99 views | 0 Likes

Nasi Ayam Pak De Saijo : Kuliner Surabaya yang Banyak Peminatnya. Se-enak Apasih?

5 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 15 November 2019, 11:00:00

Kemarin malam penasaran sama kuliner Nasi Ayam Pak De Saijo karena sering banget muncul di explore IG. Karena penasaran bernagkatlah aku untuk mencicipinya!

Culinary Detail

Jadi karena rasanya udah lama nggak hunting kuliner di Surabaya, maka beberapa hari yang lalu aku memutuskan untuk cari kuliner yang belum pernah aku coba dan yang katanya banyak orang yang suka. Namanya adalah Nasi Ayam Pak De Saijo. Mungkin untuk beberapa dari kalian udah nggak asing sama nama tersebut, karena makanan ini cukup tenar di Surabaya bahkan banyak banget food vloger yang udah mereview makanan ini. Kayak apa sih Nasi Ayam Pak De Saijo ini?

kuliner di surabaya

kuliner di surabaya

Yang aku coba kali ini adalah Nasi Ayam Pak De Saijo yang cabang Kertajaya. Kalau aku browsing sih Nasi Ayam Pak De Saijo ada tiga di Surabaya, yang peratama ada di daerah Darmo, yang kedua ada di G-Walk, dan ketiga yang di Kertajaya ini. Karena yang paling deket sama kosan yang di Kertajaya, jadi aku berangkatnya kesini.

nasi ayam oak de saijo
Lokasi persisnya berada di Blok O-XII No.12-14 Kertajaya Indah Timur No.643, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Surabaya. Jujur agak susah sih nyarinya karena aku berbekal google maps dan diarahkan dengan rute yang agak ribet, apalagi malem hari jadi kayak ngelewatin jalan gelap gitu deh. Tapi untung aja ketemu dan buka nih nasi ayam, kalau enggak bakalan kecewa kali ya.

nasi ayam oak de saijo
Begitu google maps mengarahkan untuk berhenti sampai lah juga kami di lokasinya. Ternyata lokasinya seperti mini food court gitu, ada beberapa stand makanan disana. Tapi yang paling mencolok tulisan Mie Ujung Pandang dan kok aku belum menemukan tulisan nasi ayam ya? Ternyata setelah masuk kelihatan juga gerobaknya si Nasi Ayam Pak De Saijo ini berada di pojokan.

Pertama baca menunya disini tentu aja ada nasi ayam dengan harga 18.000 dan kalau kalian mau jumbo harganya 28.000 Selain itu ada nasi sayur dan nasi krengsengan dengan harga yang sama. Tapi kalau kalian nggak mau menu yang diatas tenang aja, disini juga ada nasi goreng dan mie goreng yang dihargai 16.000

nasi ayam oak de saijo
nasi ayam oak de saijo
Karena dari awal aku pengen dan penasaran sama nasi ayamnya jadinya aku pesen nasi ayam yang biasa satu. Begitu pesen langsung makanannya dimasak oleh penjualnya. Kita bisa sekalian lihat proses pembuatannya. Pertama masukan sedikit minyak ke wajan ditambah dengan satu sendok bumbu racikannya yang langsung harum begitu tekena minyak panas. Baru setelahnya dimasukan ayamnya. Ayam disini seperti ayam cincang, yang dimasak dengan bumbu yang mirip krengsengan, jadinya setelah matang warnanya merah kecoklatan.

nasi ayam oak de saijo
Begitu matang langsung deh seporsi nasi ayam ini siap disajikan lengkap dengan satu telur dadar diatasnya. Penampilannya cukup membuat lapar sih tapi untuk rasanya belum tau ya. Pertama aku nyobain sedikit ayamnya dan hmmm rasanya untuk aku pribadi terlalu asin dan ayamnya agak kering, karena aku tipe yang kalau makan suka banyak bumbunya gitu deh. Tapi kalau udah di makan sama nasinya jadi balance kok gaiis tenang aja.

Sayangnya aku lupa waktu pesen nggak bilang minta agak pedes, jadi rasanya dominan gurih dan manis aja. Nah saran aku kalau kalian mau pesen bilang deh kasih sambel sedikit. 

nasi ayam oak de saijo
Oke kalau misal suruh kasih nilai nih Nasi Ayam Pak De Saijo ini untuk aku adalah 7/10 dari segi makanan dan harga. Untuk tempatnya sih lumayan oke ada banyak meja karena di food court kan ya, dan kebetulan kemarin pas sepi jadi pelayanannya cepet juga. Jadi buat kalian yang penasaran sama Nasi Ayam Pak De Saijo ini silahkan mencoba!

Opening Hours

13:00 - 21:31

Gallery (8)

Comments (0)