Nyobain Soto Langganan Para Pejabat, Soto Sangka Banyumas.

soto sangka banyumas

icha123 | Sightseeing
Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia | halal
16 Oct 2018


Nyobain Soto Langganan Para Pejabat, Soto Sangka Banyumas.
Mampir dulu ke Soto Langganan Para Pejabat yang terkenal dengan kelezatan sotonya, inilah menu yang aku pesan di Soto Sangka Banyumas!

 

Tau nggak makanan apa yang banyak diburu di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah? Soto Sangka! Ada yang pernah tau tentang Soto Sangka? Atau ada yang pernah kesana sebelumnya?

Karena baru dapet kesempatan buat nginjekin kaki di Banyumas lagi, aku tak lupa menyempatkan diri buat nyobain juga kelezatan soto legendaris ini. Banyak yang bilang sih Soto Sangka udah jadi langganan para pejabat sejak dulu. Hmm cukup legendaris juga ya rupanya. Karena nggak mau bayangin doang lezatnya Soto Sangka, langsung deh ajakin keluarga buat makan bareng disitu.

soto sangka banyumas

soto sangka banyumas

Alamat dari Soto Sangka ini ada di Jalan Kedungter Kidul, Kedungter, Banyumas, Jawa Tengah. Nah karena belum ada yang pernah ke Soto Sangka sebelumnya, akhirnya kami memutuskan buat datang kesini dengan panduan google maps, pinter juga yam bah google ini. Alhamdulillah sampai di Soto Sangka tanpa nyasar hihi.

Udah feeling sih kalau sebutannya udah ‘legendaris’ tentu tempatnya juga masih sederhana dan tradisional gitu. Ternyata beneeer, tempat dijualnya Soto Sangka masih ada di rumah sederhana gitu. Mmm jadi makin nggak sabar pengen tau gimana sih bentuk Soto Sangka ini.

Soto Sangka ini dijual di warung yang berukuran kurang lebih 4 x 6 meter. Di dalamnya, terdapat meja dan 15 kursi plastik yang ditata rapi. Ets jangan salah, meskipun tempatnya yang masih sangat sederhana,  Soto Sangka ini menjadi buronan pecinta soto lho! Yang parkir juga kebanyakan mobil mewah, nah jadi makin pensaran nggk sih sama Soto Sangka Banyumas?

Tak butuh waktu lama buat saya dan keluarga mendapatkan beberapa porsi Soto Sangka ini. Soto dengan isian ketupat, suwiran daging ayam kampung, dan kuah yang begitu nendang di lidah bikin nagih rasanya. Soto Sangka disajikan dengan porsi yang lumayan, namun kalau porsi makan kalian besar, kalian bisa memesan 1,5 atau 2 porsi sekaligus. Mantap ngga?

soto sangka banyumas

soto sangka banyumas

Tak heran kalau Soto Sangka selalu diburu karena kelezatannya. Cara memasak Soto Sangka ini masih sangat tradisional. Dengan menggunakan tungku kayu bakar, rasanya tentu enak dan berbeda dengan soto lainnya. Racikan bumbu dari Soto Sangka juga masih menggunakan bumbu tradisional soto seperti jahe, kunir, merica bala, bawang putih, bawang merah, dan masih banyak lagi. Iya sih, kata pemilik Soto Sangka, racikan bumbunya memang masih terjaga dari dulu. Pantesan rame ya hihi.

Tak hanya setahun dua tahun, Soto Sangka ini telah bertahan sejak 92 tahun yang lalu lho. Meskipun begitu, untuk mendapatkannya kini kalian tak perlu mengeluarkan biaya yang besar lho. Harga satu mangkuk Soto Sangka ini dibandrol dengan harga Rp 3000,- per porsinya. Kalau aku, satu porsi saja udah kenyang, tapi papah dan sodaraku lainnya nambah sampe 2x haha.

Tak hanya wisatawan saja yang sering mampir ke Soto Sangka, melainkan juga para pejabat bahkan dari luar kota. Jenderal Surono yang pernah menjabat sebagai Menteri koordinatordi bidang politik dan keamananpun pernah mampir buat nyobain lezatnya Soto Sangka ini lho.

soto sangka banyumas

Nama Soto Sangka ini diberikan karena pada awalnya yakni tahun 1995, yang berjualan adalah Mbah Sangka. Berjualannyapun juga masih dengan cara dipikul dan berjalan di sekitar kota lama Banyumas. Keren, masih bertahan sampai 3 generasi lho!

Nah tunggu apalagi, kalau ke Banyumas jangan lupa buat cobain Soto Sangka yang lezat dan legendaris ini ya!

From Youtube Teresia Pujayanti

 

Opening Hours
buka setiap hari 8 pagi - 5 sore
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY