Makanan teraneh! Rujak Campur Kuah Soto?

rujak soto

meliana | Sightseeing
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | halal
10 Jul 2018


Makanan teraneh! Rujak Campur Kuah Soto?
kuliner enak dan antimainstream, salah satunya adalah Rujak Soto. Kedengerannya sih aneh yaa, karena Rujak Soto merupakan dua makanan yang berbeda dan dicampur jadi satu. Kepo sama rasanya?

Masih seputar Banyuwangi nih guys. Karena pas lebaran kemaren gue balik ke kampung halaman di Banyuwangi dan lumayan lama ada disana, nah gue puas-puasin tuh buat jalan-jalan. Gue udah share kemarinnya kemana aja gue pergi. Banyak wisata yang gue kunjungi, antara lain yang udah gue share adalah Pantai Sukamade, Pantai Wedi Ireng, Savanah Sadengan dan Bukit Gumitir. Untuk wisata lainnya, next gue share lagi kalo ada waktu. Sekarang gue mau share tentang kulinernya aja dulu. Jadi biar kalian tahu, selain wisatanya yang keren-keren, Banyuwangi juga punya kuliner enak dan antimainstream, salah satunya adalah Rujak Soto.

Kedengerannya sih aneh yaa, karena Rujak Soto merupakan dua makanan yang berbeda dan dicampur jadi satu. Tapi, percayalah guys, makanan ini rasanya enak banget. Bisa dibilang Rujak Soto ini merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi, which is kalian hanya bisa dapetin ini di Banyuwangi. Sebenernya gue pernah tau ada makanan serupa di Surabaya, cuma rasanya beda jauh sih. Next, gue bikinin reviewnya juga yaa yang di Surabaya. Hehehe..

Di Banyuwangi itu ada banyak banget penjual Rujak Soto, tapi yang paling rekomended adalah Pondok Rujak Soto. Pondok Rujak Soto terletak di Jalan Basuki Rahmat no 143, Karangagung, Banyuwangi. Warung ini terkenal sudah melegenda dan sekarang udah dikelola oleh generasi ketiga. Warung ini ngga jauh-jauh banget kok dari rumah orang tua gue di Banyuwangi, gue cukup motoran 10 menit aja udah sampe. Lokasinya strategis banget guys karena ada di dalam kecamatan kota dan terletak di jalan nasional, jadi sering banget dilewati banyak kendaraan. 

Pas udah sampe sana, warungnya rame banget guys, padahal bukan jam makan siang. Tapi yaudahlah, rela antri demi makan Rujak Soto Legendaris ini. Menu yang ditawarkan banyak banget varian rujak soto, antara lain rujak soto daging sapi, rujak soto jeroan, rujak soto ayam dan rujak soto cingur. Selain itu, mereka juga menyajikan rujak gobet, rujak cemplung dan rujak buah. Ohya, buat kalian yang ngga doyan rujak dan harus kesini buat nemenin keluarga atau kerabat, kalian bisa pesen menu lainnya seperti lalapan, nasi soto, nasi pecel, nasi rawon dan nasi campur. Sambil nungguin, gue liat-liat warungnya dan ternyata ada banyak foto-foto artis yang udah pernah makan disini.

Di Jawa Timur, rujak merupakan campuran sayur mayur dengan bumbu kacang dan petis. Bumbu kacang dicampur dengan garam, gula merah, asam dan juga pisang muda atau sering disebut pisang klutuk. Setelah bumbu siap, tinggal dicampur dengan campuran sayur yang sudah direbus seperti kangkung, kacang panjang, kubis dan potongan tahu tempe. Setelah selesai, rujak tersebut diwadahi mangkok dan disiram dengan kuah soto yang udah gue pilih tadi, yaitu kuah babat. Kalo kalian suka daging, kalian juga bisa pilih yang kuah daging. Untuk melengkapinya, gue ngga lupa buat nambahin bawang goreng, telur asin dan krupuk biar makin lezat. 

Pas gue makan, rasa yang paling berasa banget ini adalah rasa rujaknya dan kuah soto hanya tambahan saja. Dan rasanya enakkk banget! Kuah sotonya itu berasa beda banget sama kuah soto yang biasa dijual di warung-warung lain. Kayaknya sih, pemilik warungnya udah menyesuaikan kuah sotonya biar pas kalo dicampur sama rujak. Harga seporsi Rujak Soto ini Rp 25.000 saja guys. Murah banget lah! Ohya, buat minumannya, warung ini menawarkan beragam jus buah yang segar dan enak.

Gimana? Tertarik buat nyobain makanan anti-mainstream ini? Yuk lah main ke Banyuwangi.

Video by Official NET News

Opening Hours
Buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.