Masih Sibuk Mencari Siapa Tulang Rusukmu? Temuin di Bakso Semar!

bakso semar bandung

sendi | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
18 Oct 2018


Masih Sibuk Mencari Siapa Tulang Rusukmu? Temuin di Bakso Semar!
Bakso yang satu ini unik dan bikin ketagihan lo guys!

Bakso merupakan makananan yang teruat dari olahan daging, bisa daging sapi atau daging ikan. Tak heran jika bakso banyak dijual di berbagai tempat di Indonesia. Mau di kota mana saja rasanya selalu ada menu yang satu ini. Selain rasanya yang enak, bakso memang sudah diterima di lidah orang Indonesia. Kalau berbicara bakso yang terkenal, kita pasti sudah tau bakso Malang yang jadi primadonanya. Tapi kali ini saya bukan mau mencicipi bakso Malang. Melainkan Bakso Semar yang terkenal dari Kota Bandung.

Kebetulan baru-baru ini saya ada tugas di Kota Bandung, jadi ada banyak waktu untuk saya eksplor kota dingin ini. Dimulai dari makanan khas Bandung sudah ada beberapa yang saya cicipi, seperti mie yamin, seblak, hingga cuanki, dan rasanya memang enak. Kali ini saya bersama teman diajak makan bakso yang katanya enak dan tempatnya ramai. Saya iyakan saja tawaran itu dan berangkat ke kedainya.

bakso semar bandung

Saya berangkat dari daerah ITB ke Jl. Cihampelas, ternyata lokasinya cukup dekat hanya butuh waktu 10 menit dan kami sampai di kedainya. Tempatnya nggak begitu besar malah bisa dibilang sempit, jadi saran saya kalau mau makan disini bawa motor aja deh agak susah nyari parkir buat mobilnya. Tapi terlepas dari tempat yang sempit itu, yang makan disini tetep ramee membuat saya semakin penasaran. Tapi tenang aja buat kalian yang males makan Bakso Semar yang di Jl. Cihampelas ini, bisa makan di cabang lain karena Bakso Semar ini sudah buka banyak cabang. Tinggal browsing aja dimana Bakso Semar yang dekat dengan lokasi kalian.

bakso semar bandung

Nah mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya kenapa namanya Bakso Semar, karena dulu bakso ini pertama berjualan ada di Jl. Semar maka diberilah nama Bakso Semar. Setelah masuk ke dalam kedai barulah kami memilih tempat duduk untuk 4 orang. Disini ada bangku yang ukurannya bisa untuk 4 orang dan 8 orang, jadi kita tinggal menyesuaikan saja kita datang dengan berapa orang. Jangan sampai kita datang 3 orang tapi duduk di bangku yang 8 orang, kan kasian yang lain wkwk.

bakso semar bandung
Disini kami ber 4 pesan bakso urat spesial 29k, mie yamin spesial 30k, bakso halus 18k, dan yang nggak boleh terlewatkan yaitu tulang rusuk satu porsi yang dihargai 22k, disini kami pesan 2 porsi. Untuk minumnya kami pesan aneka jus dan es teh.

Setelah menunggu cukup lama, mungkin karena yang makan lumayan ramai barulah semua menu yang kami pesan siap diatas meja. Yang membuat saya kaget sih ternyata tulang rusuknya diberi sangat banyak, sampai tumpah-tumpah. Kalau dilihat dari tekstur baksonya sudah jelas ini bukan bakso sembarangan yang menggunakan adonan banyak tepung daripada daging. Karena penasaran pertama saya coba dulu kuahnya tanpa dicampuri sambal dan kecap. Kuahnya terasa gurih dan pas, tidak terlalu asin. Untuk baksonya sendiri memang enak, teksturnya pas kenyal dan uratnya terasa.

bakso semar bandung
Sebelum bergulat dengan tulang rusuk saya mau makan dulu mie yaminnya. Mie yaminnya berwarna kuning kecoklatan, bumbunya manis tapi tidak terlalu, sangat pas. Saya juga suka tekstur mienya, nggak terlalu lembek dan masih kenyal. Sesekali saya campur satu suap mie yamin dan bakso. Rasanya? Pecah!!

Saatnya untuk mencoba si tulang rusuk. Tulang rusuk ini disajiakn diatas mangkok dengan sedikit kuah. Kuah yang digunakan masih sama seperti kuah bakso. Pertama saya coba menggigit dagingnya ternyata empuk, sama sekali tidak alot atau keras. Sepertinya sudah dimasak lama dengan presto jadi tidak perlu tenaga untuk menggerigiti tulang rusuk ini. Oh ya jangan lupa makan pakai kerupuk biar tambah rame rasanya.

Secara keseluruhan saya suka dengan Bakso Semar ini. Harganya terbilang murah dan porsinya banyak. Apalagi si Bakso Semar ini buka 24 jam cocok buat kalian yang ini ngebakso malam-malam. Jadi buat kalian yang mau nyobain enaknya bakso dengan tulang rusuk di Bandung ini!

Opening Hours
24 Hours
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.