Rawon Balungan Bu Kades: Makanan Khas Surabaya yang Paling Enak

rawon balungan bu kades

stefan | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
20 Jul 2018


Rawon Balungan Bu Kades: Makanan Khas Surabaya yang Paling Enak
Rawon ini cocok banget untuk dinikmati saat sore hari menjelang malam, apalagi saat cuaca yang lumayan dingin!

Weekend kemarin sempet jalan-jalan di sekitaran kota Surabaya dan pengen banget cobain kuliner yang ada di kota ini. Bosen sih sebenernya sama makanan yang itu-itu aja, tapi masih pengen cobain makanan lokal dan akhirnya mutusin buat makan rawon. Karena akhir-akhir ini Surabaya terasa dingin, gue pun pergi ke salah satu rumah makan rawon yang lagi hits di Surabaya yaitu Rawon Balungan Bu Kades. 

Warung rawon ini berada di Jalan Raya Jemursari No 154, Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Gampang banget sih guys kalo mau cari warung ini karena lokasinya pas ada di pinggir jalan. Kalian bisa naik transportasi umum, ojek ataupun kendaraan pribadi untuk menuju ke warung ini. Gue kemarin sih motoran bareng adek gue yang kebetulan juga pengen nyobain rawon yang terkenal enak ini. Rawon ini cocok banget untuk dinikmati saat sore hari menjelang malam, apalagi saat cuaca yang lumayan dingin seperti ini. 


Menu utama di warung ini tentu saja rawon, tapi buat kalian yang ngga doyan rawon juga bisa pesen menu lain seperti nasi pecel. Kalo gue sih, mumpung mampir ke warung rawon yaa cobain aja menu rawonnya sekalian. Gue pesen rawon balungan campur daging plus nasi dan telur asin 2 porsi buat gue dan adek gue. Ohya, harga menu yang gue pesen ini 33 ribu per porsinya karena nasi dan kuah rawonnya dipisah. Tapi, kalo kalian mau nasi dan kuah rawonnya dicampur, maka harganya kena 30 ribu. Ngga ngerti juga sih gue kenapa kalo dipisah harganya jadi lebih mahal.

 
Ngga butuh nunggu lama, rawon pesenan gue pun langsung tersedia. Dari jauh gue udah bisa mencium kuah rawonnya yang super wangi. Bikin rawon sih ngga terlalu susah kata pemiliknya, bumbu-bumbunya standart, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, sangrai, kunyit, jahe, kemiri, merica, cabe merah, daun bawang, kunir, lengkuas, serai, kluwek dan daun jeruk. Bumbu-bumbu tersebut di dihaluskan dan ditumis hingga mengeluarkan bau harum. Pantes aja dari jauh udah kecium ya.

Penyajian rawon ini diberi irisan daun bawang dan tauge. Kalo gue sih biar makin komplit gue tambahin telur asin dan kerupuk khas yang super gurih. Rasanya? Enak banget. Apalagi ketambahan sama tulang daging sapi yang enak ini. Tekstur dagingnya lembut dan ngga alot jadi gampang banget dikunyah. Kuahnya pun super gurih dan warnanya hitam pekat, kayak ada yang beda dibanding sama kuah rawon-rawon lainnya.


Rawon memang selalu identik dengan kluwek, buat kalian yang khawatir akan kolesterol kalo mengkonsumsi rawon balungan ini, ngga usah khawatir karena bumbu yang digunakan mengandung senyawa hipplipdemik dan hipotensip yang bisa berfungsi pengendalian lemak dan tekanan darah. Terlebih rawon ini menggunakan bahan utama tulang daging sapi dan dijamin sehat dan aman karena kolesterol tetap terjaga.

Untuk menu minumannya ada banyak banget macemnya, tapi juga standard kayak teh botol, es jeruk, es teh, kopi dan air mineral. Ohya, gue kemarin juga pesen Rujak serut buat camilannya. Jadi pas abis makan rawon anget-anget dan minum air mineral, gue makan rujak serut yang rasanya juga ngga kalah super. 
 
Rujak serut ini terdiri dari beragam buah-buahan seperti timun, mangga, nanas dan bengkoang yang di parut tipis dan diberi bumbu rujak. Rasanya asam, tapi juga manis dan pedes. Enak sih pokoknya. Lumayan buat pencuci mulut setelah makan daging yang super banyak. Harga rujak serut ini hanya 10 ribu aja.


Yuk ke Surabaya dan cobain rawon balungan bu Kades ini.

Video by Budiono Sukses


Opening Hours
Setiap hari mulai jam 08.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY