Mencicipi Original Korean Taste di Bandung. Bikin Pengen Pergi ke Korea!

bornga bandung

tiffany | Sightseeing
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | non_halal
09 Aug 2018


Mencicipi Original Korean Taste di Bandung. Bikin Pengen Pergi ke Korea!
Buat kalian yang suka banget sama makanan Korea atau sesuatu yang berbau Korea-Koreaan gitu, Bornga ini cocok banget buat kalian cicipi makanannya!

Sudah lama sejak trip ke Korea beberapa bulan lalu, aku belum pernah makan makanan Korea lagi dan kali ini sudah ngerasa kangeeennn bangeet! Oiya, buat kalian yang mau baca tentang pengalaman traveling dan kuliner aku waktu di Korea, kalian bisa cek di basecamp aku ya :) 

Berawal dari keisengan di Sabtu Pagi, setelah aku menjelajah Hutan Kota Babakan Siliwangi, aku pun janjian dengan tiga orang temanku yang juga sama-sama suka Korea. Jadi, dengan mereka juga aku kemarin traveling ke Korea. Kami pun janjian untuk makan salah satu restoran Korea yang katanya punya menu dengan rasa original Korea, yaitu Bornga.

Video by nurungji누룽지

Bornga ini berada di Tama Boutique Building Lt 1 & 2, tepatnya di Jalan Doktor Rajiman No 5, Pasar Kaliki, Bandung. Buat kalian yang suka banget sama makanan Korea atau sesuatu yang berbau Korea-Koreaan gitu, tempat ini cocok banget buat kalian cicipi makanannya. Jaraknya sih ngga terlalu jauh ya sama Babakan Siliwangi tempat aku jalan-jalan kemarin, mungkin naik mobil cuma butuh waktu 14 menit aja. Atau kalian juga bisa naik kendaraan umum yang banyak lewat disini, ambil aja yang menuju arah pasar kaliki.

Bisa dibilang Bornga ini sudah lumayan lama ada di Bandung, tapi baru kali ini aku sempet buat nyobain dan tentu saja ini jadi pengalaman pertama aku buat makan disini. Sesampainya disana, ternyata restonya lebih besar dari yang aku bayangkan. Interiornya pun menyerupai istana yang ada di drama Korea. Restonya cukup luas dan ada 2 lantai, lantai bawah digunakan untuk umum, kalo lantai 2 digunakan untuk VIP room. Jadi misalnya kalian mau bikin acara disini, maka lokasinya nanti bisa dilantai 2. Tapi denger-denger sih sewanya lumayan mahal, sekitar 2 jutaan tapi belum termasuk harga makanan.

Saat memasuki Bornga, kita akan disambut pintunya yang semua kaca dan ruangan yang didominasi dengan warna kayu berwarna beech, warna kayu yang terang di beberapa dinding ada lukisan yang keren. Yang menarik perhatian adalah, waktu pertama masuk ada baju tradisional Korea yang tergantung di dinding di tutup oleh kaca kayak pigura gitu. Setiap meja di resto ini diisi dengan panggangan karena menu utama di restoran ini adalah bakaran.

Sedikit cerita nih guys, Bornga ini adalah resto yang didirikan oleh Chef Baek Jong Won / Jong Won Paik yang merupakan salah satu selebriti chef terkenal di Korea. Nah, sekarang franchise nya sudah banyak di negara-negara Asia, salah satunya adalah Indonesia. Kalo kalian sering nonton pasti kenal nih sama selebriti chef yang satu ini.

sumber: http://www.theinvestor.co.kr

Seperti yang sudah aku sebutin tadi, menu utama di resto ini adalah bakaran. Disini juga sudah disediakan side dish berupa sayuran yang banyak di sebuah piring yang panjang. Jadi, fungsinya sayur ini untuk dimakan bersamaan dengan dagingnya. Jadi dibungkus gitu dagingnya, biar tambah enak. 

Oiya, sebelum hidangan disajikan, setiap meja akan diberikan banchan. Banchan adalah makanan pembuka dalam piring kecil, biasanya sih gratis ya. Kalau mau berhemat, ngga usah pesan minuman karena bakal diberikan teh gratis, kalian tinggal pilih aja yang hangat atau dingin.

Untuk makan di restoran ini, saran aku sih mending rame-rame ya. Karena porsinya lumayan besar. Beberapa menu yang aku dan teman-teman cobain adalah Kimchi Jjigae, Samgyeopsal, Mansingchang Samgyeopsal dan Japchae.

Kimchi Jjigae adalah sup pedas yang direbus di panci bersamaan kimchi dan air cabai dari kimchi. Sup ini isinya sayuran, tahu, makanan laut atau daging babi. Sup ini porsinya lumayan besar dan bisa dibuat berempat. Rasanya enak banget guys, buat kalian yang doyan pedes, sup ini wajib dipesen kalo makan disini.

Menu selanjutnya adalah Samgyeopsal yang hanya berisi 2 slice daging tapi harganya juga paling mahal daripada menu yang lain. Rasanya enak banget kalo dibakar, jangan lupa makannya ditambahi selada yang tadi ya.

Lanjut ke menu ketiga yang aku coba adalah Mansingchang Samgyeopsal yang hampir mirip dengan Samgyeopsal hanya bedanya dagingnya berbentuk kotak dan lebih banyak lemaknya. Prosesnya sama sih, dibakar, diberi bumbu lalu dinikmati dengan daun selada.

Dan yang terakhir adalah Japchae yang merupakan Korean sohun yang diberi aneka macam sayuran dan daging. Porsi Japchae ini cukup besar, bisa untuk 4 orang itu pun masih sisa. Untuk rasanya sendiri cukup lezat guys.

Untuk harganya, menurutku sih masih masuk akal karena ada di kisaran 100 - 200 ribu per porsinya. Dimana porsinya itu gede banget bisa untuk rame-rame. Overall, aku suka sih, temen-temen aku pun juga begitu. Resto ini cukup mengobati rasa rindu kita akan makanan Korea. So, kalo main ke Bandung, jangan lupa mampir ke Bornga ya. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 11.30 - 22.00 WIB.

SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.