Ngabuburit di Purworejo, Cobain Es Dawet Jembut Kecabut

es dawet jembur kecabut

lalacempala | Sightseeing
Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
24 May 2018


Ngabuburit di Purworejo, Cobain Es Dawet Jembut Kecabut
Dawet hitam ini merupakan khas Purworejo dan pertama kali dirintis oleh mbah Ahmad pada tahun 1950 untuk dikonsumsi para petani ketika musim panen!

Mumpung lagi liburan di kota Purworejo, sekalian aja aku ngabuburit bareng sodara-sodara disini. Sore itu menjelang buka puasa dan aku lagi pengen banget cobain salah satu menu takjil yang laris manis hingga kalangan artis. Namanya adalah Es Dawet Jembut Kecabut. Mendengar Namanya memang sedikit saru, namun ternyata nama itu merupakan sebuah singkatan. Jadi, kalian jangan mikir yang aneh-aneh dulu yaa.. hehehe

Es Dawet ini diberi nama Es Dawet Jembut Kecabut karena lokasinya berada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh dan disingkatlah menjadi Jembut Kecabut. Karena Namanya yang unik inilah masyarakat mudah mengingatkan dan penasaran ingin mencobanya. Tak tanggung-tanggung, penikmat es dawet ini hingga luar kota lhoo.

Buat kalian yang dari luar kota dan ingin kulineran di Purworejo, kalian bisa cobain lezatnya Es Dawet Jembut Kecabut yang satu ini ya. Jangan sampe kelewatan nanti nyesel hihi!

es dawet jembur kecabut

Sedikit cerita nih guys, Dawet hitam ini merupakan khas Purworejo dan pertama kali dirintis oleh mbah Ahmad pada tahun 1950 untuk dikonsumsi para petani ketika musim panen. Saat itu, Mbah Ahmad berkeliling dari sawah ke sawah untuk menjajakan minuman buatannya tersebut. Setelah Mbah Ahmad meninggal, minuman ini kemudian dilestarikan oleh anaknya, yaitu Nawon hingga saat ini telah diteruskan ke generasi ketiga, yaitu Wagiman.

es dawet jembur kecabut

Saat ini, dawet hitam ini telah menjadi minuman khas Purworejo dan setiap hari dijajakan di tepi jalan Purworejo – Kebumen, Desa butuh, tepatnya di sebelah timur jembatan Butuh.

Proses pembuatan dawet ini pun dilakukan secara manual dengan tangan dan tidak menggunakan bahan pewarna buatan. Dawet ini terbuat dari tepung pati gelang yang direbus hingga menjadi adonan kental. Warna hitamnya pun diambildari pewarna alami, yaitu jerami padi yang dibakar lalu abunya dihaluskan dan disaring. Jadi, dijamin alami dan tanpa pengawet deh guys. Dawet ini biasa disajikan dengan santan, pemanis dari gula kelapa dan es. Rasanya? Jangan ditanya lagi udah pasti Seger bangettt buat buka puasa!

es dawet jembur kecabut

Oh ya, untuk harganya sendiri, semangkok es Dawet Jembut Kecabut ini hanya Rp 4000 saja lho guys. Murah banget kan? Jika kalian suka, kalian bisa menambahkan tape ketan dengan menambah Rp 1000 saja. So, hanya dengan Rp 5000 saja kita bisa menikmati semangkok es dawet khas yang segar ini. Ngga heran deh ya, kalo dawet ini tiap hari diburu pembeli, baik pegawai kantoran, pelajar, pejabat hingga artis.

es dawet jembur kecabut

Fyi, di Purworejo sudah banyak penjual Es Dawet hitam seperti ini, namun the original one adalah Es Dawet Jembut Kecabut ini. Warung es dawet ini ngga buka cabang dimanapun lho guys, jadi buat kalian yang pengen cobain Es Dawt hitam khas Purworejo, datang saja ke warung Pak Wagiman ini. Dijamin, kalian pasti bakal ketagihan.

es dawet jembur kecabut

Rasanya akan kurang kalau nggak bungkus buat orang rumah dan buat nanti sore haha. Lumayan diteruh kulkas, es Dawet Jembut Kecabut ini bisa dinikmati sore atau malam hari dirumah lho. Tapi yang paling enak tetep makan di tempat sih, apalagi dengan suasana panas pasti bakal pas banget sama Es Dawet Jembut Kecabut yang seger ini. Mantapoo!

Video by Brilio Video Indonesia

Jadi, kapan kamu mau main ke Purworejo buat cobain Es Dawet super lezat ini? Mampir ya kalau di Purwokerto!

Opening Hours
Buka setiap hari dari jam 08.00 sampai habis
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY