Sajian Unik Kota Bandung di Nasi Kalong. Cocok Untuk Kalian yang Doyan Begadang!

nasi kalong bandung

tiffany | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
15 Oct 2018


Sajian Unik Kota Bandung di Nasi Kalong. Cocok Untuk Kalian yang Doyan Begadang!
Nasi Kalong ini mejadi salah satu kuliner malam di Bandung yang wajib dicoba saat berada di Bandung!

Bandung memang surganya kuliner. Ngga cuma wisatanya yang keren-keren, tapi juga kulinernya selalu menggoyang semua lidah penikmatnya. Mulai dari Baso Cuanki Serayu hingga makanan khas Korea di Bornga Restaurant, semua ada di Bandung. Saking banyaknya, biasanya traveler yang berkunjung ke Bandung suka bingung untuk memilih makanan apa. Nah kali ini, aku mau mengulas salah satu kuliner khas bagi kalian yang suka kuliner malam.

Ceritanya setelah lelah jalan-jalan ke Orchid Forest Cikole kemarin, aku dan teman-teman kelaparan. Perjalanan dari Lembang menuju kota Bandung yang sangat padat membuat kita harus berhenti sejenak untuk mengisi perut. Karena hari udah lumayan malam, kami pun memutuskan untuk mencari kuliner yang masih buka saat malam-malam dan pilihan kami jatuh pada Nasi Kalong. 

nasi kalong bandung

Mungkin menurut sebagian besar anak muda Bandung atau warga Bandung, nama kuliner ini ngga asing lagi karena memang sangat populer dan unik alias khas. Warung Nasi Kalong ini berada di Jalan RE Martadinata no 102 Bandung dan buka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga pukul 03.00 dini hari. Karena bukanya saat tengah malam inilah mengapa nasi ini diberi nama Nasi Kalong.

nasi kalong bandung

Warung Nasi Kalong ini konsepnya prasmanan dan menu yang ditawarkan juga beragam sehingga pengunjung bebas mengambil sendiri sesuai selera mereka masing-masing. Menu yang disajikan pun berbeda-beda setiap harinya. Beberapa menu yang menjadi favorit para pelanggannya seperti ayam goreng madu dengan rasa yang manis dan daging yang empuk. Selain itu juga ada tumis bakar buncis, ebi goreng kremes, dendeng ayam gepuk abon dan masih banyak lagi lainnya. Aku sih biasanya suka bingung kalo pilih lauknya ini karena mereka menyajikan sekitar 20 hingga 30 menu setiap harinya.

nasi kalong bandung

Untuk nasinya sendiri berwarna sedikit gelap. hal itu disebabkan karena proses memasak nasi ini menggunakan bumbu kluwek yang biasanya digunakan untuk membuat kuah rawon. Beras yang digunakan juga beras merah. Agar semakin lezat, nasi ini juga diberi bumbu rempah lain seperti cabai, bawang merah, kelapa parut, daun salam dan masih banyak lagi lainnya. Jadi pas disajikan, bau wanginya dan gurihnya langsung tercium. Selain lezat, nasi ini juga menyehatkan. Jadi ngga usah khawatir buat kalian yang takut gendut kalo makan malam-malam disini karena kandungan lemak dan gizi dari makanan ini diperhatikan betul.

nasi kalong bandung

Nasinya terasa sangat pulen, gurih dan lezat pastinya, jadi kalo misalnya makan nasinya aja juga ngga bakal hambar guys. Enak banget lah pokoknya. Harga yang dipatok untuk seporsi Nasi Kalong ini bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 20.000 - Rp 30.000. 

nasi kalong bandung

Warung Nasi Kalong ini baru buka pada tahun 2007, tapi penikmatnya sudah banyak banget. Hal ini disebabkan karena Nasi Kalong ini sudah banyak diliput diberbagai acara kuliner di TV dan juga sering dikunjungi beberapa orang penting seperti Mantan Walikota Bandung, Ridwan Kamil dan presenter acara kuliner kondang, Alm Bondan Winarno. Ngga heran kalau banyak warga Bandung dan sekitarnya yang mulai tertarik untuk menikmati kuliner malam yang satu ini.

nasi kalong bandung

Nah, buat kalian yang berencana jalan-jalan ke Bandung dan suka berwisata kuliner malam-malam, atau kalian orang Bandung yang Nocturnal, aku rekomendasiin buat cobain makan Warung Nasi Kalong ini. Selain mengenyangkan, pilihan menu yang beragam juga menu ini menyehatkan. Harganya juga ngga terlalu mahal, masih masuk akal untuk kantong mahasiswa seperti aku. So, kalian jangan sampai kehabisan ya.

Official NET News

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY