Kopi Ijo di Warung Pak Yun Tulungagung

warung pak yun tulungagung

Alif | Tourist
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia | halal
18 Mar 2018


Kopi Ijo di Warung Pak Yun Tulungagung
Warung Kopi Ijo Asli Tulungagung yang Fenomenal

Kopi Ijo (Kopi Hijau). Bagi penikmat kopi bahkan pecinta kopi, varian kopi yang satu ini bisa dinilai unik. Loh kok Bisa !. Ya bisa. Kopi hijau adalah salah satu racikan kopi yang asal mula cerita hanyalah sebuah wedangan (minuman) rumahan biasa. Pada tahun 90an racikan kopi ini tidak sengaja tercipta dari tangan seseorang (Anonim) yang kemudian berkembang dari kedai kecil di daerah pinggiran kota Tulungagung. Belum jelas sampai sekarang siapa yang pertama kali yang mencetuskan kopi ijo. Namun menurut banyak cerita di masyarakat Tulungagung, pada mulanya dulu pada sekitar tahun 90an, ada salah satu warung kopi (kedai) kecil di daerah Bolorejo, Kabupaten Tulungagung. Sedangkan kopi ijo yang sekarang beredar adalah turunan yang diberi wasilah untuk memproduksi serta menjual kopi ijo (Hijau). Profil kopi hijau sekilas memiliki aroma yang berbeda dengan kopi pada umumnya, ada aroma kacang-kacangan (Kacang Hijau) serta tumbuhan herbal yang konon katanya sangat rahasia. Sedikit mengulik tentang kopi ijo asli kota marmer ini, membawa saya di salah satu kedai kopi yang cukup fenomenal di kalangan masyarakat Tulungagung.

 

 

warung pak yun tulungagung

 

Warung Kopi Pak Yun, salah satu kedai kopi sederhana yang sampai saat ini memproduksi kopi ijo yang fenomenal itu. Di tempat ini, kita juga bisa mencicipi kopi ijo buatan Pak Yun yang rasanya seru dan asik. Bila dibandingkan dengan kopi pada umumnya, kopi ijo memiliki taste yang berbeda. Apalagi jika minum ditempat jenis air yang digunakan untuk menyeduh juga konon bukan air kemasan ataupun air pam layaknya tempat lain. Yakni air sumber dari mata air yang berasal dari sekitar tempat tersebut. Yang lebih seru, air tersebut tidak dimasak menggunakan kompor LPG, melainkan menggunakan tungku api aku yang menambah aroma serta memperkuat karakter dari sajian kopi ijo itu sendiri. Untuk masalah harga jangan khawatir, murah banget guys !.

 

warung pak yun tulungagung

 

Buat temen-temen yang mau beli kopi ijo untuk dibawa pulang, ataupun hanya sekedar oleh-oleh. Pak Yun menyediakan beberapa jenis kemasan. Namun yang paling recommended adalah yang kemasan 1KG, Harganya sekitar Rp 50.000,00 (*Lima Puluh Ribu Rupiah). Oh ya bentuk kopinya sudah kopi bubuk yang sudah siap seduh, jadi bukan Roast Bean ataupun Grind Bean. Kopinya juga sangat halus, bahkan kopi letek (ampas) kopi inilah yang dijadikan bahan cete, atau seni dalam menggambar rokok menggunakan ampas kopi. Fix, kopi ijo recommended for you !.  Jadi mana kopimu #ehayokngopi.

 

Opening Hours
Buka Setiap Hari 15.00 - 24.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY