Menikmati Nasi Gandul Pak Meled yang Populer

nasi gandul pak meled

prahasta | Sightseeing
Pati, Jawa Tengah, Indonesia | halal
12 Oct 2018


Menikmati Nasi Gandul Pak Meled yang Populer
Siapa yang sudah cobain nasi gandul? Nah dari pada penasaran, inilah rasa dari Nasi Gandul Pak Meled yang gurih!

Hari ini saya mau mencoba membuat review pertama tentang kuliner. Jadi kemarin saya ada acara di kota Rembang, Jawa Tengah. Karena pas mau balik ada temen yang ngajakin kulineran di daerah Pati yang hanya butuh waktu satu jam dari Rembang, jadilah saya pergi ke daerah Pati. Sebenernya penasaran sih mau makan apa coba dibela-belian satu jam perjalanan. Katanya ini makanan enak dan udah terkenal banget di sosmed bahkan di kalangan artis. Oke saya makin penasaran.

nasi gandul pak meled

nasi gandul pak meled
Kuliner yang akan saya tuju namanya adalah Nasi Gandul Pak Meled. Ada sedikit sejarah dari Nasi Gandul Pak Meled ini. Jadi dulu Pak Meled ini menjajakan dagangannya pada tahun 1950-an dengan berkeliling menggunakan pikulan. Ada dua kuali yang digantung pada pikulannya satu untuk tempat kuah nasi bandul, satunya lagi untuk tempat bakul nasi dan peralatan makan. Selanjutnya dua kuali tersebut dipikul dipundak. Pada saat dibawa berjalan dua kuali tersebut jadi bergerak naik turun seirama dengan langkah penjualnya. Nah ini yang menyebabkan kenapa nasi ini diberi nama nasi gandul, karena modelnya yang gondal-gandul (menggantung).

Untuk bisa makan Nasi Gandul Pak Meled kalian harus menuju desa Gajahmati – Pati. Kalau kalian sampai tempatnya cukup sederhana, bukan resto megah tapi yang makan rame apalagi jam makan siang begini, harus sabar ya.  Jadi awalmula Pak Meled berjualan menetap karena banyak permintaan pelanggan, kalau setiap saat ingin makan nasi gandul bisa langsung menuju ke lokasi. Bahkan katanya banyak tetangga Pak Meled ini yang minta diajari jara memasak nasi gandul ini, wah kalau gini sih kayaknya beneran enak kuliner satu ini.

nasi gandul pak meled
Nasi gandul sendiri merupakan nasi yang diatasnya diberi potongan daging sapi berbumbu lalu diberi guyuran kuah kaldu yang mirip gule. Tapi saat aku tanya “Ini kuah gule?” penjualnya langsung bilang “Bukan, memang sekilas mirip gule tapi rasanya berbeda. Monggo dicicipi nanti”. Jelas sudah sekarang kalau nasi gandul ini bukan menggunakan kuah gule.

Disini kalian bisa pilih mau bagian daging atau bagian jeroan sapi. Jeroannya lengkap, ada babat, ati, usus, bahkan kikil. Tapi buat kalian yang kolesterol cari aman aja deh makan dagingnya aja, daripada nantinya kambuh kan ya.

nasi gandul pak meled
Aku pesen satu porsi nasi gandul dengan daging campur. Penyajian nasi gandul ini meskipun sudah menetap tetap menggunakan daun pisang lo. Bedanya daun pisang bukan sebagai pincuk lagi, tapi sebagai alas piring. Katanya penjualnya sih memang sudah ciri khasnya, biar makin seger. Ada satu hal lagi yang membedakan Nasi Gandul Pak Meled ini dengan nasi gandul lain. Meskipun sudah jaman modern bergini cara memasak kuah nasi gandul ini tetap menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat, beda dengan toko lain yang menggunakan panci-panci besar.

Pertama aku nyoba kuahnya sih emang beda dengan gulai. Dia lebih light daripada gulai dan menurut saya rasanya lebih manis. Untuk urusan rasa sih saya cocok sama nasi gandul ini padahal baru pertama kali mencoba. Dagingnya juga dimasak empuk, jadi nggak alot sama sekali bahkan nggak perlu pakai tenaga untuk motong kikilnya. Yang aku seneng disini merekaa ngasih dagingnya nggak pelit, jadi puas makannya. Kalian juga bisa menambahkan tahu atau tempe sebagai lauk untuk nasi gandul ini. Memang perpaduan yang pas, nasi panas dengan daging berkuah ini.

nasi gandul pak meled
Meskipun berlauk daging  tapi harga nasi gandul ini masih relativ murah dan bisa dibilang terjangkau. Harga per porsinya dibandrol sekitar 20 ribuan tergantung kalau kalian mau tambah tahu atau tempe pasti tambah bayarnya ya.

Saya pribadi sangat merekomendasikan nasi gandul ini buat kalian yang lagi berada di daerah Pati. Karena rasanya enak dan cocok di lidah orang Indonesia. Gimana sudah penasaran? Cobain sensasinya sendiri!

Opening Hours
11:00 - 21:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY