Jajan Enak di Sidoarjo? Cobain Lontong Kupang Pak Misari

kuliner di sidoarjo

saqr | Sightseeing
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia | halal
17 Jul 2018


Jajan Enak di Sidoarjo? Cobain Lontong Kupang Pak Misari
Lontong Kupang yang paling terkenal adalah Lontong Kupang Pak Misari, Lontong kupang ini biasa disajikan dengan sebuah lentho yang terbuat dari singkong serut yang digoreng dan dibentuk bulat!

Jalan-jalan ke Sidoarjo? Jangan lupa cobain kuliner wajibnya, yaitu Lontong Kupang. Lontong Kupang sebenernya banyak sekali bisa ditemui tak hanya di Sidoarjo, tapi juga di Surabaya, Gresik dan Pasuruan. Tapi karena pas aku lagi ada di Sidoarjo, Lontong Kupang yang paling terkenal adalah Lontong Kupang Pak Misari yang terletak di Jalan Mojopahit no 62, Sidoarjo. Ngga susah kok buat cari lokasinya karena berada di samping toko kerupuk Mojopahit dan tak jauh dari RSUD Sidoarjo dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.                                                                                                                    
Warung lontong kupang Pak Misari ini buka setiap hari mulai pukul 9.30 sampai habis dan baiknya saran dari aku sih sebelum dateng telpon bapaknya dulu buat tanya apa masih ada. Tapi biasanya sih warung ini hanya buka sampai jam 14.30, so kalian datang aja sebelum jangan terllau siang biar ngga kehabisan.
 
Sekilas info nih, buat kalian yang mungkin ngga familiar sama makanan ini, aku jelasin dikit yaa. Jadi, lontong kupang itu adalah menu kuliner khas Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan Gresik yang termasuk dalam kategori makanan laut atau seafood dengan bahan utama adalah hewan kupang dan potongan lontong. Kupang adalah sejenis tiram kecil yang banyak ditemui di pesisir pantai.
 
 
Saat ini, lonton kupang termasuk kuliner langka karena jumlah pedagangnya sudah tidak sebanyak dulu. Dari sekian banyak pedagang lontong kupang yang bertahan, Lontong Kupang Pak Misari adalah salah satu penjual yang legendaris dan cukup terkenal di Kota Sidoarjo dan Surabaya. 
 
Sebenarnya, warung Pak Misari ini ngga terlalu besar. Ukuran ruang makannya mungkin sebesar 3x4 meter dan dapat menampung sekitar 20 orang. Warung ini berwarna kuning dan cukup ramai dikerumuni pengunjung yang rela mengantri demi memakan lezatnya Lontong Kupang ini. Aku pun segera memesan Lontong Kupang dan Pak Misari segera melayani dengan cepat. 


 
Cara mengolah lontong kupang ini adalah dengan menggerus bawang putih dan cabe lalu ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti bawang goreng yang dihaluskan, gula pasir, petis, perasan jeruk nipis dan diberi potongan lontong baru kemudian disiram dengan kuah kupang. Lontong kupang ini biasa disajikan dengan sebuah lentho yang terbuat dari singkong serut yang digoreng dan dibentuk seperti bola-bola kecil dan diremas. Untuk ukuran pedasnya juga bisa menyesuaikan ya, misalnya kalian ngga terlalu suka pedes, kalian bisa request untuk tidak menambahkan banyak cabe.

 
Setelah Lontong Kupang pesenanku disajikan, aku pun langsung memakannya dan rasanya enak banget. Meskipun awalnya agak aneh, namun segar dan tidak amis meskipun berbahan dasar dari olahan seafood. Ohya, agar semakin nikmat saat menyantap lontong kupang ini, baiknya ditambah dengan sate kerang yang tersedia diatas meja. Sedangkan untuk penawar rasa pedasnya, aku pesen es kelapa muda yang dingin dan seger banget. 


 
Harga untuk seporsi lontong kupang adalah Rp 8000 dan untuk sate kerangnya dijual dengan harga Rp 4000 untuk 10 tusuk. Murah banget kan ya? 
 
Lontong Kupang ini merupakan makanan yang ngga tahan lama guys, jadi saranku mending kalian langsung nikmati makanan itu disana soalnya kalo udah dibungkus, rasanya ngga terlalu enak. Ohya, warung ini biasanya antri banget pas jam makan siang, jadi aku saranin kalian buat dateng jangan pas jam makan siang, jadi agak pagian dan jangan terlalu siang karena biasanya selepas jam makan siang, makanan ini sudah habis.
 
Jadi kapan nih mau nyobain Lontong Kupang di Sidoarjo?


Video by BBSTV Surabaya
 
Opening Hours
Buka setiap hari mulai pukul 9.30 - Habis No Telpon: 08123520996
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY