Super Mantap! Gado-Gado Ter-Legend di Surabaya

kuliner di surabaya

tio | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | vegetarian
27 Jul 2018


Super Mantap! Gado-Gado Ter-Legend di Surabaya
Menu utama yang ditawarkan di warung ini tentu saja gado-gado, tapi selain gado-gado disini kalian juga menikmati Pangsit mie ayam, bakwan, nasi rawon dan nasi ayam!

Siapa sih yang ngga doyan Gado-Gado? Dikenal sebagai Indonesian Salad, makanan khas satu ini memang membuat lidah siapapun yang mencobanya bergoyang. Makanan ini juga meurpakan makanan favorit saya dan saya tidak pernah bosan untuk melahapnya setika saya merasa lapar. Bagaimana tidak, makanan ini banyak mengandung sayur yang menyehatkan, harganya juga terjangkau dan banyak sekali bisa ditemukan dimana-mana.

Di Surabaya, warung gado-gado favorit saya adalah Gado-gado Handayani yang terkenal enak banget dan porsinya lumayan banyak. Maklumlah cowok memang lebih suka makanan yang porsinya lebih besar. Hahaha.. Warung ini berada di Jalan Jolotundo Baru No 20, Pacar Keling, Surabaya. Biar gampang kalian carinya, warung ini berada di daerah belakang kampus Unair A, lewat jalan Pacar Keling dulu, trus belok kanan ke arah jalan Kalasan dan sampailah di Jalan Jolotundo.

Warungnya sih sangat sederhana, tidak terlalu besar dan lokasinya ada didalam semacam komplek atau perumahan yang akses jalannya tidak terlalu besar tapi cukup untuk lalu lalang mobil. Warung ini didominasi warna kuning dan hijau yang segar, dari depan kalian bisa melihat beberapa meja dan kursi yang mungkin cukup hanya untuk beberapa orang. 

Menu utama yang ditawarkan di warung ini tentu saja gado-gado, tapi selain gado-gado disini kalian juga menikmati Pangsit mie ayam, bakwan, nasi rawon dan nasi ayam yang katanya sih juga lumayan enak, tapi saya pribadi belum pernah mencobanya. Favorit saya hanya gado-gado dan miumnya es teler yang juga jadi menu minuman favorit di warung ini. Dan kedua menu tersebut yang selalu saya pesan ketika makan di warung ini.

Penyajiannya menunya tidak terlalu lama, hanya menunggu sekitar tidak hampai 10 menit saja menu gado-gado sudah tersaji didepan meja. Plus es telernya. Hal ini dikarenakan, mereka sudah menyiapkan gado-gadonya sebelumnya dengan memotong-motong lontong dan aneka sayurannya, jadi ketika pengunjung datang, mereka hanya tinggal menyiramnya dengan bumbu kacang yang sudah disiapkan di sebuah panci besar. Gado-gado Handayani ini memiliki komposisi yang hampir sama dengan gado-gado pada umumnya, yaitu tahu, telur rebus, tauge, selada, kubis, kentang dan lontong yang kemudian disirang dengan bumbu kacang yang super mantap. Topping akhirnya diberi kerupuk udang, belinjo dan bawang goreng agar terasa lebih lezat. Lalu, apa yang membedakan gado-gado Handayani dengan gado-gado lainnya? Yaitu porsinya. Seperti yang saya bilang tadi, gado-gado disini memiliki porsi yang super jumbo. Tapi kalo saya sih, bisa menghabiskannya seorang diri.

Gado-gado ini rasanya super mantap. Potongan sayurnya fresh dan banyak. Lontongnya juga banyak banget, jadi bener-bener bikin kenyang. Spesialnya lagi, bumbu kacang dari gado-gado ini banyak banget. Rasanya juga enak dan khas. Beda dengan bumbu gado-gado di tempat lain. Saran aku sih, buat kalian yang makannya dikit, mending satu porsi buat dimakan berdua aja kalo ngga mau nanti pulangnya jalan kekenyangan. Kecuali kalian-kalian yang perut karet seperti saya, sebanyak apapun porsi makanan ini, tetap saja habis.

Sambil makan gado-gado, cobain minum es telernya yang porsinya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit ini. Pas banget lah pokoknya buat mendampingi gado-gado ini. Apalagi waktu suasana kota Surabaya lagi panas-panasnya, es teler ini bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Untuk harganya sendiri cukup masuk akal sih, yaitu per porsi nya sebesar Rp 25.000 dan untuk es telernya Rp 16.000. Pelayanannya juga bisa dibilang oke. Tak heran kalo banyak sekali yang datang untuk menikmati seporsi gado-gado lezat ini. Apalagi saat jam makan siang. 

Pengen Cobain juga? Datang saja ke Gado-Gado Handayani. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.000 sampai pukul 21.00 WIB.

Video by Syauqi Albana

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY