Bukan Soto Biasa! Cobain Soto Sumsum yang Terbesar dan Terpanjang di Jogja

soto sumsum

nur | Sightseeing
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | halal
27 Sep 2018


Bukan Soto Biasa! Cobain Soto Sumsum yang Terbesar dan Terpanjang di Jogja
Soto Sumsum yang satu ini adalah sumsum terbesar dan terpanjang di Joja. saat berkunjung ke Jogja kalian harus banget cobain soto sumsum yang satu ini!

Siapa nih yang suka banget sama masakan sumsum? Tos dulu donk sama aku. Hehehe.. Sumsum ini memang salah satu makanan paling lezat menurut aku, meskipun ngga sehat-sehat banget. Hahaha.. Tapi ngga tau kenapa kalo makanan ini nagih banget. Setelah minggu lalu aku mengunjungi warung ayam gantung, kali ini aku mau nostalgia sama masakan sumsum favorit aku karena udah lumayan lama aku ngga makan masakan sumsum, akhirnya kemarin aku pergi ke salah satu warung penjual masakan sumsum favorit aku di Warung Sumsum Omah Mariam.

soto sumsum

Warung Sumsum Omah Mariam ini terletak di Jalan Ringroad Selatan Tamantirto, Bantul. Biar lebih gampangnya nih, kalian cari aja Kampus Stikes Jenderal Ahmad Yani, nah warung ini ada pas diseberangnya kampus ini. Biasanya, warung ini rame banget kalo weekend, tapi karena kemaren aku kesana pas hari biasa, jadinya ngga terlalu rame. Warung sumsum ini buka setiap hari lho guys, mulai jam 09.00 - 21.30 WIB. 

soto sumsum

Bisa di bilang Warung Sumsum Omah Mariam ini yang paling recommended buat dicoba saat kalian berkunjung ke Jogja, kenapa? Karena sumsum yang disajikan di warung ini terkenal sebagai yang terbesar dan terpanjang se-Yogyakarta. Wahh, seperti apa ya? Cobain aja langsung!

Omah Mariam ini menyajikan aneka sajian Soto Sumsum seperti Soto Sumsum Spesial, Soto Sumsum Jumbo dan Soto Sumsum. Selain itu, ada juga ada menu favorit lainnya seperti Misoan Balungan, Rica Balungan dan menu ceker. Kalo sih rugi banget kalo kesini ngga nyobain soto sumsumnya. Oiya, harga soto sumsumnya kisaran 50.000 - 60.000 per porsinya. Cukup worth sih menurut aku dengan harga segitu karena porsinya juga lumayan.

Kalo biasanya soto disajikan dengan potongan daging sapi atau suwiran daging ayam, tapi kalo soto sumsum ini diajikan dengan tulang sumsum. Kuahnya juga beda, karena campuran bumbunya yang terdiri dari ragam rempah seperti laos, bawang putih, bawang merah, pala, sereh, kemiri, daun salam, jahe, ketumbar dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan kemudian ditumis dan disiram santan. Kuah ini bisa dibilang beda dengan kuah soto pada umumnya yang berwarna kuning. Soto ini juga terdiri dari campuran sayur dan potongan daging untuk menambah rasa gurih didalam kuahnya. Ngga lupa ditambah dengan emping.

kuliner di jogja

Untuk soto sumsum yang jumbo, seporsinya kalian bisa nikmati bertiga. Soalnya kalo sendirian juga kayaknya ngga bakal kuat. Harganya sekitar 60.000 per porsinya, jadi per orang bisa 20.000 an. Cara menikmati soto sumsum ini juga bisa dibilang cukup unik karena sumsumnya dinikmati dengan cara disedot. Rasanya itu super gurih dan enak banget. Potongan dagingnya pun teksturnya lembut, jadi ngga berasa alot. Apalagi rasa kuah santannya yang super gurih dan segar. Bikin siapapun merasa ketagihan. Favorit banget deh pokoknya.

kuliner di jogja

Kalo untuk minumannya, aku kemarin pesen Es Kacang Merah. Minuman ini terdiri dari kacang merah, rumput laut dan cincau. Harga seporsi es kacang merah ini 7000 aja dan rasanya seger banget. Kacang merahnya juga banyak dan rasanya cocok banget kalo siang-siang begini minum es ini. Apalagi setelah makan soto sumsum yang porsinya super gede.

kuliner di jogja

So, warung ini harus kalian masukkan dalam list perjalanan kalian saat berkunjung ke Jogja nanti. Selain karena rasa makanannya yang enak, harga makanan disini juga cukup terjangkau. Dijamin gendut deh!

Video by Makan Keliling

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY