Lagi di Kota Gresik? Cobain Nasi Krawu Bu Tiban yang Melegenda!

kuliner di gresik

franky | Sightseeing
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
05 Oct 2018


Lagi di Kota Gresik? Cobain Nasi Krawu Bu Tiban yang Melegenda!
Lagi di Gresik kalian harus cobain Nasi Krawu Bu Tuban yang melegenda!

Selamat sore guys kali ini gue mau bikin review kuliner yang bener-bener khas dan enak banget dari Kota Gresik. Kalau kalian pernah denger atau pernah makan nasi krawu itu merupakan makanan yang terdiri dari nasi putih, daging suwir, serundeng, dan sambal. Nasi krawu ini merupakan salah satu makanan khas dari Kota Gresik, jadi tak heran kalau kalian ke Gresik bakal menemui banyak penjual nasi krawu. Tapi kali ini gue mau nyobain nasi krawu yang paling terkenal dari Gresik, namanya Nasi Krawu Buk Tiben milik Hj. Tiban, tapi biasanya orang menyebutnya dengan Nasi Krawu Bu Tiban.

Gue pribadi sebelumnya udah pernah nyobain satu kali, dan emang nagih dan gue jadiin salah satu makanan yang harus gue datangi pas ke Gresik. Untuk lokasinya ada dua tempat pertama Jl. KH. Abdul Kharim dan yang satunya ada di Jl. Veteran. Untuk rasanya sama-sama enak jadi nggak usah ragu mau datang ke toko yang mana.

kuliner di gresik
Menu andalan disini tentu saja nasi krawunya tapi nggak hanya itu disini juga nyedian rawon yang boleh juga untuk dicoba karena rasanya enak dan dagingnya cukup banyak. Disini aku pesen satu porsi nasi karawu campur dan nasi krawu daging. Maksud dari nasi krawu campur adalah dagingnya bisa dicampur jeroan seperti babat dan usus. Tapi buat kalian yang kolestrol mending cari aman aja deh pesen yang nasi krawu daging.

Meskipun yang makan banyak tapi pelayanannya cepet jadi nggak perlu lama-lama nunggu. Kalau pas beli disana kalian bakalan tau sendiri daging-daging yang melimpah udah tersedia di dalam wajah gede dan itu yang membuat perut semakin keroncongan.

kuliner di gresik
Satu porsi nasi krawu yang sudah lengkap berisi daging, serundeng, dan sambal yang disajikan diatas daun pisang. Ini nih yang bikin gue suka banget makan disini, karena daun pisang menambah aroma dan hasrat pengen makan terus haha. Satu suap saja kalian pasti bakalan seneng sama rasanya. Nasinya yang pulen sangat cocok dipadukan dengan lauk yang ada. Daging suwirnya cukup banyak dan bumbunya meresap banget. Serundengnya juga enak ada rasa khas yang nggak bisa gue jelasin pasti ada bumbu tersendiri yang gue gapaham namanya apa wkwk. Yang terakhir nih sambelnya pedesss ini yang bikin perpaduan yang pas waktu dimulut.

Kalau gue kesini selalu kurang kalau pesen satu porsi, jadinya gue nambah lagi entah karena doyan apa laper yang jelas ini nasi krawu enakk. Fyi guys nasi krawu Bu Tiban ini udah buka sekitar 30-an tahun. Yang awalnya Bu Tiban ini berdagangan dengn cara keliling hingga membuka toko karena banyaknya permintaan dari pelanggan. Jadi nggak perlu diragukan lagi kan kalau nasi krawi Bu Tiban ini rasanya memang tiada duanya.

kuliner di gresik
Yang membuat nasi krawu Bu Tiban ini selalu ramai bukan karena rasanya saja yang enak dan penyajiian per porsinya yang banyak tapi karena harganya yang terjangkau. Satu porsi dihargai 20 ribu saja, murah ya! Tak heran kalau setiap toko ini baru buka sudah mulai diserbu banyak pelanggan meskipun tokonya kecil tapi rasa makanannya juara.

Buat kalian yang lagi di Gresik aku saranin sih nyobain nasi krawu Bu Tiban ini karena dijamin nggak akan nyesel dan pengen nambah lagi dan lagi. Untuk tempatnya kalian nggak perlu susah-susah nyari karena di maps udah tersedia. Gampang banget kan. Saking terkenalnya nasi krawu Bu Tiban ini udah terkenal sampai sudah ada media televisi yang meliput loh. So kalau ke Gresik wajib cobain ini daripada penasaran!

Ini ada video liputan dari NET.TV biar kalian tahu gimana sih nasi krawu itu. Selamat ngiler!

Opening Hours
06:00 - 14:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY