Penghipnotis lidah ala gerobak manisan kayon pak Tomo

manisan kayon pak tomo

Mazi | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | vegetarian
05 Aug 2018


Penghipnotis lidah ala gerobak manisan kayon pak Tomo
Pernah nggak cuman lihat gambar makanan langsung ngiler dan kebayang rasanya di ujung lidah? hmm kalo cuman bisa lihat tapi nggak bisa dimakan pasti menyiksa kan. Tapi kalo tau lokasi makanan nya pasti beda lagi cerita nya ya kan. Yap, siapkan mata kalian

 

Gerobak Asinan Kayon Pak Tomo

Mungkin untuk penggila makanan asinan atau manisan nama beliau tidak asing lagi di surabaya. Berlokasi di jalan Kayon depan pasar bunga beliau menjajakan kreasi asinan dan manisan khas tangan nya. Racikan nya yang selalu berhasil membuat orang yang pertama kali kesana akan segera kembali lagi. Dengan guyonan dan candaan khas pak Tomo antri untuk membeli dagangan nya jadi terasa singkat, jangan salah walau hanya lapak dengan gerobak motor roda tiga anda harus siap mengantri untuk menikmati manisan pak Tomo.


Kebetulan gambar ini diambil sesaat setelah pak Tomo buka  tetapi sudah seramai ini dan akan membludak saat jam istirahat. Jadi Manisan apa sih yang dijual pak Tomo hingga direkomendasikan oleh penulis? Oke akan saya sebutkan satu persatu menu manisan dan asinan gerobak manisan kayon tersebut.

Mangga Pedas Basah

Walau pun namanya manisan tapi yang satu ini rasanya kecut dan pedas, dan pedasnya itu cukup buat bikin nangis satu jam hehe. Menu ini adalah menu favorit di sini dan bahkan sering ada yang minta tambah kuah nya, saya sendiri ngeliat ini aja rasanya udah pedes apalagi yang makan di siang bolong ya. Harga seperempat nya dijual 20 ribu rupiah dan itu harga rata2 asinan lain nya juga.

Mangga Pedas Kering

Kalo tadi mangga yang basah sudah saya anggap pedes poll apalagi yang ini. saya yang juga suka masakan pedas pun di bikin klenger hanya dengan dua kali gigitan manisan yang nggak ada manis-manisnya ini. Rasanya hanya pedas disekujur lidah semacam ada balsem-balsem nya gitu dan pas turun ke tenggorokan ulala, saya sarankan pada saat menyantap makanan ini jangan sambil bercanda, keselek nya itu bikin kuping merah.



Mangga Manis Basah

Nah yang ini aman untuk perut yang tidak ingin ada efek samping setelah makan manisan nya pak Tomo. Rasanya relatif manis dan kecut, biasanya para pembeli mencampur mangga pedas basah dengan yang tidak pedas untuk mengurangi rasa pedas nya. Selain takaran rasa manis dan kecut yang pas, sensasi saat digigit pun tidak terlalu lembek dan tidak keras hanya saja PAS di gigitan. Renyah buah nya ada dan efek pengasinan nya juga ada.




Asinan Mangga Kering

Untuk yang satu ini kurang favorit, orang2 lebih mencari mangga kering yang pedas dan untuk harga nya juga sama.

 

 

Salak Pedas Basah
Dan yang satu ini juga favorit kedua setelah mangga pedas basah karena rata2 orang yang beli selalu minta dicampur dua buah ini. Rasa salak nya manis dan pedas, lalu tekstur daging salaknya itu loveable banget. enak buat dikunyah lama tapi pedes dimulut kalo kelamaan. Harga 20rb 1/4kg.



Blimbing Pontianak & Blimbing Malang

Cocok untuk yang suka pedas tetapi tidak terlalu membombardir perut karena ada asam nya belimbing. Ini favorit penulis selain dilihat mata rasanya bikin ngiler ternyata waktu dikunyah bikin nggak bisa berhenti. yang membedakan dari keduanya adalah tingkat asam nya yang berbeda. 





Manisan Anggur

Seger dimata ternyata di mulut juga, ada asam nya dan enak buat camilan santai di pagi hari. Warnanya kuning kehijauan dan agak nggak tega buat dimakan karena lucu dan instagramable di foto.



Manisan Mangga Kering

udah kaya permen yupi kan? rasanya manis mangga dan ada sedikit asam nya. Cocok untuk yang ga suka pedas dan asam, karena rasanya kyk permen mangga tapi bisa dikunyah, kurang enak apa coba?



Sayur Asin

Untuk menu yang satu ini saya sendiri pribadi tidak pernah mencoba, maklum lah nggak terlalu doyan sayur. kalo dari penampakan nya rasanya agak ada pedasnya dan asin gurih mungkin ya. Dan selama beli disana jarang ada yang membeli ini, mungkin karena kurangnya kesadaran akan penting nya sayuran di masyrakat kita hehe "ngomong apasih saya".



Nah itulah tadi bermacam-macam manisan dan asinan yang dijual pak Tomo. kalo beli disana jangan lupa untuk minta garam pedasnya, rasanya kurang cocok aja kalo nggak ada garam pedasnya.



Untuk jam Operasional nya pak Tomo sendiri biasanya saya kesana jam 11 dan sudah sedikit ramai tapi kalo kesana pas jam istirahat atau jam 1 siang keatas sudah di pastikan kalo anda harus mengantri.


 Pak Tomo sendiri dikenal dengan orang yang suka bercanda dan tidak jarang suka mengajak berinteraksi pembeli nya dengan guyonan2 khas nya. Dan melihat respon pembeli nya sepertinya sudah terbiasa dengan guyonan Pak Tomo dan rata2 pembeli nya adalah langganan tetap beliau.

Sekian Review tentang foodstreet favorit saya di kota Surabaya, semoga para pembaca terinspirasi dan mulai ngiler melihat foto2 makanan tersebut dan segera mencari bapaknya. Mohon maaf jika ada salah2 dalam penggunaan kata dan Terima kasih semoga bisa menginspirasi satu sama lain.

 

 

 

Opening Hours
10.00 - 16.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY