Nikmatnya Nasi Kikil Bu Tandur yang bikin Nagih

nasi kikil bu tandur

albertak | Sightseeing
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
22 Jun 2018


Nikmatnya Nasi Kikil Bu Tandur yang bikin Nagih
Kulineran di Jombang kuy!

Hello guys, jadi kemana aja nih libur lebaran kemarin? Kalo saya sih ngga kemana-kemana guys, cuma kemaren sempet berkunjung ke rumah salah satu sodara yang ada di Kota Jombang. Nah, pas abis pulang dari sana, saya nemu salah satu warung makan yang terkenal menyajikan menu makanan Nasi Kikil yang super lezat yaitu Nasi Kikil Bu Tandur.

Warung ini berada di Jalan KH Hasyim Asy'ari no 144 dan bisa ditempuh hanya sekitar 5 menit dari alun-alun kota Jombang. Warung Nasi Kikil Bu Tandur ini memiliki ciri khas cat berwarna kuning, jadi ngga susah buat carinya. Warungnya sederhana dan ngga terlalu luas, namun cukup buat nampung banyak orang. Meskipun begitu, waktu saya bertandang kesana, warung ini ternyata tidak pernah sepi pengunjung lho guys. Kelihatan banget kalo Warung Bu Tandur ini cukup digemari oleh warga setempat. Kalian kudu sabar mengantri ya kalo rame hehe. Jangan khawatir, lelahnya mengantri bakal terbayar sama lezatnya kikil Bu Tandur ini kok gais. 

nasi kikil bu tandur

Saat memasuki warungnya, kalian akan melihat panci besar berisikan sayur lodeh kikil terpampang diatas meja panjang lengkap dengan beragam lauk di sampingnya. Ada potongan babat, lidah, paru, jantung dan lain sebagainya. Pengunjung pun diperbolehkan untuk memilih lauk mereka sendiri. Ohya, warung ini tidak menyajikan menu makanan lain selain Nasi Kikil ya guys, so jangan harap kalian bisa nemuin menu lainnya. Tapi dijamin deh kalo kalian udah ngerasain kikilnya mah, kalian pasti pengen balik lagi hihi. 

nasi kikil bu tandur

nasi kikil bu tandur

Ngga butuh waktu lama buat mereka untuk menyajikan pesenan saya. Nasi Kikil ini disajikan diatas pincuk daun pisang dan ditaruh diatas mangkok. Seporsinya terdiri dari Nasi yang diguyur sayur lodeh kikil dan tambah dengan lauk goreng sesuai selera. Saya kemarin memilih lauk paru dan hati, lalu menambahkan sambal dan kerupuk. Rasanya pun diluar dugaan saya, enak banget! Rasanya gurih dan lauknya ngga alot. Kikilnya empuk dan bersih. Awalnya saya kira ini akan seperti lontong lodeh pada umumnya, ternyata lebih enak guys. Cobain deh kalo penasaran hehe.

nasi kikil bu tandur

nasi kikil bu tandur

Anyway, warung ini ternyata telah beroperasi selama kurang lebih 30 tahunan guys dan setiap harinya menghabiskan 20 kg beras dan 30 kg daging!! Resep Nasi kikilnya pun sudah turun temurun dan rasanya tetap terjaga. Ngga heran kalo banyak warga setempat yang doyan banget makanan ini soalnya rasanya yang autentik. Untuk harganya pun terbilang cukup terjangkau, seporsi nasi kikil plus lauk dihargai dengan 30 ribu saja. Murah banget kan?

Kalau kalian tanya sama orang Jombang, mereka pasti udah pada tau sama kuliner Kikil Bu Tandur yang satu ini ya. Jangan salah guys, awalnya saya juga megira kalau di Jombang gak ada kuliner selezat ini dan ternyata tebakan saya salah haha. Mantab banget kikil yang satu ini!

Video by Budiono Sukses

So, buat kalian yang pengen cicipi lezatnya Nasi Kikil Bu Tandur ini, yuk datang ke Jombang. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 6 sore hingga 12 malam. Nasi kikilnya dijamin bikin nagih!!
Berhubung Nasi Kikil Bu Tandur juga deket sama makam Gus Dur, kalian juga bisa berwisata religi di kawasan Makam Gus Dur lho. Kalian juga bisa menemui berbagai oleh-oleh khas Jombang di sekitar kawasan ini. Tapi siap-siap rame ya kalau kesini hehe. 

Opening Hours
18.00 - 00.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY