Lezatnya Mie Ongklok Longkrang yang Legendaris

mie ongklok

icha123 | Sightseeing
Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
14 Jun 2018


Lezatnya Mie Ongklok Longkrang yang Legendaris
Banyak sekali penjual mie ongklok di Wonosobo dan yang paling rekomended adalah Mie Ongklok Longkrang...

Jalan-jalan ke wisata Dieng, wajib banget buat cobain makanan khasnya, yaitu Mie Ongklok. Banyak sekali penjual mie ongklok di Wonosobo dan yang paling rekomended adalah Mie Ongklok Longkrang. Mie Ongklok Longkrang yang berlokasi di Jl Pasukan Ronggolawe No 14, Longkrang, Wonosobo, ini tak pernah sepi dari pengunjung. Kudu sabar ya kalian kalau misal kesini dan pas lagi antri. 

Udara Wonosobo yang dingin memang pas banget untuk menikmati semangkok mie hangat di warung ini. Konon, warung ini telah berdiri sejak tahun 1975 dan terkenal sampai luar negeri. Resep yang digunakan pun asli turun temurun dari nenek moyang nya terdahulu. Tak heran, banyak sekali turis mancanegara, selebritis hingga pejabat yang suka makan di warung mie ongklok ini. Penasraan? Langsung mampir dan cobain aja guys. 

Lokasinya gampang banget dicapai. Kalo kita menuruni jalan dari Dieng ke Wonosobo, ikuti saja jalan lurus sampai nanti menemukan lampu merah perempatan dimana kita ngga boleh lurus. Lalu, belok kiri dan ngga jauh dari situ disebelah kanan jalan ada warung kecil dengan tulisan Mie Ongklok Longkrang. Atau kalo kalian dari arah Alun-alun Wonosobo, menuju warung ini hanya membutuhkan 10 menit saja dengan berjalan kaki. Deket banget kan?

Mungkin ada sebagian yang belum tahu apa sebenarnya Mie Ongklok itu, Mie Ongklok adalah mie rebus khas Wonosobo yang dibuat dengan racikan khusus menggunakan kol, potongan daun kucai dan kuah kental berkanji yang disebut loh. Ongklok merupakan keranjang kecil dari anyaman bamboo yang dipakai untuk membantu perebusan mie. Penggunaan alat tersebut yang membuat makanan ini diberi nama Mie Ongklok.

Sebenarnya, kuliner ini ngga jauh beda dengan lainnya. Bahan utamanya berupa mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air yang mendidih. Uniknya, kuah dari mie ini tidak encer melainkan menyerupai caramel yang ternyata terbuat dari tepung tapioca yang kenyal dengan bumbu khas. Masalah rasa, makanan ini terasa manis asin dan gurih yang bercampur menjadi satu. Akan lebih lengkap bila dinikmati bersama sate daging sapi dan tempe mendoan. Perpaduan yang mantap banget emang. 

mie ongklok

Mie Ongklok memang disukai banyak orang. Ngga Cuma anak muda, tapi juga orang tua bahkan anak kecil juga banyak yang ketagihan dengan Mie Ongklok ini. Untuk masalah harga, ngga usah khawatir bakal mahal banget. 1 porsi Mie Ongklok ini harganya Rp 5000 saja dan untuk sate dagingnya harganya Rp 15.000 per 10 tusuk. Murah banget kan ya? Apalagi menikmatinya ditengah dinginnya kota Wonosobo. Jadi bikin anget dan kenyang perut. Kalian wajib coba kalau lagi di Wonosobo nih. 

Ohya, aku saranin kalo kalian pengen nyobain mie ini, jangan datang terlalu siang yaa karena walaupun warung ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 19.00, tapi kalo hari libur jam 2 aja udah abis lho guys. Jadi, pastiin kalian bisa datang lebih cepat agar bisa mencicipi lezatnya kuliner khas Wonosobo ini. Sayang banget kan kalau dateng sore terus kehabisan hihihi. 

mie ongklok

Video by Indonesia Morning Show NET

Yuk, ajakin keluarga atau temen buat nyobain lezatnya mie khas Wonosobo yang satu ini! Tempatnya yang nyaman juga bakal bikin kalian betah dan pengen balik nih. Harganya yang murah juga pas di kantong. Cobain deh guys kapan kapan!

Opening Hours
buka setiap hari 10.00 - 19.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.