83 views | 1 Likes

Inilah Rahasia dibalik Dahsyatnya Rasa Ayam Bakar Warung Apung Rahmawati

4 star (from 1 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 17 September 2019, 11:00:00
Zulfa
Tourist

Ayam bakar dalam balutan bumbu rujak dengan rasa tradisional merasuk sempurna kedalam daging sajikan rasa gurih pedas hingga jilatan terakhir

Culinary Detail

 

Seperti biasa weekend, waktunya kuliner bersama keluarga. Kalau biasanya menu fried chicken, kali saya mengajaknya menikmati ayam dengan sentuhan rasa tradisional. Saya mengajaknya menikmati ayam bakar paling enak di Gresik, dimana lagi kalau bukan Warung Apung Rahamawati.

Sore hari, setelah shalat Ashar roda kendaraan bergerak menuju ayam bakar Rahmawati yang berada Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Gresik. Jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah kami. Sekitar 4 KM saja.

lokasi warung apung rahmawati


Saya memesan Ayam Bakar Rujak, cumi asam manis dan urap urap. Selain ayam bakar rujak, Warung Apung rahmawati juga memiliki beberapa menu andalan lain seperti gurami asam manis dan juga ayam telur asin. Sebenarnya saya pingin banget pesan gurami asam manis. Tapi saya ingin sajikan menu berbeda untuk anak saya, cumi asam manis.

Saya tahu dia tidak menyukai cumi. Dirumah biasanya saya bikin cumi hitam dan juga cumi goreng tepung. Dan pada kahirnya saya yang menghabiskan. Nah, di resto warung Apung Rahmawati  saya memesan cumi goreng asam manis dan berharap dia suka.

Untuk minuman andalan disini adalah es sinom, sebenarnya pingin pesan sebotol es sinom tapi setelah melihat beverage menu, anak saya lebih tertarik untuk mencoba es teler. Baik.

Sambil menungu ayam bakar, kami sempatkan ngobrol. Sambil menikmati es teler.  semakin sore, semakin banyak pengunjung datang. Kebanyakan datang bersama keluarga.

menu warung apung rahmawati

menu warung apung rahmawati

lokasi warung apung rahmawati

Warung apung rahmawati Rahmawati ini bergaya gazebo lesehan. Tempatnya cukup luas.  Ada ruang VIP dengan tempat duduk. Kolam ikan mini dengan gemericik air mancur. Perpaduan sajian makanan tradisional yang lezat dan tempat yang terbuka nan alami menjadikan Warung Apung rahmawati sering dijadikan untuk acara tasyakuran, ulang tahun, atau acara acara spesial lainnya.

Tak perlu menunggu lama, pelayan yang ramah menghidangkan  ayam bakar rujak, cumi asam manis, urap urap dan nasi di meja kami. Aroma ayam bakar gurih menguar menggoda perut yang lapar semakin liar. Ini sebenarnya untuk sekian kali saya menikmati ayam bakar Rahmawati, seringnya dibawa pulang. Dan menikmati ayam bakar hangat langsung dari tungku tentu menghadirkan kenikmatan tersendiri.

menu warung apung rahmawati

ayam warung apung rahmawati

Ayam bakar Rahmawati disajikan bersama lalapan, daun kemangi dan irisan timun. Ayam bakar tekturnya pas, nggak terlalu lunak juga nggak terlalu keras. Bumbunya diuleg tidak terlalu halus menghadirkan sensasi rasa yang menantang untuk segera mengunyah. Racikan bumbu rujak dengan rasa pedas manis meresap sempurna kedalam daging. Bumbu rujak nya nggak pelit, melimpah diatas ayam dan juga piring saji. Kelezatannya terasa hingga tulang dan jilatan terakhir.

menu warung apung rahmawati

Nah ini yang membuat saya terkejut,setelah menghabiskan satu prosi ayam bakar anak saya mulai mencoba cumi asam manis. Saya kira setelah asupan pertama dia akan berhenti, ternyata tidak. Dia makan hingga habis. Dimakan apa adanya tanpa nasi. Dia bilang rasanya enak, nggak terlalu fishy.

Cumi disajikan dalam berbalut tepung kemudian disiram dengan saos asam manis ini rasanya memang beda. Cuminya empuk dalam balutan tepung kriuk. Tepungnya terasa gurih, nggak terlalu asin. Asam manisnya juga tidak terlalu masam. Enak dan tidak neg. Ditambah dengan irisan daun bawang, membawa sensasi kress dan seger dalam mulut. Jujur, saya seneng banget karena akhirnya anakku makan cumi.

urap urap warung apung rahmawati

ayam warung apung rahmawati

Harga disajikan sesuai dengan kelezatan yang ditawarkan, untuk satu ekor ayam harga Rp. 60.000, kalau terlalu banyak kamu bisa kok memesan setengah ekor ayam. Dan untuk cumi asam manisnya harga Rp.30.000 saja.

Selain di Gresik, ayam bakar Rahmawawi juga membuka cabangnya di kota lain, antara lain Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jombang, Bojonegoro dan Tuban.

 

 

Opening Hours

Buka jam 09.00 - 22.00

Gallery (9)

Comments (1)