DOSA, Salah Satu Makanan Favourite di India

Kuliner di jakarta

Melanie | Sightseeing
Jakarta Selatan, Dki Jakarta, Indonesia | halal
14 Sep 2018


DOSA, Salah Satu Makanan Favourite di India
kuliner india yang satu ini bisa kalian temuin di daerah Jakarta Lho!

Throwing back ke liburan beberapa waktu lalu di India, maklum udah lama ngga pergi liburan dan belum bisa move on dari India. Hehehe.. Anyway, pas pergi ke India kemarin, aku sempet cobain beberapa kuliner khasnya, sebut saja Lassiwala, minuman khas yang super seger banget. Nah, ada salah satu camilan yang kemarin aku juga sempet cobain dan ketagihan yaitu Dosa. Sekilas kalo denger namanya cukup aneh ya atau bisa dibilang unik. Meskipun begitu, ternyata Dosa adalah salah satu makanan favourite di India lho guys.

Then, apa sih Dosa itu? Kalo denger kata Dosa emang yang ada dipikiran kita pasti soal hukuman Tuhan untuk manusia. Tapi bukan itu ternyata guys, kalo kalian hobi banget nonton serial India pasti udah ngga asing lagi sama makanan yang satu ini. Dosa adalah makanan khas India yang berbentuk kering dan krispi, sekilas sih mirip sama crepe gitu guys. Jadi rasanya renyah. Makanan ini terbuat dari beras dan kacang lalu dimasak dengan sedikit minyak agar lebih krispi.

Dosa adalah makanan yang bisa dibilang cukup kuno lho guys karena hidangan ini sudah ada sejak abad ke 5 Masehi. Makanan ini menjadi hidangan pokok di India Selatan, negara bagian Andhra Pradesh, Karnataka, Kerala dan Tamil Nada dan menjadi populer di Sri Lanka. Masyarakat India bisanya mengonsumsi Dosa saat makan pagi, makan malam atau sekedar untuk camilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

Bahan utama untuk membuat Dosa adalah beras yang dihaluskan (tepung beras) atau bisa juga diganti dengan tepung terigu yang sangat halus yang sudah ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah. Lapisan tipis adonan dibuat dengan menuangkan ke wajan panas yang sebelumnya sudah diberi sedikit minyak atau mentega. Dosa biasanya diisi dengan tambahan sayuran, daging dan saus untuk membuat makanan cepat saji. Isian Dosa bisa terdiri dari kari ayam, kari daging, kari ikan, yogurt dengan buah-buahan dan acar India. Kadang juga dioles gula atau selai buah manis yang banyak disukai anak-anak. Ohya, biasanya kita bisa lihat langsung proses pembuatan Dosa ini guys. Mirip-mirip sama crepe lah.

Seiring berkembangnya jaman, Dosa di beberapa wilayah di India mulai bervariasi. Seperti dicampur dengan telur dan keju. Ketebalan Dosa pun juga berbeda-beda, ada Dosa yang punya kulit tebal ada juga yang berkulit tipis. Tergantung dari selera kalian mau yang mana.

Dosa punya citarasa yang sangat gurih tapi juga cocok jika dikonsumsi orang vegetarian atau orang yang alergi gandum. Makanan ini juga bagus buat kesehatan lho guys karena punya kadar karbohidrat yang tinggi dan rendah kalori juga lemak. Karena aku bukan vegetarian, aku pun kemarin ngerasain chicken dosa yang terbuat dari daging ayam dan beberapa sayuran. Meskipun makanan dibilang kudapan, tapi makan ini satu porsi udah lumayan bikin kenyang lho guys.

Di India, ada banyak banget penjual Dosa di berbagai daerah. Mulai dari restoran besar hingga kaki lima di pinggir jalan. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 140.000 per porsi. Di Indonesia sendiri, Dosa juga bisa ditemukan di banyak restoran India. Salah satu restoran India yang pernah aku kunjungi adalah Kaivalya Resto yang ada di Jalan Warung Jati No 13, Gardenia Boulevard Apartment Kalibata, Jakarta Selatan. Restoran ini recommended banget buat kalian yang pengen banget nyobain Dosa tapi ngga pengen jauh-jauh ke India. Selain Dosa, restoran ini juga menyajikan beragam menu khas India lainnya. Tertarik pengen cobain Dosa?

Video by Official NET News

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.