Mazi
Mazi | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | vegetarian
1.5 K3

Legend, Semanggi Suroboyo

semanggi suroboyo

Semanggi memang termasuk jajanan tradisional Kota Surabaya. Tapi jangan hawatir, ditengah kelangkaan Semanggi kalian masih bisa menemukan semanggi di daerah Taman Bungkul loh!
Post Content

Yayy !! It's time to culinary.

Jadi siapa nih yang belum tau ijonya Semanggi? Bagi masyarakat Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan satu ini. Segernya sayur-sayuran ditambah kucuran bumbu yang udah pedes, manis, ada kacang kacangnya pula. Uhh so yummy ...

Buat kalian yang penasaran sama Semanggi, oke. Saat ini Semanggi sudah semakin sulit di jumpai. Pasalnya Semanggi memang termasuk jajanan tradisional Kota Surabaya. Tapi jangan hawatir, ditengah kelangkaan Semanggi kalian masih bisa menemukan semanggi di daerah Taman Bungkul, Darmo. Penjual semanggi biasanya berpenampilan khas; ibu-ibu dengan busana tradisional dan suara yang melengking meneriakkan Semanggi.

Semanggi sendiri berasal dari daun semanggi yang telah dipetik, dibersihkan, lalu direndam air panas selama beberapa saat. Ditambah dengan kucuran bumbu kental yang merupakan perpaduan dari ketela, kacang tanah dan gula merah. Cara penyajiannya pun cukup unik dengan menggunakan daun pisang yang dipincuk. Untuk memakan semanggi biasanya dilengkapi dengan krupuk puli yang terbuat dari beras.

Jika dilihat sekilas, Semanggi memang mirip dengan pecel sayur atau pecel madiun. Tapi jangan salah, cita rasanya tentu berbeda dari pecel sayur ataupun pecel madiun. Biasanya pecel akan menciptakan sensasi pedas ketika dikecap. Meski ada rasa pedas, namun perpaduan daun semanggi dan bumbunya yang kecoklatan justru menciptakan rasa manis dan sensasi kental dari ketela rambat. Apalagi jika dibaur dengan gurihnya krupuk puli. Uhh.. Nikmat.

Untuk mencicipi sajian ini pun cukup murah. Hanya perlu merogoh kocek sekitar 5.000 - 10.000 rupiah saja.

Gimana? Mau coba? 

Opening Hours
Penjual semanggi biasanya dapat dijumpai antara pukul 08.00-15.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data