Rela Mampir ke Pempek Saga Sudi Mampir. Rasa Pempeknya Juara!

pempek saga sudi mampir

olive | Sightseeing
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia | halal
12 Oct 2018


Rela Mampir ke Pempek Saga Sudi Mampir. Rasa Pempeknya Juara!
Pempek Saga Sudi Mampir ini emang pempek paling juara! rasana itu lo mantep bangat pempeknya kriuk-kriuk dan kuah nya mantap!

Belum ke Palembang rasanya kalo belum nyobain makanan khasnya, yaitu pempek. Memang sih, pempek sudah banyak dijual di berbagai tempat di negeri ini, tapi gimana ya rasanya pempek ini kalo di kota asalnya? Beberapa waktu yang lalu saya sempet jalan-jalan ke Palembang dan mengunjungi beberapa tempat menarik seperti Masjid Cheng Ho dan Pagoda di Pulau Kemaro. Selain jalan-jalan, tak lupa juga saya mencicipi kuliner khas pastinya. 

Setelah googling, akhirnya saya menemukan salah satu tempat makan pempek paling terkenal se Palembang Raya yaitu Pempek Saga Sudi Mampir. Rumah Makan pempek ini terkenal dan bisa dibilang cukup legend karena sudah berdiri sejak tahun 1961, ngga heran kalo sekarang udah punya 3 cabang di kota Palembang. Nah, yang kemaren saya kunjungi adalah cabangnya yang di Jalan Merdeka no 8, 22 Ilir atau tepatnya didepan kantor walikota. Warung pempek ini didirikan oleh Bapak KGS Ibrahim Akil yang memulai usahanya dengan berjualan pempek keliling kota dengan gerobak dorong. Karena ketekunannya, usaha ini pun sekarang sudah jadi turun temurun hingga saat ini. 

pempek saga sudi mampir

Uniknya rumah makan pempek ini memiliki open kitchen dimana kita bisa melihat langsung proses pembuatan pempek yang kita pesan. Selain pempek, ada juga menu lainnya yang mereka sajikan, seperti Model, Pempek lenggang panggang dan pempek panggang. Ohya, buat kalian yang mungkin belum tahu, Model adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan tahu dan disajikan dengan kuah yang rasanya asam manis dan dipadukan dengan irisan bengkoang kemudian ditaburi dengan ebi atau udang kering dan bawang goreng. Jadi, kalo kesini selain pesen pempek jangan lupa pesen menu yang satu ini ya guys.

pempek saga sudi mampir

pempek saga sudi mampir

Sebelum bahas soal rasa dari pempek ini, baiknya kita tahu sejarah pempek dulu nih guys. Konon, dulunya ada seorang laki-laki tua keturunan Tionghoa yang berusia 65 tahun dan biasa disebut apek. Beliau prihatin melihat tangkapan ikan yang sangat banyak di Sungai Musi, ia pun mencoba alternatif lain untuk mengolah dan menikmati daging ikan dengan cara berbeda. Lalu, beliau mencampur gading giling dengan tepung tapioka sehingga menjadi sebuah jenis makanan baru yang saat ini dikenal dengan sebutan pempek. Nama pempek pun berasal dari nama beliau yang dipanggil dengan sebutan “Pek.. Apek..”. Unik sekali ya?

Balik lagi nih ke Pempek Saga Sudi Mampir. Pempek yang biasanya disajikan dengan digoreng atau diberi kuah, tapi kalo di rumah makan ini pempek disajikan dengan cara dipanggang. Saya sih baru pertama kalinya makan pempek dengan cara dipanggang begini. Meskipun bentuknya cukup imut, pempek ini punya cita rasa yang cukup unik dan khas. Ketika dibelah, pempek ini akan terliat isinya yang merupakan penggabungan antara ebi dan udang kering plus kecap manis dan sambal ijo. Jangan lupa, untuk mencicipinya pempek di celupkan ke dalam cuka yang rasanya manis pedas. 

pempek saga sudi mampir

Menu lain yang bisa kalian coba adalah Lenggang Panggang. Makanan ini merupakan olahan daging ikan yang dicampur dengan telor bebek lalu dimasak dengan cara dipanggang dan disajikan dengan siraman cuka yang rasanya manis pedas. Penyajian Lenggang Panggang ini juga bisa dibilang unik, yaitu menggunakan daun pisang sebagai mangkoknya. Ngga heran, kalo aromanya ini khas banget.

pempek saga sudi mampir

Kalo urusan harga, kalian ngga usah khawatir bakal menguras kantong karena harga pempek disini cukup terjangkau guys, kisaran Rp 4.000 - Rp 30.000 perporsinya. Murah banget and worth to try!

pempek saga sudi mampir

Gimana? Jangan cuma dibayangkan gimana rasanya, kalian harus cobain langsung pempek ini disini.

Video by Gending Tv

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 10.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY