Kencan Malam minggu di Wedangan Pendopo Solo. Angkringan Vintage yang tak lekang oleh waktu

wedang pendopo solo

brandonkeren | Sightseeing
Solo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
23 May 2018


Kencan Malam minggu di Wedangan Pendopo Solo. Angkringan Vintage yang tak lekang oleh waktu
Wedang Pendopo Solo ini cocok banget deh buat kalian yang suka foto-foto dan kulineran tradisional!

 

Selain Jogja, Solo juga menyimpan berbagai tempat nongkrong yang romantic. Mulai dari yang modern, hingga yang tradisional pun ada di Solo. So, bulan lalu saya pergi ke Solo buat ngapelin pacar saya yang kebetulan memang orang Solo. Singkatnya, malam minggu itu kita ingin pergi ke suatu tempat yang romantis namun ngga biasa. Akhirnya, pacar saya pun mengusulkan untuk mengunjungi Wedangan Pendopo, karena dia sendiri pun belum pernah datang kesana.

Dan berangkatlah kita dengan motor ke Jalan Srigading I No 7, Mangkubumen, Surakarta, tempat dimana Wedang Pendopo ini berada. Selama perjalanan, saya pun bertanya-tanya seperti apa Wedang Pendopo ini karena pacar saya pengen banget kesana. Setelah 30 menit perjalanan, akhirnya kita sampe juga disana. Setelah memarkirkan motor, kami pun berjalan kaki menuju Wedangan Pendopo.

wedang pendopo solo

Bangunan joglo klasik dengan cat putih pun menyambut kami. Papan kayu bertuliskan “Pondopo Wedangan” berada diatas pintu. Penerangannya tampak agak remang-remang dari lampu templok yang sepertinya sudah dimodifikasi memberikan kesan tua. Interior kayu dan ukiran kas rumah joglo beserta aneka barang vintage menyapa kami. Duh, rasanya bakalan betah berlama-lama disini.

wedang pendopo solo

Pacar saya pun menjelaskan bahwa Wedangan Pendopo ini merupakan angkringan, sehingga kita langsung masuk saja dan langsung ambil makanannya. Angkringan memang menjadi ikon di kota ini, namun biasanya berupa tenda di kaki lima. Namun, seiring waktu konsep angkringan pun berubah ada di bangunan permanen. Seperti sebuah café tapi masih memegang budaya khas Solo.

wedang pendopo solo

By the way, menu makanan yang ditawarkan di wedangan Pendopo berupa aneka sate, tahu tempe bacem, gorengan juga makanan manis seperti onde-onde. Semua menu disajikan diatas gerobak pikul, seolah menegaskan jika tempat ini merupakan angkringan.

wedang pendopo solo

Setelah mengambil beberapa pilihan sate dan makanannya, kali ini kami memesan Nasi teri dan Jangan Ndeso (sayur yang berasal dari desa), untuk minumnya pun kami memesan wedang jahe. Untuk harganya ini murah banget guys. Ya seperti angkringan pada umumnya, untuk harga satenya mulai dari 2000 rupiah saja. Murah banget kan?

wedang pendopo solo

wedang pendopo solo

wedang pendopo solo

Oh ya, buat kalian yang suka bakar-bakar, kalian bisa bakar sate dan gorengan juga nasi kalian disini. Jadi semacam barbeque tradisional gitu sih, soalnya bakarnya pake arang dan rasanya khas banget. Tapi ini optional aja kalo kalian suka makanan yang di bakar.

wedang pendopo solo

Setelah makanan kami siap, kami segera mencari kursi kosong untuk menyantap makanan kami. Sambil menikmati makanan, kami melihat sekeliling ruangan di angkringan ini. Interior ruangan ini dipenuhi dengan hiasan dinding yang unik seperti tempoe doloe. Ngga Cuma asyik buat kencan, Wedangan Pendopo juga dapat menjadi referensi tempat makan Bersama dengan keluarga.

wedang pendopo solo

Terlebih, disini kalian akan diperkenalkan dengan berbagai alat music tradisional, seperti angklung dan gendang, juga berbagai barang-barang antik, seperti radio analog dan wayang kulit. Cocok banget deh buat kalian yang suka foto-foto dan kulineran tradisional.

wedang pendopo solo

Overall, tempat ini keren banget dan saya suka banget. Sampe kita ngga sadar kalo malam udah larut banget saking enaknya ngobrol dan tempat ini nyaman banget. Anyway, buat kalian yang pengen traveling ke Solo dan pengen cobain angkringan yang beda namun tetap kental akan suasana tradisional, saya rekomendasiin untuk dating ke Wedang Pendopo. Lokasinya gampang banget dijangkau, ngga jauh dari Mall Solo Paragon. Tempat ini buka mulai hari Senin – Sabtu mulai jam 18.00 sampai jam 12 malam, so jangan sampai kehabisan ya..

Video by Indonesia Morning Show NET

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY