Bakso Paling Aneh! Kuahnya Kayak Comberan

kuliner di depok

Farah | Sightseeing
Depok, Jawa Barat, Indonesia | halal
13 Jul 2018


Bakso Paling Aneh! Kuahnya Kayak Comberan
Jangan dilihat dari namanya aja. You guys should taste it!

Hai guys, kali ini gue ngga mau ngereview kuliner Singapura, tapi kuliner lokal kita sendiri. Awalnya, ini pas gue main ke rumah sepupu gue yang lagi kuliah di UI Depok dan sore itu gue pengen banget nyemil makanan yang enak dan belom pernah gue cobain. Alhasil, sepupu gue nyaranin buat makan Bakso Comberan. Iya guys, beneran, comberan namanya!

Warung bakso ini berada di daerah Depok, tepatnya di perempatan Jalan Ridwan Rais dengan Jalan Walet dan Jalan Lengkeng pas di depan pintu masuk UI, deket banget sama Politeknik Negeri Jakarta. Sebenernya warung ini ngga ada namanya, tapi masayarakat sekitar sudah mengenal nama pemilik warung bakso ini yaitu Pak Bewok sehingga disebutlah warung ini sebagai warung bakso Pak Bewok.

Gue kasih panduannya dikit nih, kalo kalian datang dari dalam UI, masuk ke Poltek Negeri Jakarta, trus keluar lewat pintu belakang Poltek Negeri Jakarta, lurus aja kira-kira 100 meter, nah warungnya ada disebelah kiri jalan. Atau, kalo kalian dateng dari arah Jalan Margonda, terus aja sampe pertigaan lampu merah Jalan Arif Rahman Hakim, belok kanan naik flyover Arif Rahman Hakim. Abis turun flyover, belok kiri masuk Jalan Ridwan Rais trus lurus aja ke arah pintu belakang Poltek Negeri Jakarta dan warungnya ada di kanan jalan.

Warung bakso ini tergolong sederhana, guys. Dindingnya aja masih kayu, lantainya juga masih tanah, tapi jangan salah, pengunjungnya banyak banget. Gue bisa liat orang-orang yang dateng lagi asyik ngegerogoti tulang ayam. Fix gue makin ngiler!

Warung bakso Pak Bewok ini ternyata udah ada dari tahun 1995 lho guys dan memiliki keunikan tersendiri. Beda sama bakso pada umumnya, bakso Pak Bewok ini memiliki kuah yang berwarna cokelat kehitaman mirip comberan. Pantes saja banyak orang yang nyebut bakso ini bakso comberan. Meskipun sudah beropeasi sejak tahun 1995, tapi baru pada tahun 2000 yang lalu ia menggunakan kluek sebagai kuahnya. Pantas saja, kuah bakso ini berwarna cokelat kehitaman. 

Selain disebut sebagai bakso comberan, bakso ini juga disebut sebagai bakso sampah. Pasalnya, penampakan bakso ini terlihat kotor dan penuh dengan tulang belulang ayam. Isiannya pun beragam, mulai dari tulang ayam, kerongkongan, ceker, sayap hingga kepala ayam. Seporsi bakso ini berisi mie, bakso dan tulang ayam lalu dilengkapi dengan bawang goreng dan irisan seledri. Bikin rasanya makin nikmat.

Ohya, kalo makan bakso ini, mangkoknya dikasih dua, jadi mangkok satunya untuk tempat bakso dan satunya lagi untuk sisa tulang ayam. Dan lebih istimewanya lagi, air mineral di warung bakso ini gratis lho guys. Beda banget sama warung bakso lainnya yang harus membayar air mineralnya. Warung ini cocok banget lho sama mahasiswa karena harganya juga cukup terjangkau, seporsi bakso comberan ini harganya hanya Rp 15.000 aja. 

Trus nih yaa, untuk rasanya tuh unik bangett! Gue belom pernah makan bakso kayak gini sebelumnya. Apalagi pas ngerasain kuahnya yang item mirip air comberan ini. Unik banget, kayak perpaduan bakso dan rawon. Ditambah tulang belulang ayamnya yang super mantap. Asli bikin pengen nambah. Hahaha..

Gue ga bisa jelasin lagi deh gimana enaknya rasa bakso comberan ini. Kalian yang ada di Depok dan sekitarnya, harus wajib banget kudu coba kuliner satu ini. Rasakan sendiri gimana nikmat dan uniknya bakso comberan ini, dijamin ngga nyesel. 

Video by Evan Media

Opening Hours
09.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY