Kuliner Unik dan Enak dari Pulau Bawean

kuliner di gresik

tio | Sightseeing
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
13 Sep 2018


Kuliner Unik dan Enak dari Pulau Bawean
kuliner yang ada di pulau bawean ini biki ketagihan!

Siapa sih ngga kenal sama Pulau Bawean? Surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Gresik Jawa Timur ini memang memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau yang hanya memiliki 2 kecamatan dan penduduk sekitar 70.000 jiwa ini dikenal punya keindahan laut yang luar biasa. Posisi geografis Pulau Bawean yang dikelilingi laut tentunya ngga heran kalo kuliner di wilayah ini didominasi dengan makanan laut. Bahkan, masyarakat setempat mengatakan jika belum makan kalo belum makan ikan laut. Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam pun mereka selalu mengkonsumsi berbagai olahan ikan. Ngga cuma makanan beratnya, tapi juga camilannya juga terbuat dari bahan ikan laut. Nah, salah satu makanan ringan khas pulau ini yang aku cobain adalah Koncok koncok. Koncok koncok adalah salah satu kuliner unik dan enak dari Pulau Bawean. Seperti apakah bentuknya?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berkunjung ke Kabupaten Gresik untuk jalan-jalan sekaligus mencoba beberapa kuliner khasnya. Sayangnya, aku ngga sempet buat lanjut perjalanan ke Pulau Bawean, tapi jangan sedih, di Gresik kita juga bisa mencicipi kuliner Khas Bawean. Di Gresik ada tempat penjual kuliner khas Bawean tepatnya di sebelah barat Wahana Ekspresi Poesponegoro, Jalan JA Suprapto. Disini terdapat banyak deretan warung-warung, nama penjualnya Bu Asri. Warung Bu Asri ini cukup sederhana tapi beliau sudah berjualan lebih dari 10 tahun dan menjual beraneka kuliner Bawean yang khas.

Kuliner khas Bawean yang dijual di warung ini antara lain bakso ikan, rujak Bawean, koncok-koncok dan es dawet gula aren. Seperti yang sudah aku bilang tadi, aku kemarin sempet cobain koncok-koncok nya karena terdengar asing ditelingaku dan unik. Sekilas sih koncok-koncok terlihat seperti pempek Palembang. Selain sebagai makanan khas, koncok-koncok juga bisa jadi oleh-oleh buat traveler yang berkunjung ke Pulau Bawean. Lalu, kenapa makanan ini disebut sebagai koncok-koncok?

Koncok-koncok memiliki arti bagian ujung. Nama ini diambil karena koncok-koncok mulanya adalah bagian ujung dari adonan yang akan dibuat kerupuk ikan. Sedangkan bagian tengahnya dijadikan kerupuk. Karena sekarang makanan ini sudah menjadi makanan khas yang diminati banyak orang, bagian tengah dari adonan yang mau dibuat kerupuk ini ngga cuma ujungnya aja, tapi bagian tengahnya juga. Perbedaan lain dari koncok-koncok dan adonan kerupuk adalah lebih banyak menggunakan ikan.

Karena aku kepo, akupun kemarin sempet tanya sama penjualnya bagaimana cara membuat koncok-koncok ini. Koncok-koncok menggunakan bahan dasar ikan tongkol atau ikan tuna, lalu daging ikan laut dipisah dengan tulangnya, kemudian daging ikan tersebut dihaluskan, setelah halus lalu diberi tepung kanji dan garam secukupnya. Lalu, adonan tersebut diulet sampai ikan dan tepungnya menyatu. Setelah itu campuran tepung dan ikan tadi dibentuk memanjang kemudian dibungkus dengan daun pisang. 

Setelah di bungkus daun pisang, adonan tersebut dikukus selama kurang lebih 2 jam. Biasanya tingkat kematangannya ditandai dengan adonan menjadi lemas, kalo udah gitu bisa langusng digoreng. Ohya, jangan lupa dibuang dulu ya bungkus daun pisangnya. 

Untuk masalah rasa, koncok-koncok ini bercitarasa gurih dan lezat. Rasa ikannya benar-benar terasa. Agar makin nikmat, biasanya makan koncok-koncok ini dengan tambahan saos sambal. Lezat banget pokoknya. Oya, selain lezat, ternyata koncok-koncok ini menyimpan kandungan gizi lho guys. Karena menggunakan bahan dasar ikan laut yang masih segar, koncok-koncok memiliki kandungan protein bagi tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatam ditambah lagi kandungan zat gizinya seperti omega 3, zat besi, vitamin A dan B dan masih banyak lagi. 

Untuk harganya sendiri murah banget lho guys, mulai dari 2.000 aja per potongnya. Atau kalian juga bisa beli satu lonjor dengan harga sekitar 20.000an. Murah banget kan? Dengan harga segitu kita bisa menikmati camilan unik yang lezat dan juga bergizi. Yuk cobain koncok-koncok :)

Video by Tiurma Panjaitan

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY