Dempok-Wisata Kulineran Sambil Resfreshing

kuliner di malang

Ifaafifah | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
25 Jun 2018


Dempok-Wisata Kulineran Sambil Resfreshing
Bosen dengan ramainya Kota Malang?? Refreshing dulu yuk ke selatan Malang. Selatan Malang gak melulu pantai ya. Ada wisata tersembunyi di Pagak, Gampingan, Kepanjen. Namanya Dempok. Danau yang di pinggirannya banyak warung yang menyediakan berbagai olahan

Menuju kesini kita bisa lewat Pakisaji kalau dari arah Malang. Masuk ke jalur Kepanjen. Ikuti jalan ke Bendungan Sengguruh. Sampai di pasar Pagak masih lurus, sampai ada pertigaan, belok kanan. Jalan termasuk mulus walau masuk desa. Lurus lagi sampai mentok, dan sampailah kita disini.

Parkiran untuk mobil luas. Banyak warung berjejeran disini, dan banyak gazebo yang disediakan untuk menikmati sejuknya angin semilir. Suasana rindang sekali karena warung nya ada di bawah pohon-pohon besar. Oiya, masuk kesini gratis ya, hanya membayar parkir saja.

Beginilah penampakan danau nya. Danau nya luas dan terdapat banyak ikan air tawar. Nelayan disini memanfaatkannya untuk mata pencaharian.

Di pinggir danau berjejer ibu-ibu yang menjajakan tangkapannya. Terlihat ikan nya masih segar. Sebagian besar ikan mujaer, terkadang juga ada lobster. Rata-rata dijual dengan harga Rp 25.000-Rp 50.000 satu janjang, jika yang ukuran besar Rp 70.000 satu janjang (kira-kira 3 kg). Harga tersebut boleh ditawar ya guys, jadi gak perlu khawatir kemahalan. Uniknya, jika kita membeli di ibu-ibu ini, bisa langsung dimasakkan di salah satu warung, dan ongkosnya hanya Rp 10.000. Murah banget ya!

Berhubung kami sudah lapar dan gak bisa nawar, akhirnya langsung aja deh ke warung hihi. Namanya warung mbak dinda. Disini jual berbagai olahan ikan air tawar (bakar, goreng). Ada mujaer, lobster, ikan patin, ikan kutuk, wader, udang dll. Ada juga lalapan terong, tempe, tahu, dan sayuran pedas. Tidak ada harga yang tertera, kami hanya disuruh memilih menu saja tanpa tahu harga.

Daripada lelah menunggu lama, wefie dulu bolehlah yalaughing Mengolah masakannya lumayan lama, sekitar 30-50 menit. Bisa juga karena yang kami pesan banyak.

Akhirnya...mendarat juga pesanan kami. Ada Nasi satu wakul besar lengkap dengan piring yang terbuat dari rotan dilapisi kertas minyak. Ada mujaer bakar, wader goreng, udang sungai goreng, lalapan terong, sambal, dan urap-urap. Harga semuanya Rp 170.000, MURAH BANGET!! itu sudah termasuk yang dibungkus (mujaer bakar 2 dan wader goreng).

Nasi se-ember ini cukup kalo buat 5-7 porsi, kalo buat kami yang ber-4 ini termasuk kebanyakan. Untuk urap-urap, enak! bumbunya terasa. Wader gorengnya kriuk-kriuk karena berukuran kecil dan di goreng lama. Sambel nya enak sih, tapi kurang pedas menurutku.

Mujaer bakarnya gede-gede ya gengss, dan bumbu bakarnya meresap. Mantap ini rasanya.

Kalo udang sungai nya ini kriuk-kriuk juga, enak kok. Tapi kalau gak tawar, ya alergi seperti saya.

Sebelum pulang, nikmatin keindahan danau dulu sambil cekrek-cekrek donglaughing

Overall, berwisata disini mengasyikkan! Selain kuliner murah,memancing, kita juga bisa refreshing dengan mengelilingi danau ini, naik perahu seharga Rp 5000. Sayangnya, waktu itu hari sudah sore, jadi sudah tidak ada yang menawarkan jasa perahu keliling.

Kalo kesini saya sarankan datang pagi-pagi karena stok berbagai ikan masih banyak dan bisa berkeliling danau.

Opening Hours
Pukul 07.00-18.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY