Kuliner Sate dan Becek Mentok Sor Sawo Khas Tuban ini Siap Memanjakan Lidahmu!

kuliner di tuban

tio | Sightseeing
Tuban, Jawa Timur, Indonesia | halal
09 Oct 2018


Kuliner Sate dan Becek Mentok Sor Sawo Khas Tuban ini Siap Memanjakan Lidahmu!
Enak nya kuliner sate dan Becek Mentok Sor Sawo Khas Tuban, siap bikin lidah kamu bergoyang!

Jadi minggu kemarin ada urusan di daerah Tuban, dan salah satu temen aku ada yang ngajak makan salah satu kuliner yang enak di kota ini. Namanya Warung Mentok Sor Sawo. Buat kalian yang belum tau mentok adalah sejenis unggas yang hampir mirip sama bebek, hidupnya bisa di darat bisa juga di perairan yang dangkal. Nah kalau sor sawo sendiri artinya sor (isor/ngisor) dalam bahasa jawa adalah bawah, jadi sor sawo adalah bawah pohon sawo maksudnya. Tapi kata Mak Sutiah, pemilik warung ini katanya yang memberi nama sor sawo adalah para pelanggannya.

kuliner di tuban
Pas sampai disana ternyata tempatnya bisa dibilang sangat sederhana dan kecil. Terbangung dengan menggunakan pilar bambu dan genteng tanah liat, sesimple itu tapi yang makan ramee. Jadi sebelumnya warung ini berada persis di tepi  Jl. Majapahit, sekarang letaknya berada di dalam Gang Buyung, masih di area Jl. Majapahit. Di tempat yang lama warung ini letaknya memang persis dibawah pohon sawo yang besar rindang, tapi ditempat yang sekarang pohon sawonya masih kecil. Mak Sutiah udah berjualan di tempat yang Gg. Buyung ini selama sekitar tujuh tahunan.

Tapi buat kalian yang mau makan disini nggak perlu bingung nyari tempatnya. Tinggal ketik aja di google maps “Warung Menthok Sor Sawo” dan kalian akan diarahkan tepat di warung ini. Nanti setelah sampai ada tulisan warung sor sawo didepannya, gampang kok.

kuliner di tuban
Saya langsung pesan menu andalan disini tentu saja sate mentok dan becek mentok. Kalau kebanyakan sate adalah sate ayam atau sate kambing yang ini beda, jadi bikin aku tambah penasaran. Kalau becek mentok ini sekilas kuahnya mirip gule dan katanya rasanya juga hampir mirip gule. Kuahnya kuning pekat yang pasti rasanya kaya akan rempah.

Meskipun pelanggan yang makan cukup banyak tapi pelayanannya lumayan cepat. Cuma nunggu sate mentoknya dibakar aja karena kalau beceknya udah mateng diatas kuali besar diatas kompor yang apinya mengepul. Watu melihat proses pembakaran satenya sih udah menggiurkan banget. Satu tusuk sate dagingnya besar-besar dan bumbunya yang coklat kemerahan terlihat merasuk kedalam daging mentok. Aroma sedepnya udah mulai kecium kemana-mana, bikin tambah penasaran dan laper tentunya.

kuliner di tuban
Setelah semua sudah siap diatas meja jangan lupa pesen es legen, karena es legen ini salah satu minuman khas dari Kota Tuban yang rasanya manis, asem, segerr. Pertama aku lihat si sate diatas piring ini memang kelihatan nikmat. Aku coba satu gigitan dan rasanya.... ENAAKKKK! Dagingya empuk banget, masih ada tekstur kenyal dari kulitnya yang tebal dan juicy itu, dan yang paling penting nggak amis! Menurut aku untuk yang pertama kali nyobain sate mentok gini sih rasanya cocok banget diterima di mulut, unik tapi enak. Bakalan bungkus deh kalo gini ceritanya.

Nggak jauh beda sama si becek ini. Ternyata bener kuahnya mirip sama gule dan rasanya bener-bener kaya akan rempah tapi nggak bikin eneg. Nah kalau disini mentoknya diolah dengan cara direbus. Teksturnya juga empukk, nggak perlu pakai tenaga buat motongnya karena seempuk itu. Meskipun warna kuahnya pekat tapi rasanya nggak pedes kok, Cuma pedes dikitt jadi buat yang nggak suka pedes pasti masih cocok makan becek mentok ini. Hampir lupa kalau makan sate disini nggak ada lontong ya melainkan ada dua jenis nasi, yaitu nasi putih biasa dan nasi jagung.

kuliner di tuban
Setelah semua makanan ludes dengan cepat saatnya minum es legen yang seger. Bener-bener deh ini makanan sukses buat bikin aku sampe bungkus, padahal jarang-jarang nih kayak gini. Untuk harganya sekitar 30 ribuan jadi masih terjangkau.

Ada saran nih buat kalian yang mau makan disini mending dateng sebelum jam 11 karena jam makan siang pasti rame dan bakal kehabisan becek. Sebenernya masih ada tapi harus nunggu lagi si Mak Sutiah masak becek untuk tahap 2 jadi agak nunggu lama pastinya. Jadi dari sini bisa disimpulkan Mak Sutiah sangat menjaga rasa dari masakannya ya, pantesan enak banget.

Gimana udah kebayang nikmatnya sate dan becek mentok? Kalau ke Kota Tuban sempetin deh makan disini, dijamin nggak bakal nyesel malah bikin ketagihan!

Opening Hours
09:00 - 17:00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.