Rasakan Kelezatan Ayam Ingkung Solo: Bumbu Rempahnya Maknyus!

ayam ingkung solo

mummyz | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
24 Oct 2018


Rasakan Kelezatan Ayam Ingkung Solo: Bumbu Rempahnya Maknyus!
Bumbu rempah yang ada di Ayam Ingkung Solo ini sangat meresap dan makyus!

Setelah berkulineran di Purbalingga dan nyobain makanan olahan kambing di Gulai Bu Hadi, kali ini saya kembali ke Solo buat cicipi kuliner yang akhir-akhir ini jadi perbincangan, yaitu Ayam Ingkung. Apa sih Ayam Ingkung itu? Bagi warga Solo, ayam ingkung merupakan kuliner favorit dan bagi kalian yang dari luar kota Solo, wajib banget hukumnya buat nyobain kuliner satu ini, salah satunya di Ayam Tim Goreng Dewi Sri Bu Better yang ada di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, Palur, Karanganyar, atau tepatnya ada di sebelah timur palang kereta api Palur. Jadi, setelah berwisata di Tawangmangu, kalian bisa langsung cobain kuliner Ayam Ingkung ini.

Video by SoloTV Media

Ayam Ingkung adalah kuliner ayam utuh goreng yang disajikan bersama dengan sambal yang pedas. Perbedaannya dengan ayam goreng pada umumnya adalah proses pengolahannya yang melalui proses tim terlebih dahulu. Dikarenakan melewati dua proses pengolahan, itu membuat daging ayam ini terasa lebih empuk dan bumbunya terasa lebih mantap. Saat berkunjung kesana kemarin, saya sempat sedikit tanya-tanya sama penjualnya, tentang proses pembuatannya dan kebetulan dikasih tau.

ayam ingkung solo

Jadi, ayam yang digunakan adalah ayam kampung utuh lalu di tim atau dikukus dengan bumbu-bumbu rempah khusus. Proses inilah yang menjadikan daging ayam kampung ini menjadi empuk dan lembut. Proses pemasakan awal ini membuat cita rasa ayam lebih kuat jika dibandingkan dengan ayam yang melalui proses ungkep dengan bumbu sebelum digoreng.

Setelah di tim, ayam ini digoreng ketika ada pesanan jadinya kalian ngga usah khawatir kalo ayam disini ngga fresh ya guys. Proses menggorengnya pun sengaja tidak digoreng terlalu lama agar dagingnya tidak mengeras dan tetap terjaga kelembutannya.

Untuk menikmati seporsi ayam ingkung ini, saya memesannya bersama dengan nasi hangat, lalapan dan sambal terasi. Kalian juga bisa menambahkan menu sayur asam dan lauk lainnya seperti tahu dan tempe bacem. Saat pertama kali mencicipi, rasa ayam ini bener-bener beda dengan ayam goreng pada umumnya bahkan jauh lebih lezat dibandingkan ayam goreng dari restoran tenama (menurut saya sih), tapi memang setiap kuliner itu punya ciri khas masing-masing dan ayam ingkung punya ciri khas yang seperti ini. Aroma yang tercium bener-bener menggugah selera, apalagi saat mencicipinya. Bumbu rempahnya bener-bener terasa dan meresap didalam daging ayamnya.

ayam ingkung solo
Harga untuk seporsi ayam ingkung ini bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 untuk sepotong ayam beserta nasi, sambal dan lalapannya. Namun, buat kalian yang pengen menikmati seekor utuh juga bisa, harga yang dipatok pun berkisar Rp 45.000 per porsinya. Sangat murah dan totally worth to try!

ayam ingkung solo

Sebenernya di Solo sendiri ada banyak banget penjual Ayam Ingkung, namun yang paling terkenal sih memang warungnya Bu Better ini. Kalo kalian kejauhan menuju Karanganyar, kalian juga bisa pergi ke cabang lain dari Ayam Tim Bu Better ini yang ada di Jalan Yosodipuro Ruko II No 135, Solo, yang buka setiap hari mulai pagi hingga malam hari. 

Buat saya, rasa ayam ini ngangenin banget! Ngga heran banyak sekali orang yang traveling ke Solo lalu menjadikan ayam ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga, karena memang ayam tim ini tahan lama meskipun dalam kondisi dingin.

ayam ingkung solo

So, buat kalian yang mau jalan-jalan ke Solo dan bosen dengan kuliner yang itu-itu aja, baiknya cobain Ayam Tim Goreng ini. Dijamin ketagihan!

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY