OktoberFest, Festival Minum Bir Terbesar di Dunia

festival minum bir

franky | Sightseeing
München, Bayern, Germany | non_halal
26 Sep 2018


OktoberFest, Festival Minum Bir Terbesar di Dunia
Oktiber Fest adalah Festival Minum Bir terbesar di Dunia yang seru sekali!

Hello guys, gue mau share cerita nih! Masih seputaran kulineran, tapi gue lagi ngga mau review sebuah cafe, restoran, warung atau makanannya. Tapi gue mau share tentang salah satu festival minum bir terbesar di dunia, yaitu Oktoberfest. Kalo denger dari namanya, mungkin festival minuman ini agak sedikit aneh tapi banyak sekali yang sudah menunggu datangnya festival ini.

So, gue mau sedikit jelasin nih buat kalian yang belum familiar dengan festival ini. Oktoberfest atau dalam bahasa Jerman sering disebut Wiesn, adalah festival rakyat yang setiap tahun diadakan di kota Munich atau Munchen. Walaupun namanya Oktoberfest, tapi festival ini dimulai pada pertengahan September sampe awal Oktober. Tahun ini, festival ini dimulai sejak tanggal 22 September hingga 7 Oktober 2018 dan diperkirakan sekitar 7 juta orang yang menghadirinya. Wow, keren banget!

festival minum birsource: https://www.thisisinsider.com/local-tips-oktoberfest-2016-9

Oktoberfest bermula saat pesta pernikahan pangeran Bavaria Ludwig dan putri Theresia di tahun 1810. Kemudian Raja mengundang seluruh rakyat Munich untuk merayakan pesta pernikahan mereka di sebuah padang rumput luas yang diberi nama seperti sang permaisuri yaitu Theresienwiese yang berarti padang rumput Theresia. Nah, dari situlah kata Wiesn berasal. Hingga sampai saat ini Oktoberfest diadakan dilokasi tersebut, bukan diseluruh Munich. 

festival minum birsource: http://uk.businessinsider.com/pictures-of-oktoberfest-2016-2016-9/?IR=T

Tipikal dari festival ini adalah banyak tenda bir lokal, seperti bir Bavaria yang bisa disebut Helles. Disini pengunjung bisa menikmati makanan khas Bavaria seperti Schweinhaxe, Kaiserschmarrn, Schweinebraten dan masih banyak lagi. Pengunjung yang datang kebanyakan dari beragam negara dan disana mereka bisa bernyanyi juga menari. Biasanya acara ini dimeriahkan oleh band lokal yang memainkan lagu lokal atau tradisional Bavaria. Uniknya lagi, pengunjung yang datang biasanya menggunakan pakaian daerah Trachen buat pengunjung cowok, yaitu celana kulit pendek yang dilengkapi dengan sepatu dan juga kaos kaki. Atau Dirndl yang merupakan gaun tradisional untuk cewek. Gaun ini sebenernya terdiri dari kemeja dan rok yang dibalut dengan sebuah baju terusan, menariknya ada ikatan pita yang dipakai oleh para cewek yang memiliki arti tersendiri. Kalo pitanya ada disebelah kiri, itu berarti cewek tersebut masih single sedangkan kalo pitanya ada disebelah kanan, cewek itu sudah tidak single. Wahh, bisa sekalian buat ajang cari jodoh nih. Hahaha.. Tapi katanya sih tahun ini temanya kostum Halloween gitu sih.

festival minum birsource: http://www.stlrenfest.com/oktoberfest/

Meskipun bir-bir yang disediakan di festival ini lebih keras dan harganya agak sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bir-bir yang ada di bar-bar lokal, tapi ngga ngurangi keinginan pengunjung untuk menikmati festival ini karena atmosfernya yang unik dan suasana yang seperti ini hanya bisa dirasakan di Oktoberfest. Ngga heran ya kalo sampe enam juta liter bir yang terjual saat festival ini berlangsung. 

Video by High on Life

Sekarang, buat kalian semua yang pengen ngerasain dateng ke festival ini ngga perlu jauh-jauh pergi ke Munich karena Oktoberfest sudah banyak diselenggarakan di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun ngga sebesar festival yang ada di Jerman, tapi ngga kalah seru lho. Tahun lalu Oktoberfest diadakan di Tangerang tepatnya di Summarecon Mall Serpong dan tahun ini juga akan diadakan lagi disana. Dan gue udah ngga sabar donk pengen ikutan karena pengalaman gue tahun lalu ikutan itu seru banget. 

Oktoberfest tahun lalu mengusung tema “Satu Hari untuk Berjuta Rasa Ala Jerman” dan berlangsung meriah. Disana terdapat bir dan hidangan ala Jerman dengan menggandeng restoran Jerman ternama, yaitu Mama’s untuk menyajikan bratwurst, meatloaf, pork knuckcle, beef foulash, pretzel dan masih banyak lagi lainnya. Acaranya diselenggarakan di Downtown Walk yang merupakan ruangan semi outdoor sehingga membuat sirkulasi udara menjadi lancar. 

festival minum bir
festival minum bir

Tahun ini juga masih ditempat yang sama dan acaranya akan diselenggarakan hanya satu hari, tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2018. Dengan membeli tiket sebesar 625.000 per orang, kalian bisa puas menikmati makanan khas Jerman sepuasnya dan minum bir yang sudah disediakan. Tentunya yang boleh dateng ke acara ini hanya kalian yang udah umur 18 tahun keatas ya guys. Kalo masih belum umur 18, jangan coba-coba kesana deh.

So, that’s all sharing dari gue. See you on Oktoberfest 2018!

 

Opening Hours
19.00 - 23.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY