Cari Kuliner Antimainstream? Cobain Rujak Banci di Warung Lotek Macan!

warung lotek macan

tiffany | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
25 Oct 2018


Cari Kuliner Antimainstream? Cobain Rujak Banci di Warung Lotek Macan!
kuliner antimainstream yang ada di Warung Lotek Macan, ini menyediakan menu-menu unik salah satunya adalah rujak banci yang saya coba!

Setelah begadang sambil kulineran nasi kalong, kali ini aku mau kulineran di siang hari nih. Kebetulan kemarin jam kuliah lagi kosong, aku dan temen-temen pun pengen cari yang seger-seger karena kebetulan siang kemarin cuaca Bandung lagi terik-teriknya. Setelah diskusi pengen jajan apa, akhirnya salah satu temen aku nyaranin buat cobain Rujak Banci. Aku pribadi sih belum pernah nyobain buat makan ini, tapi kata beberapa temen aku ini enak banget. Aku pribadi sih bukan penggemar rujak sebenernya, tapi ngga ada salahnya buat nyobain kuliner khas Bandung ini. Masa Mojang Bandung ngga pernah makan makanan khasnya sih?

Video by Tribunnews.com

Kalo kalian yang asli Bandung, pasti udah ngga asing lagi sama makanan yang satu ini, tapi kalo kalian yang dari luar Bandung, pasti penasaran seperti apa rujak ini. Aku pun yang orang Bandung baru pertama kali ini nyobain rujak banci ini. Banyak yang berpikiran kalau penjual rujak ini adalah seorang banci, tapi ternyata ngga lho. Warung yang berlokasi di Jalan Macan no 1, Burangrang, Lengkong, Bandung ini diberi nama Warung Macan. 

Warung ini menjual Rujak Banci dengan harga sekitar Rp 14.000 per porsinya yang menurut kantong mahasiswa seperti aku ini terjangkau banget. Selain Rujak Banci, warung ini juga menyajikan olahan khas Jawa Barat lainnya, seperti Asinan Bogor dan Lotek Jawa Barat. Karena penasaran, aku pun langsung memesan seporsi Rujak Banci yang legendaris ini. Ngga butuh waktu lama, menu ini pun tersaji didepan mata.

Well, sekilas kalo dari tampilannya, kuliner ini lebih mirip dengan Asinan yang ada di Bogor. Dan ternyata, nama ‘banci’ yang disematkan pada makanan ini digunakan karena makanan ini merupakan campuran dari rujak buah dan tradisional yang kemudian diberi tambahan pisang batu dan tauge. Buah-buahan yang digunakan pun cukup lengkap, antara lain asinan mangga, bengkoang, nanas, jambu air dan masih banyak lagi lainnya. Buah-buah tersebut kemudian disiram dengan bumbu rujak.

Menurutku sih rasanya seger banget ya guys. Rasa asamnya pas dan ngga terlalu pedas, cocok banget dinikmati di siang hari. Rasanya lebih seperti perpaduan antara rujak buah dengan rujak cuka gitu sih. Cocok banget buat kalian yang suka makan rujak tapi ngga bisa makan pedes. Tapi kalo buat kalian yang doyan pedes juga bisa banget, kalian bisa tambahkan sendiri pedes yang kalian mau. Aku sih paling suka sama kuah dari rujak banci ini yang rasanya seger banget, asem, pedes dan manis bercampur menjadi satu dimulut.

Mumpung disini, sekalian aja aku juga pengen cobain loteknya yang katanya legendaris ini. Lotek memang salah satu makanan Jawa Barat favorit aku, tapi aku belum pernah nyobain makan lotek di Warung Macan ini. Ohya, buat kalian yang mungkin belum familiar sama Lotek, lotek adalah sejenis gado-gado khas Jawa Barat yang terdiri dari bermacam sayuran, potongan tahu yang kemudian disiram oleh bumbu kacang. Rasanya enak banget guys!

Porsinya sih pas menurut aku, ngga terlalu banyak tapi juga ngga terlalu sedikit. Pantes aja aku sampe bisa ngabisin 2 porsi sekaligus. Karena terlalu lapar atau terlalu doyan? hahaha..

Nah, buat kalian yang mau wisata kuliner di Bandung dan cari makanan enak dengan harga terjangkau, ngga ada salahnya buat cobain kuliner khas yang satu ini. Apalagi buat kalian yang ngga terlalu suka makan pedes. Yuk, buruan ke Bandung!

Opening Hours
Buka setiap hari 10.00 - 16.30 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY