98 views | 0 Likes

Lompia Khas Semarang Sumber Jaya: Jajan Lompia Khas Semarang tanpa Jauh-Jauh Kesana

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 09 August 2019, 16:08:42
fauzi
Tourist

Setelah keseringan hunting kuliner di Surabaya, misalnya seperti Nasi Telur Pontianak dan Warung Spesial Sambal. Nah, kali ini aku lagi pengen jajan...

Culinary Detail

Setelah keseringan hunting kuliner di Surabaya, misalnya seperti Nasi Telur Pontianak dan Warung Spesial Sambal. Nah, kali ini aku lagi pengen jajan di sekitaran Surabaya pusat. Minggu lalu, aku iseng jajan lumpia di Surabaya. Lumpia ini khas Semarang lho guys dan cukup banyak pelanggannya yaitu Lompia Semarang Sumber Jaya.

Lumpia khas Semarang ini bisa kalian temukan di Jalan Untung Suropati no 66, Surabaya, ancer-ancernya kalian bisa temukan Taman Korea di Jalan Dr Sutomo, nah di dekat Happy Puppy Karaoke ada gerobak kecil berwarna putih di sebelah gerobak Bakpao Chik Yen dan ada tulisannya Lompia Khas Semarang Sumber Jaya. Meskipun ini jajanan kaki lima dan gerobaknya sederhana, tapi rasanya bener-bener patut diacungi jempol.

Penjualnya adalah Mas Ari, seorang warga asli Surabaya tapi beliau bilang kalau resep lumpia yang dijual ini memang khas Semarang. Kalo kata Mas Ari sih yang membedakan Lumpia Semarang dengan Lumpia Surabaya adalah isinya guys. Kalo lumpia yang biasa ditemui di Surabaya pake isian toge atau cambah, tapi kalo lumpia Semarang pake isian rebung dan daging ayam yang dicincang (aku sih ngerasanya gitu). Trus juga lumpia Surabaya ini biasanya kulitnya agak keras dan teksturnya lebih mirip kulit pastel. Harganya juga lebih terjangkau sih, kisaran Rp 2.000 sampe Rp 3.000 per bijinya. 

Menu yang dijual di Gerobak Lompia Sumber Jaya ada 3 macam guys, pertama Lumpia Goreng, Lumpia Basah dan Risoles. Harganya juga terjangkau guys dan semuanya sama yaitu Rp 7.000 per bijinya. Murah guys kalo melihat isi lumpianya yang banyak banget. Kata penjualnya sih risolnya digorengnya dengan wajan yang terpisah dengan lumpia, soalnya ada tepung rotinya. Lalu, Mas Ari juga menunjukkan isian lumpianya yang berupa potongan rebung dalam sebuah wadah.



Kemaren sih aku ngga nyobain risolnya, jadi cuma pesen 2 buah lumpia goreng dan satu lumpia basah, jadi total Rp 21.000 untuk 3 buah lumpia. Ngga lupa, Mas Ari memberikan saos tauco, daun bawang dan cabe hijau untuk menikmati lumpia ini.

Yang pertama aku coba adalah Lumpia Basahnya. Saat dibelah, isian lumpia ini melimpah ruah guys. Rebungnya banyak banget dan rasanya sedep banget. Kulit lumpia ini juga teksturnya super lembut. Ohya, buat kalian yang belum tahu, lumpia basah ini ngga pake digoreng ya guys, jadi kulitnya masih putih gitu seperti kulit lumpia mentah tapi sama sekali ngga mentah guys. Untuk menikmatinya, ngga lupa aku pakein saos tauconya.

Next, aku cobain Lumpia Gorengnya. Ukuran lumpia goreng ini sama dengan lumpia basah tadi, bedanya cuma warna kulitnya yang kecokelatan karena udah di goreng. Isinya tetep sama rebung dan padat banget alias banyak banget isinya. Tekstur kulitnya terasa lebih krispi tapi juga masih lembut di mulut. Lumpia Goreng ini juga enak banget kalo dinikmati dengan saos tauconya guys.

Sejujurnya, aku pribadi ngga bisa milih diantara lumpia basah ataupun lumpia goreng karena keduanya sama-sama enak menurutku. Apalagi Lumpia Khas Semarang Sumber Jaya ini, rasanya bener-bener sama dengan lumpia yang dijual di Kota Semarang. Yah sedikit mengobati kerinduan aku dengan Kota Semarang, jadi ngga perlu jauh-jauh kesana juga kalo pengen makan Lumpia Semarang. Tinggal dateng aja ke Jalan Untung Suropati no 66 Surabaya dan temui Gerobak Lompia Semarang Sumber Jaya milik Mas Ari ini. Cobain yah guys!




Opening Hours

Buka setiap hari mulai jam 09.00 - 18.00

Gallery (10)

Comments (0)