Entok Slenget Kang Tanir, Pedasnya Siap Membakar Lidahmu!

entok slenget kang tahir

iqbal | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
23 Oct 2018


Entok Slenget Kang Tanir, Pedasnya Siap Membakar Lidahmu!
Entok Slenget Kang Tanir ini pedas nya nendang bikin keringetan!

Lanjut hari kedua saya waktu di Jogja ya, kalau kalian ketinggalan dengan review saya sebelumnya bisa klik link berikut :

https://gotravelly.com/culinary/detail/1027-penasaran_dengan_lontong_goreng_cobain_lontong_goreng_cik_tong_yang_unik

Memang tujuan saya ke Jogja bukan buat liburan, jadi saya nggak bisa berkunjung ke tempat wisata di Jogja. Tapi di sela-sela keperluan pekerjaan saya masih bisa berwisata kuliner di kota ini. Setelah kemarin mencoba kuliner Lontong Goreng Cik Tong, hari kedua saya mencoba kuliner dengan olahan daging mentok. Kalau kalian nggak tau itu mentok, mentok adalah hewan jenis unggas yang mirip sama bebek, atau biasa di sebut itik serati.

Saya memulai perjalanan dari arah Sleman menuju daerah Pasar Turi yang jaraknya kurang lebih 12 km. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit karena jalanan cukup padat sampailah saya pada lokasi yang dituju. Nama warung yang kami kunjungi ini adalah Entok Slenget Kang Tanir. Warung ini sudah terkenal sejak lama dengan olahan entoknya yang enak. Jadi mari kita coba apakah rasa mentok disini enak?

entok slenget kang tahir
Tempat makan ini tidak besar seperti resto ya, namanya aja warung. Tempatnya sederhana terbuat dari dinding bambu, kalian bisa pilih makan di meja atau lesehan. Setelah kami duduk barulah kami pesan makanannya. Yang kami pesan tentu saja menu entok slenget ini. Pas ditanya apa itu slenget ternyata artinya adalah menyambar. Jadi yang dimaksud menyabar adalah rasa pedasnya yang superr pedas mampu menyambar lidah begitu. Selain pesan menu entok slenget kami juga pesan balungan, tentu saja balungan mentok.

entok slenget kang tahir
Setelah pesan kita bisa langsung lihat proses memasaknya lo. Pertama sudah ada mentok yang dipotong dadu dan sudah di rebus sebelumnya. Ini yang membuat daging mentok tidak amis dan empuk. Karena kebiasaan orang kalau tidak bisa mengolah daging mentok ini teksturnya akan keras atau alot. Di mejanya kalian akan melihat cabe rawit merah yang segar, cabe ini nantinya di uleg dan dimasak dengan bumbu entok lainnya. Setelah wajan panas barulah daging mentok dan bumbu-bumbu dimasukan jadi satu dan dimasak dengan air hingga bumbunya meresap. Sekilas proses pengolahan ini mirip dengan memasak tongseng dan hasil akhirnya saat sudah matang juga berwarna kecoklatan persis dengan tongseng. Oh iya disini kalian bisa pesan mau cabe berapa, kalau suka pedas bisa tuh request 10 cabe, kalau nggak suka pedas bisa pesan cabe saja.

entok slenget kang tahir
Setelah menunggu sekitar lima belas menit akhirnya menu kami datang. Entok slenget dan balungan ini paling nikmat dimakan dengan nasi putih pulen yang masih hangat. Tadi saya pesan entok slenget dengan 10 cabe, dari aromanya sudah tercium sedap dan pedas. Pertama saya coba kuahnya rasanya sedap. Benar-benar mirip kuah tongseng dan pedas cabe rawitnya nendang banget. Setelah itu kuah di tuang ke atas nasi yang masih hangat dan dipadu dengan satu potong daging mentok, rasanya beneran bikin merem melek.

entok slenget kang tahir
Ternyata beneran rasa dari daging entok ini sangat empuk dan sama sekali tidak amis. Perpaduan daging dan kuahnya memang pas, sangat cocok di lidah saya. Selanjutnya saya mau mencicipi menu balungan mentok. Ternyata yang disajikan ini balungan mentok yang utuh. Untuk kuahnya masih dimasak menggunakan bumbu yang sama. Yang seru dari makan balungan adalah sensasi menggerogoti daging di sela-sela tulang ini. Wihhh benar-benar mantab entak slenget Kang Tanir ini!

entok slenget kang tahir
Buat kalian yang mau makan di Entok Slanget Kang Tanir ini saya saranin jangan datang terlalu malam karena setelah buka warung ini langsung ramai pengunjungnya. Daripada kehabisan mending datang di awal kan ya. Saya pribadi sangat suka dengan masakan ini, dan akan saya jadikan tujuan kuliner lagi jika sayang berkunjung ke Jogja, meskipun lokasinya tidak berada di pusat kota. Dan yang paling penting selain makanan disini enak, harganya juga masih terjangkau. Kira-kira per orang bawa uang 25 ribu saja sudah bisa menikmati lezatnya entok slenget ini. Jadi selamat mencoba!

 

Kalau kalian penasaran, bisa lihat video berikut

Opening Hours
16:30 - 21:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY