setelah selesai dibakar potongan daging domba tersebut dimasukkan kedalam panci yang berisi bubuk kaldu. Biasanya sih mereka juga menyajikan atraksi seperti menggoncang-goncangkan panci selayaknya bartender di sebuah bar. Tujuan dari menggoncangkan panci ini agar bumbu tercampur dengan sempurna. Jadi, sekalian makan bisa langsung nonton atraksi ya guys. hehehe..

kuliner di jakarta barat

Penyajian dari Sate Domba ini juga unik lho guys. Kaloa biasanya kita tahu sate adalah dgaing yang ditusuk dengan bambu atau lidi, tapi ngga untuk sate Afrika ini, melainkan hanya dipotong kecil-kecil dan dipanggang dengan bumbu minimalis. Selain itu, potongan daging berbumbu tersebut dihidangkan bersamaan dengan potongan bawang bombay dan pisang goreng. Mungkin memang terdengar aneh ya, karena emang biasanya kita makan sate pake lontong, nah ini pake pisang goreng? Tapi katanya sih, kuliner Afrika sering disajikan bersamaan dengan pisang goreng.

kuliner di jakarta barat

Awal nyobain sih memang agak aneh dilidah, soalnya harus makan daging pake pisnag goreng. Tapi lama-lama juga bisa menyesuaikan diri. Tekstur dari daging domba ini ngga alot atau pun keras, melainkan lebih juicy dan bumbunya bener-bener meresap kedalam daging. Mungkin karena sebelumnya sudah melewati proses diungkep dan dibakar. Rasanya merupakan perpaduan yang unik dari antara empuknya daging domba, pisang, irisan bawang bombay hingga saos mustard. Kalo kalian suka pedes, kalian juga bisa nambahin sambel dengan rasa super pedas disini. Menurutku sih, kuliner ini cocok banget dengan lidah orang Indonesia.

kuliner di jakarta barat

Nah, buat kalian yang penasaran gimana sih rasanya sate domba Afrika ini, buruan dateng dan cobain langsung kuliner khas Afrika ini. Warung Sate Haji Ismail ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 17.00, tapi sih biasanya sebelum sore sate ini udah abis guys. Jadi, saran aku kalo kalian mau cobain sate domba ini, kalian jangan dateng terlalu sore ya biar ngga kehabisan!

kuliner di jakarta barat

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.