Kwetiau Apollo

kwetiau apollo

renitanaka | Sightseeing
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia | halal
02 Nov 2016


Kwetiau Apollo
anda pencinta makanan Kwetiau? nahh disinilah tempat yang sangat legendaris dan terkenal dengan kelezatannya.tidak hanya di Kota Medan lohh di Kota Pontianak anda juga akan mendapati cita rasa Kwetiau Apollo yang lezat.

Kurang lengkap rasanya saat berkunjung ke Pontianak tidak mengincipi kelezatan yang satu ini yang mampu menggoyang lidah anda ialah olahan mie yang bernama kwetiau alias guotiawatau mietiaw. Mie ini berbentuk lebar dan pipih berwarna putih yang terbuat dari tepung beras yang dicampur tepung sagu atau kanji. Mie jenis ini dapat digoreng maupun direbus di tambah dengan beragam daging seperti ikan, ayam, atau sapi. Nahh yang unik di Pontianak ini ialah kwetiau yang kerap dijajakan berisi campuran daging, babat, dan kikil sapi yang membuat citarasanya tidak biasa melainkan luar biasa.

  

Di Pontianak terdapat banyak penjual makanan Kwetiau tetapi saya ada tempat yang sudah legendaris dari tahun ke tahum hampir semua masyarakat Pontianak akan mengetahui tempat ini Karena tempat ini terkenal Karena kelezatannya dan ramai di kunjungi namanya adalah “Kwetiau Apollo” ini terletak di Jalan Pattimura. Uniknya, persis di sebelah kiri tempat makan ini berdiri sebuah tempat makan yang juga menyajikan kwetiau dengan nama yang sama yaitu Polo. Di depan kedua rumah makan ini terdapat tulisan yang cukup provokatif yang bisa membuat kita tersenyum dan heran saat membacanya. Nah tak heran, jika ‘permusuhan’ di antara keduanya sudah lama menjadi buah bibir warga sekitar.

 

Pemilik Apollo menjelaskan bahwa tulisan tersebut hanya bersifat candaan. Karena pemilik Apollo dan Polo memang masih ada hubungan saudara. Persaingan di antara keduanya pun persaingan yang sehat, karena masing-masing sudah memiliki pelanggan setia. Hermanto mengatakan bahwa usaha ini adalah usaha turun temurun yang dimulai sejak tahun 1968 oleh pamannya. Lalu karena sang paman memutuskan tinggal di Jakarta, usaha ini kemudian dikelola ayah Hermanto bersama sepupunya, yang kemudian beberapa tahun kemudian memilih memulai usaha sendiri dengan nama Polo.

Seporsi Kwetiau Apollo memiliki porsi yang cukup besar dengan tambahan daging serta jeroan sapi. Mie disini menggunakan murni dari tepung beras sehingga teksturnya pun, Begitu masuk mulut, mie langsung meleleh dan meninggalkan rasa gurih dari bumbu yang diracik khas Kwetiau Apollo. Daging dan jeroan sapi disini direbus terlebih dahulu, sehingga daging, jeroan sapi dan kikil terasa sangat lembut dan lezat sekalee…

Kwetiau Apollo menyajikan berbagai menu seperti nasi goreng, Bihun Goreng, Sop Daging Sapi, Bakso Sapi, Mie Kuning Goreng, Kwetiau Goreng, rebus, telur dan bun. Bun atau disebut “nyemek”, Bun ini sedikit berair namun tidak seperti mie rebus, sehingga membuat mie jadi sedikit lebih lembut. Berbicara harga sangat lah terjangkau hanya Rp. 20.000 perporsi,  nah Kwetiau Apollo sampai sekarang harganya tetap dijaga pada kisaran Rp 20.000 per porsi namun rasanya tidak usah di ragukan lagi tetap enak dari tahun ke tahun….

  

Anda penasaran Ayo datang Ke Jl. Patimura No.63, Kota Pontianak, Kalimantan Barat untuk menikmati kelezatan menu di Kwetiau Apollo.

 

 

 

SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY