Ngopi Serius di Solo!

cafe di solo

renitanaka | Sightseeing
Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia | halal
16 Jun 2018


Ngopi Serius di Solo!
Ngopi serius? maen ke Solo yuk!

Mudik ke Solo belum lengkap kalo ngga sekalian mencicipi kuliner khasnya. Kali ini, saya akan mencicipi kopi tradisional di salah satu kedai kopi yang bernama “Ngopi Serius”. Kebanyakan kedai kopi di Solo biasanya menyajikan kopi sachet, namun kedai kopi ini membuat kopinya dengan cara manual brew. Mungkin ini yang menjadi alasan kenapa kedai ini diberi nama “Ngopi Serius”.

Karena udah penasraan banget dari lama dan baru kali ini terealisasikan, udah nggak sabar banget pengen nyobain kopi di kedai yang satu ini. 

Video by Mufid Islam

Kedai Ngopi serius berlokasi di Jalan Melati No 7, Kota Surakarta. Lokasinya ngga susah buat dikuti karena ngga jauh dari daerah Slamet Riadi. Kalo kalian dari arah Kartosuro, setelah Purwosari, di sebelah kiri jalan akan ada Rumah Sakit Kasih Ibu. Kalian hanya perlu masuk gang di sebelah Indomaret sebelah rumah sakit tersebut. Kurang lebih 100 meter, di kiri jalan bisa kalian temukan plang “Ngopi Serius Kopi Nusantara”. Cukup mudah dicari bukan?

Sekilas, bangunan kedai kopi ini bernuansa klasik. Perabotannya pun klasik, seperti meja, kursi dan temboknya terbuat dari kerajinan kayu. Aneka pajangan yang dipasang di dalam ruangannya pun seolah menunjukkan kepada pengunjung tentang aneka ragam jenis kopi nusantara. Beberapa diantaranya ada lukisan tarian nusantara. Wajib diabadikan kalo udah kayak gini guys!

Untuk menunya, kedai ini menyajikan sekitar 40 jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Selain kopi, kalian juga bisa pesan makanan ringan seperti kentang goreng dan pisang goreng. Sebagian besar kopi yang ditawarkan di kedai ini adalah kopi Arabika, dimana varian kopi ini memang sangat disukai oleh kebanyakan pecinta kopi. Kopi Arabika memiliki tekstur yang lembut dan rasanya cenderung manis daripada jenis robusta. Nah kalau kalian, suka yang mana?

Soal harga, segelas kopi disini cukup terjangkau lho. Harga segelas kopi mulai dari 12 ribu saja. Yang bikin unik dari kedai ini adalah, menu kopinya menggunakan kombinasi nama-nama daerah asal biji kopi, jenis dan karakter kopinya. Misalnya saja seperti Sunda Geulis, Sunda Hejo, Longberry, Sunda Puntang TypicaCelebes Latimojong, Gayo Kenawat dan masih banyak lagi. Sampe gak hafal deh kalo nyebutin satu satu. 

Ohya, Ngopi Serius ini menyajikan kopinya tanpa gula karena untuk menjaga kualitas rasa kopinya tetap asli. Tapi, kalo kalian pengen ditambah gula, bisa langsung minta ke pelayannya. Selain menyediakan menu ngopi siap saji, kedai ini juga menjual kopi yang bisa dibawa pulang. Baik dalam bentuk roasted bean, kopi blend maupun cold brew. Emang super lengkap dan the real kedai kopi ya yang kayak gini ini hahaha. 

Saya sempat mencicipi Kopi jenis Arabica Gayo Kupas Kismis yang sangat enak dan wanginya khas. Disini juga kita bisa memilih kopi dengan atau tanpa ampas. Kalo saya sih kemarin memilih yang tanpa ampas ya. Selain ngopi disana, saya pun tak lupa untuk membeli sebungkus kopi blend bubuk untuk dibawa pulang. Lumayan selain buat oleh-oleh, bisa diseduh dirumah xixixi.

Tertarik untuk serius ngopi Bersama teman-teman? Datang saja ke kedai Ngopi Serius pada pukul 16.00 hingga 24.00. Barista yang ramah dan cekatan akan siap menyajikan secangkir kopi nusantara untuk kalian.

Pecinta kopi, boleh dong kapan kapan traveling ke Solo cuma buat nyicipin nongkrong di Ngopi Serius ini. Dijamin kalian dan temen-temen ngopi kalian bakal srek dan pengen balik lagi hahaha. Banyaknya varian kopi disini emang selalu memanjakan kami para pecinta kopi!

Opening Hours
4 sore - 12 malam
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY