Ayam Gantung Jogja: Sensasi Makan Ayam dengan Cara Unik

ayam gantung jogja

nur | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | halal
21 Sep 2018


Ayam Gantung Jogja: Sensasi Makan Ayam dengan Cara Unik
Ayam Gantung Jogja adalah tempat untuk memakan ayam dengan cara yang unik, pastinya wajib di coba donk!

Jogja ngga cuma punya wisata pantai yang unik seperti Pantai Ngobaran, tapi kuliner di kota ini juga cukup menjadi favorit banyak wisatawan. Jogja memang dikenal sebagai Kota Gudeg, tapi disini ngga cuma ada Gudeg lho. Banyak banget kuliner unik yang wajib coba dan salah satunya adalah Ayam Gantung. Dari namanya aja kedengerannya unik ya guys? Kira-kira udah pada pernah cobain belum ya?

Sebagai orang Jogja, dari kecil memang aku sudah cukup familiar dengan kuliner kota ini yang terkenal dengan rasanya yang manis. Tapi beberapa waktu lalu, aku sempat mengajak salah satu teman yang berasal dari luar kota untuk mencicipi kuliner yang bisa dibilang pedas ini dan dia menyukainya. Lalu aku pun menyempatkan buat nulis review nya buat kalian yang lagi pengen cobain kuliner unik di Jogja.

Ayam Gantung bisa kalian temukan di Jalan Jogja-Solo KM 12,5, Yogyakarta. Kalo kalian bingung sama jalannya, kalian tinggal ambil arah Klaten aja dari pusat kota Jogja. Warungnya ada dipinggir jalan besar.

Rumah makan ayam gantung ini bisa dibilang lumayan besar ya. Parkirannya juga cukup luas, bisa nampung sekitar empat sampai lima mobil. Uniknya lagi, rumah makan ini menyajikan konsep Open Kitchen. Dapurnya transparan, jadi kalian bakal bisa liat langsung para koki memasak didapur. Jadi kalian bisa tahu bagaimana prosesnya atau kebersihan makanannya. Desain rumah makanannya juga cukup menarik, yaitu minimalis modern dengan sentuhan batik yang bikin pengunjung merasa betah disini.

ayam gantung jogja
ayam gantung jogja

Sesuai namanya, menu utama yang menjadi favorit adalah ayam dan paling spesialnya adalah ayam goreng yang diolah dari bumbu pilihan dipadu dengan aneka sambal. Untuk harganya sendiri bisa dibilang masih ramah dikantong, yaitu mulai dari 20 ribuan per porsinya. Karena harganya yang cukup terjangkau, aku dan temanku mencoba beberapa menu seperti Ayam bacem bakar, ayam gantung bakar madu, sop snerek, cah kangkung dan paru goreng.

ayam gantung jogja

ayam gantung jogja

Rumah Makan ini diberi nama ayam gantung karen memang penyajiannya digantung. Setelah beberapa saat pesenan kami dateng, kami bisa melihat keunikan yang ditawarkan di rumah makan ini. Katanya sih, penyajiannya yang digantung seperti ini selain agar terlihat unik, tapi juga untuk meniriskan daging dari kandungan minyak akibat proses memasak. Dan konsep seperti ini merupakan yang pertama di Jogja. 

Ayam gantung ini disajikan dengan aneka lalapan dan sambal yang menurut aku ngga terlalu pedes. Tapi kalo kalian yang mungkin ngga suka pedes, sambal ini pasti sudah terasa cukup pedas.

Pertama kalinya aku nyobain ayam bacem bakar, karena biasanya kalo diangkringan aku makannya tahu atau tempe bacem yang kemudian dibakar pake kecap, itu enak banget dan menurut aku ayam ini juga ngga kalah enak. Rasanya manis dan agak asam karena kayaknya ayamnya dilumuri jeruk nipis atau limau jadi aromanya segar. Tekstur dagingnya juga empuk dan bumbunya meresap sempurna.

ayam gantung jogja

Kalo ayam gantung bakar madunya juga lumayan enak menurut aku. Penyajiannya juga sama digantung dan rasanya cenderung manis. Karena mungkin dibakar dengan madu. Tekstur dagingnya juga hampir sama, cuma ayam ini ngga sehitam ayam bacem bakar tadi.

ayam gantung jogja

Yang jadi favorit aku adalah Paru Gorengnya. Paru ini penyajiannya ngga digantung ya guys, tapi ditaruh kayak piring rotan yang beralaskan daun pisang gitu. Paru goreng ini irisannya cukup tebal dan digoreng kering. Luarnya diberi tepung jadi semakin menambah rasa krispinya. Makin mantap lagi kalo makannya pake sambel lombok ijo yang nendang.

ayam gantung jogja

Kalo menu sayurannya sih favorit aku Sop Snereknya ya. Sop ini berisi potongan wortel, bayam dan dua potong iga. Kuahnya gurih dan rasanya segar. Daging iga nya juga empuk, ngga alot dan bumbunya meresap sempurna. Kalo Cah kangkung nya sih menurut aku hampir sama dengan kebanyakan cah kangkung. Tapi kuahnya enak menurutku. Porsinya juga lumayan banyak. Minumnya, kami pesen Es Selasih Strawberry dan Es Lychee yang seger banget.

ayam gantung jogja
ayam gantung jogja

Overall, rumah makan ini rekomended banget buat kalian yang suka kulineran ayam di Jogja. Selain penyajiannya yang unik, rasa makanannya juga enak banget plus harganya yang cukup terjangkau. So, kalo jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa cobain kuliner ayam gantung ya guys.

Video by Dyodoran

Opening Hours
Buka setiap jam 09.00 - 21.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.