Suka Olahan Daging Kambing? Cobain Gulai Melung Bu Hadi yang Siap Memanjakan Lidahmu!

kuliner di purbalingga

mummyz | Sightseeing
Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia | halal
17 Oct 2018


Suka Olahan Daging Kambing? Cobain Gulai Melung Bu Hadi yang Siap Memanjakan Lidahmu!
Kamu pencinta kuliner Kambing...Wajib banget cobain gulai melung Bu Hadi, yang memiliki rasa gulai kambing enak!

Kalau berbicara tentang olahan kambing memang selalu menggugah selera. Bagaimana tidak, rasa dagingnya yang khas serta olahan bumbu yang mantab pasti membuat siapa saja yang melihat makanan ini ingin segera menyantaab olahan ini. Nah kali ini saya akan membuat review tentang olahan kambing yang siap bikin kamu ngiler.

kuliner di purbalingga
Terletak di Desa Melaung Kota Purbalingga, Jawa Tengah, tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Menu yang disediakan tentu saja berbahan baku kambing. Ada gulai kambing, tengkleng, kaki kambing atau dengkil, dan gulai kepala. Semua diolah dengan bumbu yang bersantan dengan rasanya yang pedas manis. Kalau disini kalian bisa pilih mau disajikan dengan kuah banyak, kuah sedikit, atau kering.

Gulai Melung Bu Hadi ini sangat ramai peminatnya. Bahakan katanya Gurbernur Jawa Tengah kerap makan di sini. Dulu pemilik warung ini yaitu Bu Hadi berjualan hanya pada waktu-waktu tertentu, tidak setiap hari. Terkadang juga berjualan di pasar dekat rumahnya. Karena setelah mendapat saran dari camat daerah tersebut agar Bu Hadi membuka warung, supaya para peminatnya tidak kesusahan jika ingin menyantab gulai tersebut akhirnya Bu Hadi mengiyakan saran tersebut. Jadilah sekarang warung gulai yang dibuka tepat di depan rumahnya.

kuliner di purbalingga
Setiap hari Bu Hadi mampu menghabiskan puluhan kilo daging kambing, mulai dari kepala, ekor, iga, dan kaki. Bu Hadi juga hanya menggunakan kambing yang masih muda dan betina, alasanya tentu saja karena daging kambing muda lebih empuk dan legit. Prose pengolahannya dibantu dengan sekitar 15 orang setiap harinya, dengan bagian masing-masing. Ada yang memotong daging, mengolah bumbu, dan memasak kuah kaldu.

kuliner di purbalingga
Untuk tempatnya sendiri tergolong sederhana, hanya bangunan rumah yang diisi oleh bangku-bangku untuk pengunjung ya akan makan di tempat. Ada yang seru di sini, kalian dibolehkan masuk ke dapur asalkan ijin dulu yang sopan ya. Disana kalian bisa melihat asap yang mengepul dari atas tungku. Ternyata proses masak disini masih menggunakan tungku sederhana dengan bahan bakar kayu. Jelas saja kalau warung ini banyak yang bilang enak, karena proses pengolahannya benar-benar masih sederhana.

Nah kali ini saya mau mencicipi semua menu yang ada. Mulai dari gulai, tengkleng, dan iga. Tapi saya nggak mesen gulai kepala kambing ya, selain geli untuk makannya juga karena saat itu sedang kosong. Jadi saran buat kalian yang mau makan gulai kepala kambing disini lebih baik pesan dulu, karena tidak tersedia setiap hari. Ya namanya juga kepala, jadi agak susah kan ya.

kuliner di purbalingga
Setelah menunggu beberapa menit semua menu yang dipesan sudah datang. Dari warna dan aroma saja sudah membuat perut saya keroncongan. Warna bumbu untuk tengklengnya kecoklatan dan rasa pedas manisnya pas. Saatnya untuk mencicipi. Dimulai dari kuah gulainya yang dominan berwarna merah ini memang rasa bumbunya mantab, tidak terlalu kental dan rasa gurihnya pas. Daging kambingnya empuk dan tidak bau prengus sama sekali. Hal itu karena proses masaknya yang lumayan lama, kurang lebih 2 jam sampai daging empuk dan bumbu merasuk.

kuliner di purbalingga
Selanjutnya saya mencoba tengkleng. Nah kalau makan tulang-tulang begini memang asik pakai tangan dan menghisap sumsumnya pakai sedotan. Rasanya? Ah kalian pasti bisa bayangkan sendiri. Selain menghisap pasti semua orang yang makan disini asik mencongkeli daging di tulan-tulang itu. Wahh sekarang saya tau benar kenapa warung ini selalu ramai bahkan sampai para petinggi datang kemari.

Untuk kalian yang mau makan disini nggak perlu takut kalau harganya mahal. Rata-rata menu disini cukup terjangkau. Kira-kira kalau satu orang bawa 100ribu aja pas, masih ada kembalian pula.

Gimana sudah ngiler? Buat kalian yang ada di Purbalingga boleh nih makan di Gulai Melung Bu Hadi, dijamin pasti nagih. Tapi hati-hati ya buat kalian yang darah tinggi mending jangan makan disini deh karena satu porsi saja kalian pasti kurang, daripada keterusan jadi lupa sama penyakitnya deh heheheh.

Ada sedikit video nih buat kalian yang ngiler!

 

Opening Hours
08:00 - 19:00 (via google)
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.