Bosan dengan Olahan Sop yang Gitu Aja? Cobain Sop Ayam Waris di Pare!

kuliner di kediri

brandonkeren | Sightseeing
Kediri, Jawa Timur, Indonesia | halal
25 Oct 2018


Bosan dengan Olahan Sop yang Gitu Aja? Cobain Sop Ayam Waris di Pare!
Sop Ayam Waris di Pare, memiliki menu sop dengan olahan yang berbeda dengan sop yang biasanya kalian makan loh!

Jadi kemarin ada urusan mendadak di Kediri, untungnya sih Cuma di Kediri ya jadi nggak jauh-jauh banget dari rumah. Coba kalau urusan mendadak terus di Jember gitu kan males jadinya hahaha. Setelah urusannya selesai salah satu rekan aku ada yang ngajakin makan, katanya makanan ini sederhana dan rame. Kalau denger yang sederhana dan rame gini sih aku langsung tergiur, jadilah kami berangkat kesana. Kali ini kami akan makan di Sop Ayam Kampung Waris.

Sop Ayam Kampung Waris ini lokasinya berada di Jl. Puncak Jaya, Pare, Kediri. Yaa tempatnya nggak jauh-jauh amat lah sama Kampung Inggris yang terkenal banget di Pare itu. Kemarin aku dateng sekitar jam 2 siang, yang makan juga cukup banyak. Tempat makan Sop Ayam Kampung Waris ini ternyata emang bener masih sederhana. Warungnya nggak terlalu besar, di depannya ada sebuah pikulan yang merupaka tempat untuk menyimpan bahan dan bumbu-bumbu untuk mengolah menu disini. Di tengahnya ada tungku kecil berisi arang dan wajan dengan ukuran standart diatasnya. Tungku ini yang nantinya digunakan untuk memasak. Jadi kalau makan disini kita bisa lihat langsung proses masaknya.

kuliner di kediri
kuliner di kediri

Kalau cerita temen aku, Sop Ayam Kampung Waris ini sudah buka dari tahun 1960-an. Dulu pemiliknya berjualan dengan cara berkeliliang menggunakan pikulan, nah pikulan ini yang tadi digunakan sebagai penyimpanan bahan yang udah aku jelasin sebelumnya. Karena banyak yang menyarankan agar berjualan menetap akhirnya dibuka lah warung Sop Ayam Kampung Waris ini.

kuliner di kediri
Nah menu yang dijual disini ada sop masak, sop goreng, sop segar, sop putih, nasi goreng, mie goreng, ayam kecap, dan ayam bumbu rujak. Menunya cukup banyak ya ternyata, di awal aku udah mikir “masak warung sop banyak yang suka? Perasaan biasa aja” daripada aku semakin penasaran marilah kita pesan.

Menu yang banyak dipesan disini sih katanya sop gorengnya, jadilah aku pesenn satu sop goreng. Di sela-sela aku pesen temen aku bisikin kalau disini porsinya agak kecil jadi mending pesen dua sekaliann deh. Baiklah  mendengarkan bisikan tersebut (eaaa bisikan syaiton :D) jadilah aku pesen sop segar, dan satu nasi goreng. Temen aku pesen sop masak dan sop putih. Kayaknya menu sop disini kami pesen semua deh haha yaudah lah ya.

kuliner di kediri
Nah kalau udah pesan menu gini kalian harus sabar nunggu masakannya datang ya. Karena tungku masaknya cuma satu, dan selain itu memasaknya menggunakan arang pasti agak lama buat matengnya ya. Jadi menu yang dateng jedanya agak kerasa ya apalagi pesen menunya beda-beda gini. Tapi aku tipikal orang yang santai aja kalau nunggu makanan, karena kesabaran itu akan membuahkan hasil apalagi kalau rasanya cocok gitu.

kuliner di kediri
Pertama yang datang adalah sop goreng, yak pesenan aku dateng. Dari warnanya sih merah sekilas emang mirip cap jay. Dan ternyata bener porsinya sedikit, untuk aku dengerin saran temen ya haha. Langsung deh aku coba sop goreng, meskipun pesenan temen aku belum dateng tapi yaudah dia kan udah sering makan disini jadi aku dipersilahkan untuk makan duluan haha. Sop goreng ini isinya tentu saja sayuran khas sop yang dicampur dengan suwiran daging ayam dan kulit. Rasanya? Enakk, bumbunya gurih sedep, khas bumbu capjay memang. Mungkin yang membedakan cara masaknya yang menggunakan arang jadi lebih ada rasa gimana-gimananya gitu (paham kan ya).

kuliner di kediriKalau sop segernya nggak jauh beda rasanya cuman agak sedikit berkuah. Nah nasi gorengnya ini favorit juga, warnanya coklat khas nasi goreng jawa begitupula rasanya. Setelah nyobain menunya sih emang patut untuk dicoba. Selain rasanya sederhana tapi enak, harganya juga murah. Kalian siapin uang 20 ribu aja udah cukup kok, tapi kalau kalian pesennya banyak yang jangan bawa uang 20 ribu pasti kurang haha.

Oke sekian review aku tentang Sop Ayam Kampung Waris ini, boleh dijadiin referensi pas main ke Pare nih!

 

Opening Hours
07.00–12.00 dan 17.00–21.00 (via google)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY