Es Goyobod, Es Kekinian Khas Tanah Sunda

es goyobod

tedy | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | halal
18 Sep 2018


Es Goyobod, Es Kekinian Khas Tanah Sunda
segarnya es goyobod kuliner Sunda yang lagi hits!

Es Goyobod, Es Kekinian Khas Tanah Sunda. Yak.. Jalan jalan ke Sunda rasanya belum lengkap kalau belum cobain kuliner khasnya. Ee, aku pribadi belum tau betul sih apa yang paling khas di tanah Sunda ini. 

Rencananya nanti sore aku bakal keliling sama om buat cari makanan khas Sunda yang pengen banget kucobain. Eh belum sempet keluar buat kulineran, tante udah keluar dari dapur dengan membawa 3 mangkuk es yang ditaruh baki. Widih pas banget ya siang siang ngeliat es.

Oh iya bahas asal namanya dulu ya. Jadi dalam bahasa Sunda, Goyobod itu artinya basah. Es Goyobod ini termasuk jenis es tradisional di Sunda khusunya. Eh tapi jangan tanya soal rasanya, segeeeer. 

Isian dari Es Goyobod ini juga bermacam macam. Dalam satu mangkuk Es Goyobod ini, kalian bisa menikmati kenyalnya aci, lembutnya potongan roti tawar, rasa asam manis dari tape singkong, dan parutan buah kelapa yang gurih dan mantap tentunya. Kuah Es Goyobod yang gurih gurih manis juga bikin cita rasa es yang satu ini jadi makin menggoda. Bayangin deh, semua menyatu jadi satu dalam satu porsi Es Goyobod. Wii bakal seger banget apalagi dinikmati di siang hari yang panas. 

Kata tante, beliau sering banget nih bikin ginian. Iya, bikin Es Goyobod versi rumahan gitu. Terlebih saat ada acara besar atau acara keluarga di rumah, Es Goyobod selalu jadi suguhan andalan di rumah tante. 

Nah untuk Es Goyobod yang saya nikmati kali ini, itu buatan tante lho. Iya sih, meskipun Es Goyobod merupakan es tradisional, tapi kalau bikin sendiri gini tentunya lebih higienis dibanding eli diluar yang kitapun tak tau cara pembuatannya. Eh tapi kalau kalian main ke Jawa Barat, kalian bisa menemui Es Goyobod ini terlebih di darah Bandung. Mungkin di 2018 ini kalian akan lebih susah menemui es ini dibanding jaman dulu, tapi tenang, aku cek di gmaps masih ada kok yang jualan Es Goyobod, cus deh cobain! 

Es Goyobod ini juga selalu hits tiap bulan ramadhan datang. Iya, banak banget yang memilih Es Goyobod sebagai takjil atau menu berbuka puasa. Manis, gurih, asam, kenyal, akan memanjakan lidah anda setelah seharian berpuasa. Cara bikinnya juga cukup mudah kok. kalian bisa searching di internet wkwkwk. 

Nah sebagai cowok, aku cuma bisa bantu sebutin bahan bahannya aja ya. yang jelas ada kelapa, aci, ketan hitam, dan buah buahan segar seperti alpukat, nangka, dan ada mutiara merahnya juga. Oh iya, poongan roti tawar juga masih mejadi salahsatu isian tervavorit versi Es Goyobod hahaha. Aduuuh soal bumbu kuahnya kuserahin sama tante deh. Yang jelas rasa santan dan susu berpadu menjadi satu rasa yang khas banget. 

Konon katanya, Es Goyobod ini sudah ada sejak  1930 lho. Banyak versi cerita dari Es Goyobod ini. Ada yang bilang ditemukan pertama oleh Junaedi di Jakarta 1930, ada juga yang bilang Usep di bandung 1940. Entahlah mana yang benar, sebagai penikmat saya menyukai rasa dari Es Goyobod ini.

Kalau dilihat sekilas emang terlihat seperti es campur biasa, tapi soal rasa kalian wajib coba dulu deh biar tau wkwk. Udaah, yang penting kalau kalian main ke Jawa Barat jangan lupa buat icip icip Es Goyobod juga ya. Jangan lpa bungkusin yang di rumah, dijamin ketagihan wkwk. 

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.