Penasaran dengan Lontong Goreng? Cobain Lontong Goreng Cik Tong yang Unik!

lontong goreng cik tong

iqbal | Sightseeing
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
16 Oct 2018


Penasaran dengan Lontong Goreng? Cobain Lontong Goreng Cik Tong yang Unik!
Lontong goreng? gimana ya rasanya dari pada kepo aku langsung cobain Lontong Goreng Cik Tong, yang memiliki cita rasa unik dan pastinya bikin kepo!

Setelah menempuh waktu perjalanan 2 jam lebih karena kami sempat mampir di Klaten untuk beristirahat dan mencicipi Mie Saranghae, akhirnya kami tiba di Jogjakarta. Buat kalian yang ketinggalan cerita perjalanan saya bisa klik link berikut :

https://gotravelly.com/culinary/detail/1024-mampir_ke_mie_ayam_saranghae_di_klaten_rasanya_maknyuss

Hal pertama yang kami lakukan setiba di Jogjakarta adalah bertemu dengan orang yang memang sudah membuat janji dengan tim kami. Tapi saya nggak akan cerita tentang itu kok, tenang saja setelah itu saya kembali mencicipi kuliner di Jogjakarta yang pastinya siap bikin kalian ngiler.

Sekitar selesai sholat ashar dan kami semua sudahh check in dan bersih-bersih badan di hotel saatnya mengelilingi Jogja pada sore hari. Karena dekat dengan alun-alun kami mampi untuk sekedar berjalan dan melihat ramainya Jogja pada sabtu sore. Ditepian jalan banyak penjual souvenir maupun jajanan. Setelah merasa cukup melihat alun-alun Jogja pada sore hari, kami lanjut untuk berburu kuliner karena perut sudah mulai keroncongan.

lontong goreng cik tong
Sempat bingung mau kuliner apa, pertama mau ke sate klathak  yang terkenal banget itu tapi kok ramai banget, jadinya kami cari opsi lain. Lagi-lagi berbekal browsing kami akhirnya menemukan makanan yang menurut saya cukup unik. Unik karena baru pernah dengar, dan belum bisa membayangkan bagaimana bentuk dan rasanya. Namanya adalah Lontong Goreng Cik Tong.

Dilihat dari google maps, kurang lebih jaraknya 9km. Oke langsunglah kami berangkat.

lontong goreng cik tong
Sesampai disana tempatnya ternyata tidak begitu besar. Cuma kedai kecil  tapi pengunjungnya cukup banyak. Didepannya ada tulisan Lontong Goreng Cik Tong dengan banner berwarna merah. Sedikit cerita tentang Lontong Goreng Cik Tong ini mulanya sang pemilik berjualan lontong sayur tapi sepi peminat. Setelah vakum sekitar satu tahun lebih dan memikirkan inovasi apa yang harus dilakukan agar lontong ini dapat menjadi makanan yang banyak digemari orang-orang.

lontong goreng cik tong
Setelah melakukan banyak percobaan hingga menemukan rasa yang pas akhirnya terciptalah menu lontong goreng ini. Sebelumnya lontong goreng memang sudah terkenal di Malaysia, tapi sang pemilik membuatnya berbeda. Dengan rasa khas rempah Indonesia dan campuran yang cocok di lidah orang Indonesia.

Mendengar ceritanya makin membuat saya penasaran bagaimana rasa dari lontong goreng ini. Akhirnya kami pesan lontong goreng indomie telur 10k, lontong goreng pecel telur 12k, lontong goreng ayam 11k, dan menu lainnya.

Disini kalian bisa melihat proses memasaknya. Pertama ada wajan besar yang sudah panas lalu dimasukan lah bumbu rempah yang sudah halus dan berwarna merah sambil di tumis sebetar hingga harum. Selanjutnya lontong yang sudah dipotong dimasukkan bersaaman dengan mie lalu dimasak hingga bumbu merasuk. Setelah dianggap pas selanjutnya dimasukkan telur di tepian wajan, barulah semua komponen tadi dicampur. Semua sudah matang dan tercampur rata,  terakhir diatasnya diberi potongan bakwan dan disiram kuah soto medan. Selanjutnya dipindahkan diatas piring yang beralaskan daun pisang, lontong goreng mie telur siap disajikan.

lontong goreng cik tong
Dari bentuk lumayan unik, mirip nasi goreng tapi nasinya adalah lontong. Warnanya merah kecoklatan, bisa dilihat kalau bumbunya pasti nendang. Pertama saya mencoba memang beneran kaya akan rempah. Karena saya baru mencoba makan lontong goreng ini jadi kesan pertama saya adalah rasannya unik, tapi masih bisa diterima di lidah dan cocok. Bumbunya terasa pedas, manis dan gurih.

Meskipun Lontong Goreng Cik Tong ini tergolong baru tapi peminatnya banyak. Mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, hingga orang tua juga banyak makan disini. Selain rasanya enak, harganya pun juga murah dan bikin perut kenyang karena porsinya banyak. Lontong Goreng ini ada cabang lain, kalau tidak salah ada  cabang. Kalian bisa browsing sendiri.

lontong goreng cik tong
Jadi bagaimana sudah bisa membayangkan lontong goreng? Kalau kalian di Jogja, kalian bisa cobain kuliner  yang satu ini, dijamin doyan! Baiklah, selamat mencoba!

Masih penasaran? Coba lihat video berikut!

Opening Hours
09:00 - 23:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY