Lontong Kupang Cak Man: Kuliner Khas Dengan Harga Kaki Lima

lontong kupang

saqr | Sightseeing
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia | halal
01 Oct 2018


Lontong Kupang Cak Man: Kuliner Khas Dengan Harga Kaki Lima
Siapa yang suka lontong kupang? belum sempurna kalo belum cobain Lontong Kupang Cak Man!

Kalo ditanya soal kuliner khas Sidoarjo, jawabannya sudah pasti Lontong Kupang. Yap, meskipun kota kelahiran aku ini dikenal sebagai Kota Udang, tapi Sidoarjo juga punya kuliner laut lainnya yang sangat khas, salah satunya adalah Lontong Kupang ini. Sebenernya, beberapa waktu yang lalu aku udah pernah bahas soal salah satu lontong kupang yang paling aku suka yaitu Lontong Kupang Pak Misari

Minggu lalu, kebetulan aku nganterin tante aku belanja di Pasar Larangan, Sidoarjo dan aku nemuin kerumunan orang yang sedang membeli makanan. Setelah aku cek, ternyata mereka sedang membeli Lontong Kupang, makanan khas Sidoarjo terfavorit semua warga Sidoarjo. Karena kebetulan aku juga lapar dan belom makan siang, akhirnya aku mutusin buat nyobain Lontong kupang yang setelah aku tau penjualnya bernama Cak Man. Kata tanteku yang sering belanja di pasar sini, lontong kupang ini cukup banyak penggemarnya. Ngga heran kalo yang beli rame banget.

Sehari-hari, Cak Man berjualan ditemani istrinya di Pasar Larangan ini dan beliau langsung yang meracik lontong kupang disini. Kalo kalian pengen nyobain makan Lontong kupang ini, kalian bisa langsung dateng aja ke Pasar Larangan Sidoarjo. Aku pun langsung pesen satu porsi lontong kupang Cak Man ini dan harganya ternyata murah banget guys, cuma 10 ribu aja udah termasuk lontong kupang dan sate kerangnya dua tusuk. 

Mirip dengan Lontong Kupang lainnya yang disajikan di banyak warung di Sidoarjo, Lontong Kupang Cak Man ini juga terdiri dari irisan lontong, kuah petis berwarna cokelat bening, taburan kupang dan tentunya sate. Ohya, lontong kupang ini juga ditambah dengan irisan lento, yang merupakan gorengan yang dibuat dari campuran singkong parut, tauge dan kacang tolo. 

Menurut aku, istimewanya Lontong Kupang Cak Man ini adalah kerang kupangnya lebih besar dibandingkan dengan kerang kupang yang dijual pada umumnya di banyak warung di Kota Sidoarjo. Seperti yang udah pernah aku bahas di review sebelumnya, kupang adalah sejenis kerang kecil yang hidup di pinggir pantai atau lumpur berair asin. Meskipun umumnya kerang ini ukurannya kecil, tapi Lontong Kupang Cak Man ini punya ukuran yang agak besar. Jadi makin berasa makan kupangnya.

Selain ukuran kupangnya yang lebih besar, istimewanya dari Lontong Kupang Cak Man ini adalah kuahnya yang super gurih dan agak sedikit asam karena diberi jeruk nipis. Buat kalian yang suka pedes, kalian juga bisa request ke Cak Man untuk nambahin beberapa potongan cabe rawit kedalam bumbunya sebelum di siram kuah. 

Overall, menurut aku sih Lontong Kupang ini enak banget. Apalagi ukuran kupangnya yang gede-gede jadi makin berasa makan kerangnya. Agar makin lengkap, setelah makan lontong kupang jangan lupa buat minum Es Degan atau Kelapa hijau. Selain itu menyegarkan, katanya sih minum ini untuk menetralisir perut kita juga kalo misalnya lagi ngga tawar setelah makan lontong kupang, apalagi buat kalian yang pertama kali nyobain lontong kupang. Biasanya sih, es degan dan lontong kupang menjadi satu kesatuan yang ngga bisa dipisahkan (apa sih?!). Walaupun makanan ini bisa dibilang streetfood dan ada di kedai yang sangat sederhana, namun rasa lontong kupang dan sate kerangnya terasa sangat sempurna. So, buat kalian yang lagi jalan-jalan di sekitaran Surabaya atau Sidoarjo, jangan lupa ya buat nikmati makanan khas yang satu ini. 

Opening Hours
Pagi - Siang
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY